Putri, Aisyah Ramadhani (2023) Efektivitas penerapan media audio visual terhadap kemampuan short term memory siswa SDN 3 Gondanglegi Kulon. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
19410073.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA:
Menurut Piaget (1967) anak-anak yang berusia 7-11 tahun telah dapat menggunakan berbagai operasi mental namun pemikiran anak masih terbatas pada situasi nyata saat ini. Berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun 2007 mengisyaratkan penggunaan pendekatan tematik dalam pembelajaran kelas 1 sampai kelas 3 Sekolah Dasar (SD). Menurut Hilda Karli (2012) dalam pembelajaran tematik terdapat kekurangan, namun dapat diatasi dengan pemahaman kurikulum beserta alat-alatnya; team work dari guru untuk membuat perencanaan hingga pelaksanaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penerepan media audio visual terhadap kemampuan short term memory pada siswa.
Menurut Heinich (2008) media pembelajaran mampu memberikan pengalaman yang dibutuhkan siswa dalam membangun pengetahuan. Sejalan dengan adanya perkembangan zaman, terdapat inovasi dalam perkembangan teknologi tersebut yaitu penggunaan media pembelajaran yang berupa media audio-visual. Menurut Stephen (2011) memori jangka pendek atau short term memory hanya mampu menampung sekitar 7 item yang dapat berupa deretan huruf, angka, warna, maupun nama yang dapat ditampilkan maupun dilafalkan dalam waktu 2 detik.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah pre experimental one group design yang menggunakan teknik the onegroup pretest posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas 3 SDN 3 Gondanglegi Kulon yang berusia 8-10 tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan digit span test yang merupakan cabang tes WISC dan digunakan dalam mengukur memori kerja verbal anak. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan juga uji cohen’s d untuk mengetahui nilai signifikansi data sebelum dan setelah diberikan perlakuan.
Hasil penelitian ini menghasilkan nilai p=.008, (p<0.05). Hal tersebut memiliki makna bahwasannya Ha diterima dan H0 ditolak. Selain itu penelitian ini juga menghasilkan nilai d sebesar 0,939. Dengan demikian, nilai d tergolong pada kelompok large atau treatment memiliki besaran efek yang tinggi terhadap variabel karena memiliki nilai 0,8 < d. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwasannya media audio visual memiliki efektivititas yang tinggi terhadap peningkatan short term memory pada siswa kelas 3.
ENGLISH:
According to Piaget (1967), children aged 7-11 years can use various mental operations, but children's thinking is still limited to current real situations. Based on the Minister of National Education Regulation Number 41 of 2007, it indicates the use of a thematic approach in learning for grades 1 to 3 of elementary school (SD). According to Hilda Karli (2012) there are shortcomings in thematic learning, but they can be overcome by understanding the curriculum and its tools; team work from teachers to make planning to implementation. This research was conducted to determine the effectiveness of applying audio-visual media to students' short-term memory abilities.
According to Heinich (2008) learning media is able to provide the experience students need in building knowledge. In line with developments over time, there are innovations in technological development, namely the use of learning media in the form of audio-visual media. According to Stephen (2011), short-term memory can only accommodate around 7 items, which can be a series of letters, numbers, colors or names that can be displayed or pronounced within 2 seconds.
The research method in this study is pre-experimental one group design which uses the onegroup pretest posttest design technique. The subjects in this research were 12 grade 3 students at SDN 3 Gondanglegi Kulon aged 8-10 years. The instrument used in this research was the digit span test, which is a branch of the WISC test and is used to reveal children's memory. The data analysis technique uses the paired sample t-test and also the Cohen's d test to determine the significance value of the data before and after treatment.
The results of this study produced a value of p=.008, (p<0.05). This means that Ha is accepted and H0 is rejected. Apart from that, this research also produced a d value of 0.939. Thus, the d value belonging to the large or treatment group has a high effect size on the variable because it has a value of 0.8 < d. Based on the results of research that has been carried out, it can be concluded that audiovisual media has high effectiveness in increasing short-term memory in grade 3 students.
ARABIC:
وﻓﻘﺎ ﻟﺒﻴﺎﺟﻴﻪ ،(1967)ﻳﻤﻜﻦ ﻟﻸﻃﻔﺎل اﻟﺬﻳﻦ ﺗﺘﺮاوح أﻋﻤﺎرﻫﻢ ﺑﻴﻦ 7-11ﺳﻨﺔ اﺳﺘﺨﺪام اﻟﻌﻤﻠﻴﺎت اﻟﻌﻘﻠﻴﺔ اﻟﻤﺨﺘﻠﻔﺔ، وﻟﻜﻦ ﺗﻔﻜﻴﺮ اﻷﻃﻔﺎل ﻻﻳﺰال ﻳﻘﺘﺼﺮ ﻋﲆ اﻟﻤﻮاﻗﻒ اﻟﺤﻘﻴﻘﻴﺔ اﻟﺤﺎﻟﻴﺔ. اﺳﺘﻨﺎدا إﱃ ﻻﺋﺤﺔ وزﻳﺮ اﻟﺘﺮﺑﻴﺔ اﻟﻮﻃﻨﻴﺔ رﻗﻢ 41ﻟﻌﺎم ،2007ﻓﺈﻧﻬﺎ ﺗﺸﻴﺮ إﱃ اﺳﺘﺨﺪام اﻟﻨﻬﺞ اﻟﻤﻮاﺿﻴﻌﻲ ﻓﻲ اﻟﺘﻌﻠﻢ ﻟﻠﺼﻔﻮف ﻣﻦ 1 إﱃ 3 ﻣﻦ اﻟﻤﺪرﺳﺔ اﻻﺑﺘﺪاﺋﻴﺔ (SD). وﻓﻘﺎً ﻟﻬﻴﻠﺪا ﻛﺎرﻟﻲ (2012)ﻫﻨﺎك أوﺟﻪ ﻗﺼﻮر ﻓﻲ اﻟﺘﻌﻠﻢ اﻟﻤﻮﺿﻮﻋﻲ، وﻟﻜﻦ ﻳﻤﻜﻦ اﻟﺘﻐﻠﺐ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻣﻦ ﺧﻼل ﻓﻬﻢ اﻟﻤﻨﻬﺞ وأدواﺗﻪ؛ اﻟﻌﻤﻞ اﻟﺠﻤﺎﻋﻲ ﻣﻦ اﻟﻤﻌﻠﻤﻴﻦ ﻟﺠﻌﻞ اﻟﺘﺨﻄﻴﻂ ﻟﻠﺘﻨﻔﻴﺬ. أﺟﺮي ﻫﺬا اﻟﺒﺤﺚ ﻟﺘﺤﺪﻳﺪ ﻣﺪى ﻓﻌﺎﻟﻴﺔ ﺗﻄﺒﻴﻖ اﻟﻮﺳﺎﺋﻂ اﻟﺴﻤﻌﻴﺔ واﻟﺒﺼﺮﻳﺔ ﻋﲆ ﻗﺪرات اﻟﺬاﻛﺮة ﻗﺼﻴﺮة اﻟﻤﺪى ﻟﺪى اﻟﻄﻼب .
وﻓﻘﺎ ﻟﻬﺎﻳﻨﻴﺶ (2008) ﻓﺈن وﺳﺎﺋﻞ اﻟﺘﻌﻠﻢ ﻗﺎدرة ﻋﲆ ﺗﻮﻓﻴﺮ اﻟﺨﺒﺮة اﻟﺘﻲ ﻳﺤﺘﺎﺟﻬﺎ اﻟﻄﻼب ﻓﻲ ﺑﻨﺎء اﻟﻤﻌﺮﻓﺔ. ﻣﻮاﻛﺒﺔ اﻟﺘﻄﻮرات ﻣﻊ ﻣﺮور اﻟﻮﻗﺖ، ﻫﻨﺎك اﺑﺘﻜﺎرات ﻓﻲ اﻟﺘﻄﻮر اﻟﺘﻜﻨﻮﻟﻮﺟﻲ، وﻫﻲ اﺳﺘﺨﺪام وﺳﺎﺋﻞ اﻟﺘﻌﻠﻢ ﻋﲆ ﺷﻜﻞ اﻟﻮﺳﺎﺋﻂ اﻟﺴﻤﻌﻴﺔ واﻟﺒﺼﺮﻳﺔ. وﻓ ًﻘﺎ ﻟﺴﺘﻴﻔﻦ ،(2011)ﻳﻤﻜﻦ ﻟﻠﺬاﻛﺮة ﻗﺼﻴﺮة اﻟﻤﺪى أن ﺗﺴﺘﻮﻋﺐ ﺣﻮاﻟﻲ 7ﻋﻨﺎﺻﺮ ﻓﻘﻂ، واﻟﺘﻲ ﻳﻤﻜﻦ أن ﺗﻜﻮن ﻋﺒﺎرة ﻋﻦ ﺳﻠﺴﻠﺔ ﻣﻦ اﻟﺤﺮوف أو اﻷرﻗﺎم أو اﻷﻟﻮان أو اﻷﺳﻤﺎء اﻟﺘﻲ ﻳﻤﻜﻦ ﻋﺮﺿﻬﺎ أو ﻧﻄﻘﻬﺎ ﺧﻼل ﺛﺎﻧﻴﺘﻴﻦ.
