تطوير تعليم الأوزان الصرفية العربية باستخدام طريقة التعليم التكاملي (بتطبيق على معهد ترقية اللغة الأجنبية مؤسسة نور الإسلام كرنج شمباك بلوطا سومنب)

Fujianto, Fujianto (2008) تطوير تعليم الأوزان الصرفية العربية باستخدام طريقة التعليم التكاملي (بتطبيق على معهد ترقية اللغة الأجنبية مؤسسة نور الإسلام كرنج شمباك بلوطا سومنب). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
06930010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran ilmu sorof di Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) Nurul Islam dengan menggunakan metode pembelajaran tasrifan yaitu dengan memperkenalkan wazan-wazan kata arab kemudian kata-kata lain dipersamakan dengan wazan tersebut.

Misalnya dalam terdapat enam wazan yaitu Teknik pembelajaran yang digunakan adalah dengan cara guru membacakan wazan tertentu kemudian menjelaskan sepintas dan menyuruh siswa untuk membaca contoh-contoh kata (mauzun)

Wazan-wazan ini diberlakukan secara umum untuk semua kata bahasa Arab yang terdiri dari tiga huruf baik untuk kata-kata yang shahih atau mu’tal. Ukuran benar dan salahnya berkaitan dengan wazan-wazan tersebut. Persoalan yang mucul sesudahnya adalah ketika wazan-wazan tersebut diterapkan pada kata yang ada huruf illatnya (mu’tal) karena pada bentuk mu’tal tasrifannya tidak persis seperti wazan-wazan tersebut, kadang- kadang ada huruf yang dibuang, diganti dan ditukar posisi.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mentasrif kata-kata bina’mu’tal dari fi’il madhi, fi’il mudhari’, masdar dan fi’il amar dengan menerapkan pengembangan wazan sorof Arab dengan mempergunakan teknik pengajaran sinergis.

Rumusan masalahnya adalah Sejauh mana pengembangan pembelajaran wazan sorof dengan mengunakan teknik pengajaran sinergis dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mentasrif kata-kata mu’tal di LPBA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep?

Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Objek penelitiannya adalah di LPBA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep. Sasarannya adalah siswa kelompok B. penelitian ini dilakukan dalam dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada siklus pertama terdiri dari empat pertemuan dan pada siklus kedua terdiri dari dua pertemuan.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pengembangan wazan sorof dengan mengunakan teknik pengajaran sinergis dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mentasrif kata-kata mu’tal di LPBA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep kelompok B. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan nilai siswa setelah diadakannya pembelajaran dari pre test dan post test. Pada nilai pre test kebanyakan siswa berada pada tingkat makbul dan setelah diadakan pembelajaran pengembangan wazan sorof dengan mengunakan teknik pengajaran sinergis, nilai post test siswa berada pada tingkat mumtaz.

ABSTRACT

Arabic morphology teaching in institution for foreign language development Nurul Islam is using tasrifan method. This method is introducing Arabic words pattern and then other words follow these pattern. Tsulasi Mujarrad consists of six patterns The teaching technique is as follows: teacher reads a wazan (pattern), explain it and then command a student to read the examples (words follow that pattern).

These patterns are applied generally to all Arabic words consist of three letters, both sahih (fit) and illat (unfit) ones. The right or wrong are measured by these patterns. The problem rises when these patterns applied to mu'tal words (words with illat letter). The derivation of mu'tal is not exactly same with these patterns; sometimes some letters of the words are omitted, changed and transformed.

This research aims at improving student ability in making derivation of mu'tal (unfit) words in fiil madhi (past tense verb), mudhari' (continuous verb), masdar (gerund) and fiil amar (instruction verb) through developing Arabic words patterns by synergy teaching technique.

The statement of problem is: how far is studying development of morphology pattern by synergy teaching technique able to improve student ability in making derivation of mu'tal (unfit) words in LPBA (Institution for foreign language development) Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep?

The research’s method is classroom action research. The setting is LPBA Nurul Islam karangsempaka Bluto Sumenep. The subject is student group B. This research consists of two circles. Every circle consists of planning, implementation, observation and reflection. First circle consist of four sessions and second circles consist of two sessions.

The research conclude that applying morphology patterns development by synergy teaching technique can improve student ability in making derivation mu'tal words in LPBA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep group B. It is indicated by the raising of student score after teaching; from pre-test to post-test. In pre-test, most of students scores are good and after teaching by using morphology patterns development with synergy teaching technique, students scores in prost-test are excellent.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Lubis, Torkis and Ahmed Omer, Mohammed
Keywords: Pengembangan Pembelajaran Wazan Sorof Arab; Pengajaran Sinergis; Studying Development of Arabic Morphology Pattern; Synergy Teaching
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:47
Last Modified: 22 Mar 2017 11:47
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5889

Actions (login required)

View Item View Item