Nadzifah, Lailatun (2016) Analisis efektifitas iklan Toyota Avanza pada media cetak dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Toyota Avanza di Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12510181.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kemajuan sumber daya dan teknologi yang pesat membuat perusahaan dipaksa harus berpikir lebih untuk memenangkan persaingan pasar dengan cara yang lebih efektif dan efisien, terutama dalam bidang pemasaran yang menjadi faktor terpenting dalam sebuah perusahaan. Promosi yang dilaksanakan harus sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan perusahaan, yaitu mendapatkan pelanggan dan mampu meraih pasar yang luas. Begitu pula yang dilakukan oleh PT.Toyota Astra Motor yang merupakan produsen mobil jenis MPV (multiple purposes vehicle) dengan merek Toyota Avanza, mereka harus mampu meraih pasar dengan media promosi yang efektif untuk bisa menggapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas iklan Toyota Avanza pada media cetak dengan menggunakan AIDA, serta untuk melihat adanya pengaruh antara variabel-variabel independen tersebut terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y) produk Toyota Avanza. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, yaitu metode dengan cara menentukan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan betemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, jika orang yang kebetulan ditemui dianggap cocok dengan sumber data. Teknik pegumpulan data menggunakan metode survey. Adapun analis efektifitasnya menggunakan analsis efektifitas AIDA dan analisis hipotesisnya menggunakan regresi berganda melalui pengujian SPSS .
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa attention (X1), interest (X2), desire (X3) dan action (X4) pada iklan media cetak mempunyai hasil yang efektif. Dari perhitungan yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa secara simultan semua variabel independen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Toyota Avanza. Adapun perhitungan secara parsial didapatkan hasil bahwa tiga variabel independen yaitu attention (X1), desire (X3) dan action (X4) memberi sumbangan positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan untuk variabel interest (X2) mempunyai sumbangan negatif terhadap keputusan pembelian.
ENGLISH:
The advancement of human resources and rapid technologies have made companies to think more in winning of market competitions by efficiency and effectiveness, notably in marketing field which is the most significant factor in a company. Promotion that is conducted must be appropriated with aims which are decided by companies, namely getting costumers and reaching wide market. To illustrate, we can see from PT. Toyota AStra Motor that is a producer car of MPV type (multiple purposes vehicle) with Toyota Avanza brand, they must obtain car markets by effective advertisement to secure company's purposes.
The aims of this research are to know the effectiveness of Toyota Avanza advertisement on published media by using AIDA, also to see the influence between independent variables and dependent variables, that is desicion to buy Toyota Avanza product. In taking samples, this research uses an accidental sampling method that decides samples based on suddennes. It means that everyone who meets the researcher accidentally can be used as a sample if that person seems suitable with source of data. Method of survey is used in collecting data also AIDA is used to analyze an effeciency of analysis and double regresion by testing SPSS is used to investigate hypothesis of analysis.
Based on the result of research, it can be seen that attention (X1), interest (X2), desire (X3), and action (X4) in printed advertisement has an effective result.
Another calculating means partial method getting results thay three independent variables, those are attention (X1), desire (X3), and action (X4) have given positive trends towards buying decision.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Slamet, Slamet | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | AIDA (Attention; Interest; Desire; Action); Iklan Media Cetak; Keputusan Pembelian; AIDA (Attention; Interest; Desire; Action); Print Media Advertising; Buying Decision | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2017 11:21 | ||||||
Last Modified: | 24 Mar 2017 11:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5913 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |