التصور المقترح لتطوير منهج اللغة العربية غف المدرسة الإبتدائية

Muassomah, Muassomah (2008) التصور المقترح لتطوير منهج اللغة العربية غف المدرسة الإبتدائية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
06930018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kurikulum pembelajaran bahasa Arab mempunyai peranan yang sangat penting di tingkat dasar karena bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an dan bahasa ibadah umat Islam, serta bahasa ilmu pengetahuan. Belajar bahasa Arab pada usia dini mempunyai beberapa manfaat, diantaranya adalah anak mudah memperoleh bahasa tersebut, anak menjadi terbiasa menggunakannya, serta mengembangkan bahasa Arab yang sudah diperoleh anak di tingkat Taman Kanak-kanak..

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah “At-Taraqi” Malang kelas 1, 2 dan 3, karena kurikulum bahasa Arab di kelas-kelas tersebut belum tersusun.

Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur yang ditawarkan oleh Yalden dalam penyusunan kurikulum dan pengembangannya. Prosedur tersebut mencakup tujuh langkah, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) deskripsi tujuan, (3) memilih kurikulum pembelajaran, (4) hasil kurikulum inti, (5) hasil kurikulum pendidikan, (6) penerapan kurikulum di dalam kelas, dan (7) evaluasi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi di lapangan, wawancara dan dokumentasi.

Adapun hasil penelitian ini berupa usulan kurikulum pembelajaran bahasa Arab untuk kelas 1, 2 dan 3, yang telah direvisi berdasarkan perbaikan dari komentar dan usulan para guru bahasa Arab dan dua pakar pembelajaran bahasa Arab untuk anak. Kurikulum tersebut memuat beberapa poin, yaitu nama sekolah, mata pelajaran, kelas, tujuan umum, tujuan khusus, tema, materi yang diajarkan, teknik pembelajaran, evaluasi, jam pelajaran serta sarana dan prasarana.

Berdasarkan hasil penelitian ini, diusulkan adanya penelitian-penelitian lanjutan, diantaranya: (1) sarana dan prasarana yang digunakan, (2) penyusunan buku ajar, dan (3) metode yang menarik untuk pembelajaran bahasa Arab di kelas
1, 2 dan 3.

ABSTRACT

An Arabic curriculum has a very important role at the elementary school because Arabic is the language of Holy Qur’an, language of moslem devotion, and language of science. Learning Arabic language in early ages has many adventages, they are: children acquire a foreign language easily, become accustmed to it and to improve what they had for the next education

This study is aimed at designing curriculum and syllabus for Arabic at the first, second and third years of Islamic Elementary School “At-Taraqi” Malang.

The research procedure used in this research is the curriculum design procedure proposed by Yalden. The researcher designed a curriculum of Arabic learning by following the seven steps proposed by Yalden. The steps are: (1) need analysis, (2) objective description, (3) selecting learning curriculum, (4) the result of core curriculum, (5) the result of education curriculum, (6) curriculum application in class, and (7) evaluation. The data of this research are taken from observation or field study interview and documentary study.

The proposed curriculum revised according to comments and suggestions from 6 Arabic teachaers and two experts in Arabic teaching for children. The curriculum consists of same points, those are : name of the school, lesson, class, general objectives, specific objectives, theme, material, teaching strategy, evaluation, time allotment and fasilities.

Some suggestions are given for other researchers. At least there are three topics can be conducted, they are about (1) teaching facilities, (2) text books, and (3) interesting methods techniques for teaching Arabic at elementary school in the first, second and third years.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Murtadho, Nurul and Mahmud, Faisal
Keywords: Kurikulum; Pembelajaran Bahasa Arab; Madrasah Ibtidaiyah; Curriculum; Arabic Teaching; Islamic Elementary
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:46
Last Modified: 22 Mar 2017 11:46
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5898

Actions (login required)

View Item View Item