Anggraeny, Wanda Puspita (2017) Pengaruh life style dan reference group terhadap keputusan pembelian motor merek Honda Beat: Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13510145.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Latar belakang penelitian ini adalah sebuah fenomena yang terjadi di dunia sepeda motor Indonesia. Dari data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) menunjukkan penurunan di bulan Mei 2016. Dari total 478.036 unit di bulan April menjadi hanya 461.506 unit di bulan Mei. Sedang sang penguasa pasar masih digenggam erat PT Astra Honda Motor dengan total penjualan selama 5 bulan dengan 1.778.369 unit atau mengantongi 72,76% market share. Dari fenomena tersebut maka peneliti mencoba untuk meneliti perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian motor merek Honda Beat dari segi life style dan reference group konsumen.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang data-datanya berupa angka-angka dengan menggunakan pendekatan survey. Penelitian ini menggunakan mahasiswa Fakultas Ekonomi sebagai obyeknya. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 75 orang yang diperoleh menggunakan rumus Malhotra, sedangkan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Variabel bebasnya terdiri dari life style dan reference group sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas diskriminan dan uji reliabilitas sedangkan dalam melakukan analisis data menggunakan partial least square.
Dari hasil penelitian tersebut mengindikasi bahwa terdapat hubungan (pengaruh) life style dan reference group dengan keputusan pembelian. Dengan demikian, metode PLS dapat digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel yang terdiri dari indikator-indikator yang mempengaruhinya dalam keputusan pembelian motor merek Honda Beat.
ENGLISH:
The background of this research was a phenomenon that occured in the case of motorcycle Indonesia. From AISI data (Indonesian Motorcycle Industry Association) showed a decrease in the month of May 2016. the total of 478 036 in April had been becoming 461 506 units in May. The incumbent market had been still tightly held by PT Astra Honda Motor with total sales for 5 months with 1,778,369 units or bagging 72.76% market share. From these phenomena, the researcher tried to examine the behavior of consumers against purchasing decisions of Honda Beat brand motorcycle of lifestyle and consumer reference group.
This research was a quantitative research that the data of the numbers or data that was made using survey approach. This study used students of the Faculty of Economics. The Samples were taken as many as 75 people that were obtained using the formula Malhotra, and the sampling used purposive sampling method. The independent variables consisted of the life style and the reference group while the dependent variable was the purchase decision. Testing instrument used discriminant validity test and reliability test and data analysis used partial least square.
From the results of these research indicated that there was a relationship (influence) of life style and reference group with purchasing decisions. Thus, the PLS method could be used to analyze the relationship between variables consisting of indicators that influenced the purchasing decisions of Honda Beat motorcycle
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Life Style; Reference Group; Keputusan Pembelian; Life Style; Reference Group; Purchase Decision | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2017 18:24 | ||||||
Last Modified: | 22 Mar 2017 18:24 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5942 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |