تنمية مهارة الكلام باستخدام طريقة تمثيل الأدوار بالتطبيق على مدرسة االمعلمات الإسلامية "بيت الآرقم" بالوانج جمبير نموذجا

Iffat, Maimunah (2008) تنمية مهارة الكلام باستخدام طريقة تمثيل الأدوار بالتطبيق على مدرسة االمعلمات الإسلامية "بيت الآرقم" بالوانج جمبير نموذجا. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
06930011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Madrasatul Mu’allimat al-Islamiyah “Baitul Arqom” Balung Jember adalah salah satu lembaga pendidikan yang memiliki perhatian besar terhadap pembelajaran bahasa Arab. Pembelajaran Bahasa Arab di madrasah tersebut bertujuan agar siswa-siswinya mampu menguasai agama dan mampu mendalami bahasa Arab dengan 4 (empat) kemahiran berbahasa: istima’, kalam, qiro’ah dan kitabah.

Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa kelemahan dan ketidakmampuan siswa-siswi dalam berbicara disebabkan oleh beberapa hal,diantaranya: proses belajar mengajar belum berlangsung secara efektif, guru belum menggunakan strategi yang efektif, variatif dan inovatif. Guru hanya menyampaikan materi, terbatasnya kesempatan bagi siswa untuk berlatih berbicara di dalam kelas, kurangnya motivasi siswa untuk berlatih berbicara dan kurangnya kegiatan berkelompok di dalam kelas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbicara dengan menggunakan strategi role play. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dengan cara berkolaborasi antara peneliti dan guru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2B. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan mengikuti prosedur 4 (empat) tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Instrumen yang digunakan: daftar observasi, catatan lapangan, petunjuk wawancara dan angket. Pemerolehan data dipresentasi dan dianalisis dengan menggunakan 2 (dua) cara: yaitu kualitatif dan kuantitatif. Untuk melihat keaktifan siswa selama proses pembelajaran di kelas, peneliti menganalisis dan menggunakan data secara kualitatif. Sementara data kuantitaif digunakan untuk menganalisis dan memperbaiki kemampuan berbicara siswa.

Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bermain peran sangat efektif untuk mengembangkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya keterlibatan siswa secara aktif dalam bermain peran dengan berani dan percaya diri tanpa rasa takut, malu atau khawatir akan terjadi kesalahan dalam menggunakan bahasa, dan juga mereka dapat menggunakan komponen bahasa secara benar di samping mampu bekerja sama dalam hal kegiatan berkelompok secara baik.

ABSTRACT

Madrasatul Mu'allimat al-Islamiyah "Baitul Arqom" Balung Jember is an Islamic Senior High School which has high attention to Arabic. Teaching Arabic in this school aims at comprehending Islamic books which ore written in Arabic as well as improving language skills: listening, speaking, reading and writing.

The previous study which has been done by the researcher indicates the weakness of the students in speaking. It may be caused by teaching and learning process. The teacher did not use variety of strategies. She was only telling about the lesson, the apportunity was limited for the students to speak inside the class and they each motivation to speak and discuss inside the class.

This classroom action research which done by both of the researcher and the teacher aims at improving speaking skill through role playing strategy. The subject of this research is the students of class 2B, by using two cycles each contains four methods, namely: planning, implementing, observing and reflecting.

In collecting the data, the researcher used some instruments: observation list, field note, interviewing guide and questionaire. Qualitative is used to describe learning process, whereas quantitative is dealing with speaking ability.

The result of this research indicates that the strategy of role playing is very effective to improve the ability of student speaking skill. During performing role playing, they did it confidently without being ashame or worry, they could speak fluently and were able to work together.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Murtadho, Nurul and Ahmed Omer, Mohammed
Keywords: Kemampuan Berbicara; Strategi Bermain Peran; Speaking Skill; Role Playing Strategy
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:47
Last Modified: 22 Mar 2017 11:47
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5894

Actions (login required)

View Item View Item