ﻃﺮﻳﻘﺔ اﻟﺒﺤﺚ ﻓﻲ ﻫﺬه اﻟﺪراﺳﺔ ﻫﻲ ﺗﺼﻤﻴﻢ اﻟﻤﺠﻤﻮﻋﺔ اﻟﻮاﺣﺪة ﻗﺒﻞ اﻟﺘﺠﺮﻳﺒﻴﺔ واﻟﺬي ﻳﺴﺘﺨﺪم ﺗﻘﻨﻴﺔ ﺗﺼﻤﻴﻢ اﻻﺧﺘﺒﺎر اﻟﻘﺒﻠﻲ واﻻﺧﺘﺒﺎر اﻟﺒﻌﺪي ﻟﻠﻤﺠﻤﻮﻋﺔ اﻟﻮاﺣﺪة. ﻛﺎن اﻟﻤﺸﺎرﻛﻮن ﻓﻲ ﻫﺬا اﻟﺒﺤﺚ 12ﻃﺎﻟﺒﺎ ﻣﻦ ﻃﻼب اﻟﺼﻒ اﻟﺜﺎﻟﺚ ﻓﻲ Kulon Gondanglegi 3 SDNواﻟﺬﻳﻦ ﺗﺘﺮاوح أﻋﻤﺎرﻫﻢ ﺑﻴﻦ 8-10ﺳﻨﻮات. اﻷداة اﻟﻤﺴﺘﺨﺪﻣﺔ ﻓﻲ ﻫﺬا اﻟﺒﺤﺚ ﻫﻲ اﺧﺘﺒﺎر ﻣﺪى اﻷرﻗﺎم ، وﻫﻮ أﺣﺪ ﻓﺮوع اﺧﺘﺒﺎر WISCوﻳﺴﺘﺨﺪم ﻟﻠﻜﺸﻒ ﻋﻦ ذاﻛﺮة اﻷﻃﻔﺎل. ﺗﺴﺘﺨﺪم ﺗﻘﻨﻴﺔ ﺗﺤﻠﻴﻞ اﻟﺒﻴﺎﻧﺎت اﺧﺘﺒﺎر tﻟﻠﻌﻴﻨﺔ اﻟﻤﻘﺘﺮﻧﺔ وﻛﺬﻟﻚ اﺧﺘﺒﺎر d Cohen'sﻟﺘﺤﺪﻳﺪ ﻗﻴﻤﺔ أﻫﻤﻴﺔ اﻟﺒﻴﺎﻧﺎت ﻗﺒﻞ وﺑﻌﺪ اﻟﻌﻼج.
أﻧﺘﺠﺖ ﻧﺘﺎﺋﺞ ﻫﺬه اﻟﺪراﺳﺔ ﻗﻴﻤﺔ (p<0.05). p=.008وﻫﺬا ﻳﻌﻨﻲ أن Haﻣﻘﺒﻮﻟﺔ و0H ﻣﺮﻓﻮﺿﺔ. وﺑﺼﺮف اﻟﻨﻈﺮ ﻋﻦ ذﻟﻚ، أﻧﺘﺞ ﻫﺬا اﻟﺒﺤﺚ أﻳ ًﻀﺎ ﻗﻴﻤﺔ dﻗﺪرﻫﺎ 0.939.وﺑﺎﻟﺘﺎﻟﻲ ﻓﺈن ﻗﻴﻤﺔ dاﻟﺘﻲ ﺗﻨﺘﻤﻲ إﱃ اﻟﻤﺠﻤﻮﻋﺔ اﻟﻜﺒﻴﺮة أو اﻟﻤﻌﺎﻟﺠﺔ ﻟﻬﺎ ﺣﺠﻢ ﺗﺄﺛﻴﺮ ﻛﺒﻴﺮ ﻋﲆ اﻟﻤﺘﻐﻴﺮ ﻷن ﻗﻴﻤﺘﻬﺎ d. < 0.8 وﺑﻨﺎء ﻋﲆ ﻧﺘﺎﺋﺞ اﻷﺑﺤﺎث اﻟﺘﻲ ﺗﻢ ﺗﻨﻔﻴﺬﻫﺎ ﻳﻤﻜﻦ اﻻﺳﺘﻨﺘﺎج أن اﻟﻮﺳﺎﺋﻂ اﻟﺴﻤﻌﻴﺔ واﻟﺒﺼﺮﻳﺔ ﻟﻬﺎ ﻓﻌﺎﻟﻴﺔ ﻋﺎﻟﻴﺔ ﻓﻲ زﻳﺎدة اﻟﺬاﻛﺮة ﻗﺼﻴﺮة اﻟﻤﺪى ﻟﺪى ﻃﻼب اﻟﺼﻒ اﻟﺜﺎﻟﺚ.
الكلمات الإشارية: الذاكرة قصيرة المدى، الوسائط السمعية والبصرية، اﻟﻄﻼب
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat and Ayu, Selly Candra |
Keywords: | Short Term Memory; Media Audio Visual; Siswa |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170110 Psychological Methodology, Design and Analysis |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Aisyah Ramadhani Putri |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 08:40 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 08:40 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/59492 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |