Lala, Andi (2016) Pengaruh brand community terhadap loyalitas merek sepeda motor Yamaha: Studi kasus pada komunitas motor Yamaha R25 Club Indonesia Chapter Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12510015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Industri sepeda motor nasional merupakan industri yang masih terus mengalami pertumbuhan. Untuk dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat, maka produsen dituntut lebih memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen terutama pada strategi untuk mempertahankan loyalitas konsumen. Produsen membutuhkan konsumen yang memiliki loyalitas merek yang tinggi untuk bersaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand community terhadap loyalitas merek secara simultan, parsial dan dominan. Dari latar belakang itulah sehingga penelitian ini dilakukan dengan judul “Pengaruh Brand Community terhadap loyalitas merek sepeda motor yamaha (studi kasus pada komunitas motor yamaha R25 Club Indonesia Chapter malang)”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deduktif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua anggota komunitas yamaha R25 yang menggunakan pendekatan sensus yakni berjumlah 107 anggota. Sedangkan pengujian hasil penelitian menggunakan model analisis regresi berganda. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan menggunakan angket (daftar pertanyaan).
berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa brand community mempengaruhi lolyalitas merek. Hal ini bisa dilihat dari uji F menunjukkan bahwa keenam variabel independen, dilihat dari output pengujian SPSS yang diperoleh Fhitung sebesar 14,172 > Ftabel dan nilai siginfikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dapat ditarik kesimpulan bahwa komunitas yamaha R25 sangat loyal dalam penggunaan produk yamaha.
ENGLISH:
National motorcycle industry is an industry that continues to experience growth. In order to survive in the increasingly fierce competition, the producers demanded more attention to the needs and desires of consumers, especially on strategies to retain customer loyalty. Manufacturers need of consumers who have high brand loyalty to contend. The purpose of this research was to determine how much influence the brand community on brand loyalty simultaneous partial and dominant. From the above explanation the research was write the research under the title "Influence of Brand Community on brand loyalty motorcycles yamaha (a case study on a Yamaha motorcycle communities R25 Club Indonesia Chapter Malang)".
This research uses a quantitative approach deductive. Population and sample in this research were all members of the community who ride the R25 yamaha sens approach us that numbered 107 members. While testing the results of studies using multiple regression analysis model. Data were collected by means of documentation and using a questionnaire (questionnaire).
Based on research results indicate that brand community influence loyalty brand. it can be seen from the F test shows that six independent variables,, seen from the testing SPSS output obtained amounted to 14.172 F count> F table and siginfikansi value of 0.000 <0.05. It can be deduced that the community is very loyal to the Yamaha R25 in the use of Yamaha products.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Brand Community; Loyalitas Merek; Brand Community; Brand Loyalty | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2017 18:55 | ||||||
Last Modified: | 22 Mar 2017 18:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5890 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |