الاختبار النهائي الوطن لمدة اللغة العربية بالمدرسة الثنوية للسنة الدراسة (دراسة تحليلية تقويمية في المدرسة الثنوية الحكومية 3 بنجارماسين كليمنتان الجنوبية )

Erfan, Zainul (2009) الاختبار النهائي الوطن لمدة اللغة العربية بالمدرسة الثنوية للسنة الدراسة (دراسة تحليلية تقويمية في المدرسة الثنوية الحكومية 3 بنجارماسين كليمنتان الجنوبية ). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
05910013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Evaluasi adalah salah satu dari unsur kurikulum. Evaluasi dilaksanakan untuk mendapatkan informasi balik terhadap proses dan hasil suatu kegiatan. Informasi yang dimaksud adalah berupa skor yang diperoleh siswa setelah mengerjakan tes. Melalui evaluasi itulah nantinya akan diambil suatu keputusan, apakah suatu perencanaan sudah tepat, apakah suatu perencanaan dari suatu kegiatan itu sesuai, dan juga apakah hasil dari suatu kegiatan sudah sesuai dengan yang diharapkan. Ia juga menjadi bagian definitif dari komponen kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah yaitu materi pelajaran, metode, alat pelajaran, guru, murid, dan evaluasi, yang saling berhubungan, mendukung, dan berinteraksi satu dengan yang lainnya untuk mencapai tujuan pengajaran yang telah dirumuskan.

Salah satu teknik evaluasi yang biasa digunakan adalah tes, dan Ujian akhir Nasional (UAN) adalah salah satu bentuk tes yang berupa butir-butir tes atau soal untuk menentukan kelulusan siswa dan meningkatkan proses belajar-mengajar. Tes UAN berlaku secara Nasional yang disusun oleh tim ahli. Salah satu mata pelajaran yang masuk dalam bahasa asing, yaitu bahasa Arab. UAN bahasa Arab hanya diujikan pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah 'Aliyah (MA).

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seluruh butir soal Ujian Akhir Nasional (UAN) mata pelajaran Bahasa Arab untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah 'Aliyah (MA) tahun ajaran 2007-2008 yang diterbitkan oleh Departeman Pendidikan Nasional Republik Indonesia yang meliputi : (1) Kemahiran yang diukur, (2) Reliabilitas, (3) Tingkat Kesukaran, dan (4) Daya Beda. Penelitian

ini dilaksanakan hanya di MAN 3 Mulawarman Banjarmasin Kalimantan Selatan, dengan demikian hasil penelitian ini adalah penelitian perspektif sekolah tersebut.

Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif, populasinya adalah seluruh siswa kelas XII dan sampelnya diambil salahsatu kelas yaitu kelas XII program bahasa yang berjumlah sebanyak 32 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi yaitu berupa naskah tes UAN yang akan menghasilkan data berupa lembar jawaban siswa peserta tes untuk pencarian reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Teknih analisis data menggunakan split-half methods dan rumus Spearman-Brown untuk reliabilitas.

Hasil analisa data penelitian ditemukan gambaran sebagai berikut : (1) Kemahiran yang diukur pada Ujian Akhir Nasional (UAN) mata pelajaran Bahasa Arab untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah 'Aliyah (MA) tahun ajaran 2007-2008 yang berjumlah sebanyak 50 butir soal yaitu terdapat 21 butir soal atau 42 % mengukur kemahiran membaca, ada 4 butir soal atau 8 % kemahiran menulis, ada 10 butir soal atau 20 % unsur bahasa kosakata, dan 15 butir soal atau 30 % unsur bahasa gramatika. (2) Reliabilitasnya diklasifikasikan pada kategori tinggi, hasil akhir penghitungannya yaitu sebesar 0,71. (3) Tingkat kesukarannya diklasifikasikan pada kategori sedang, karena sebagian besar butir soalnya yaitu sebanyak 35 butir soal atau 70 % berkisar antara 0,22-0,78 masuk dalam kategori sedang, sisanya sebanyak 15 butir soal atau 30 % berkisar antara 0,81–156, masuk pada kategori sangat mudah. (4) Daya beda diklasifikasikan pada kategori sedang, karena peneliti berkesimpulan sebanyak 35 butir soal atau 70 % berada pada kategori dapat diterima sebagai butir soal yang mempunyai daya beda atau mampu membedakan mana siswa pintar dan siswa tidak pintar, rinciannya adalah 7 butir soal atau 14 % berada pada kategori baik, dan 28 butir soal atau 56 % berada pada kategori sedang, 5 butir soal atau 10 % berada pada kategori kurang, 4 butir soal atau 8 % berada pada kategori tidak ada diskriminasi, dan 6 butir soal atau
12 % berada pada kategori negatif.

ABSTRACT

Evaluation is one of the elements of curriculum. Evaluation is executed in order to obtain feedback information towards the process and result of certain activity. The information is scores which are obtained by students after conducting the test. Based on the evaluation, the decision can be taken. Has the planning been exact, has the planning of the activity been suitable, and has the result of the activity been becoming the one which is expected. It also become the definitive part of components of teaching learning activities (KBM) at school, which are learning material, method, learning tools, teacher, students, and evaluation which are related, supported, and interacted one another in order to fulfill the aims of predetermined learning objectives.

One technique of evaluation commonly used is test. Further, National Final Examination (UAN) is one of test form comprising of test or question items the results of which is to determine students’ graduation and to improve teaching learning process. UAN as compiled by the expert team is nationally applicable. One of foreign language subject matters included in the UAN is Arabic. However it is just administered in the Senior High School (SMA) and Madrasah Aliyah (MA) level

This research aims at analyzing all items of Arabic National Final Examination at Senior High School (SMA) and Madrasah Aliyah (MA) in 2007/2008 academic year issued by Department of National Education Republic of Indonesia consisting of (1) measurable skill, (2) reliability, (3) degrees of difficulty, and (4) differentiation level. The research is conducted at MAN 3 Mulawarman Banjarmasin South Kalimantan; therefore, the research findings are perspective research of the school

Design of the research is descriptive, the population is all of twelfth grade students and the sample of research is one class, a twelfth grade class majoring language program consisting of 32 students. Research instrument used in this research is documentation in the form of examination questions of UAN which will produce students’ answer sheets data in order to find out reliability, level of difficulty, level of differentiation. Techniques of data analysis used are split-half methods and Spearman-Brown for reliability Results of research data analysis show that (1) the skill measured in Arabic National Final Examination (UAN) at Senior High School and Madrasah Aliyah in 2007/2008 academic year with total number 50 items, consists of 21 items or 42% measuring the reading skill, 4 items or 8% measuring the writing skill, 10 items or 20% measure vocabulary, and 15 items or 30% measure grammatical elements; (2) the reliability is categorized high with the final calculation 0.71; (3) degrees of difficulty is categorized middle because most of question items i.e. 35 items or 70% ranging from 0.22-0.78 which is in the middle category, and the rest of 15 items or 30% ranging from 0.81-156, is categorized as very easy; (4) level of differentiation is classified in the middle category because the researcher concludes that 35 items or 70% is in the acceptable category to differentiate smart students from other average or low students; the detail is as follows: 28 items or 56% is in the middle category, 5 items or 10% is in the less category, 4 items or 8% is in the non-differentiation category, and 6 items or 12% in the negative category

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ainin, Mohammad and Mujab, Muhammad
Keywords: Ujian Akhir Nasional; Reliabilitas; Tingkat Kesulitan; Daya Beda; National Final Examination; Reliability; Degrees of Difficulty; Diserimination Power
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 21 Mar 2017 12:32
Last Modified: 21 Mar 2017 12:32
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5929

Actions (login required)

View Item View Item