Strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan loyalitas pengiklan: Studi kasus pada Radio Kencana FM Kota Malang

Sa’idah, Irma Marfuatus (2016) Strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan loyalitas pengiklan: Studi kasus pada Radio Kencana FM Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12510174.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Radio Kencana FM merupakan radio yang diminati oleh kalangan muda (mahasiswa) dan Pekerja Muda, dimana untuk mengembangkan bisnisnya menggunakan kerjasama dengan cara melakukan pendekatan dari strategi bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh radio Kencana FM dalam meningkatkan loyalitas pengiklan,

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh radio kencana FM meliputi 7 unsur diantaranya: Produk (Product) yang berisi tentang program radio, segmentasi, dan pemilihan lagu. Harga (Price) yang berisi tentang penentuan harga untuk berbagai kerjasama baik untuk kerjasama dengan pengiklan dalam bentuk iklan, quiz, spot dan addlibs maupun kerjasama event yang telah disepakati. Tempat (Place) dimana untuk pemilihan tempat untuk kantor radio Kencana FM sudah sangat strategis, akan tetapi sebaiknya ada penambahan banner/tulisan dari jalan raya tentang lokasi radio tersebut. Promosi (Promotion), dimana pada sisi promosi menggunakan berbagai cara baik melalui sosial media, maupun pemberian diskon kepada pengiklan. Orang (People) dimana radio Kencana FM melayani keinginan dan dan kebutuhan konsumen dengan baik. Proses (Process), lima proses yang dilakukan oleh radio Kencana FM untuk bertemu dengan klien atau pihak yang akan bekerjasama dengan Kencana FM. Bukti Fisik (Physical Evidence), yaitu ditunjukkan dengan adanya traffic order iklan. Setiap unsurnya diperhatikan betul oleh radio kencana FM karena seluruhnya saling berkaitan dan dapat mempengaruhi loyalitas pengiklan.

ENGLISH:

Kencana Radio FM radio is preferred by young people (students) and Young Workers, in which to develop cooperation with the business using the approach way of the marketing mix. This study aims to determine the marketing mix strategy undertaken by Kencana FM radio to increase the loyalty of advertisers.

This study uses qualitative research methods to the type of descriptive approach. Data was collected in three ways: through observation, interviews, and documentation.

The results of this study indicate that the marketing mix strategy undertaken by the FM Kencana radio includes seven elements are: Product (Product) which contains the radio program, segmentation, and the song selection. Price (Price) containing about pricing for a variety of good cooperation to cooperation with advertisers in the form of advertising, quiz, spot and addlibs and cooperation events that have been agreed upon. Points (Place) where to place the election for the office Kencana FM radio is very strategic, but preferably no additional banner /article of the highway on the location of the radio. Promotion (Promotion), where in the campaign using a variety of ways through social media, as well as giving discounts to advertisers. People (People) where FM radio Kencana serve the desires and demands of consumers well. Process (Process), five process undertaken by Kencana FM radio to meet with clients or parties will cooperate with Kencana FM. Physical Evidence (Physical Evidence), which is indicated by the traffic order advertising. Each of the elements to be correct by the FM Kencana radio due entirely interrelated and can affect the loyalty of advertisers.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Slamet, Slamet
Keywords: Bauran Pemasaran; Loyalitas; Radio Kencana FM; Marketing Mix; Loyalty; FM Radio Kencana
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 24 Mar 2017 04:21
Last Modified: 24 Mar 2017 04:21
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5911

Actions (login required)

View Item View Item