تنمية مهارة الكتابة من خلال الألعاب اللغوية (لطلابة مدرسة هاشم أشعري المتوسطة الإسلامية بباتو)

Hidayah, Eni Zulfa (2008) تنمية مهارة الكتابة من خلال الألعاب اللغوية (لطلابة مدرسة هاشم أشعري المتوسطة الإسلامية بباتو). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
06930008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Memperoleh pengetahuan tentang pembelajaran bahasa Arab di MTs Hasyim Asyari Batu, (2) Menerapkan teori permainan bahasa untuk mengembangkan ketrampilan menulis siswa, (3) Mengetahui efektifitas permainan bahasa yang digunakan untuk mengembangkan ketrampilan menulis siswa.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (terjadi di lapangan) dengan jelas, (2) Pendekatan Kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Permainan Bahasa yang digunakan untuk mengembangkan ketrampilan menulis siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) Kepala Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asyari batu, (2) Guru Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asyari batu, (3) Siswa Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asyari batu, dan (4) Data. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah siswa MTs Hasyim Asyari Batu kelas VIII- A, dan alat pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah : (1) observasi, (2) interview, (3) tes, ( 4) kuisioner.

Hasil dari penelitian ini adalah (a) Pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan Permainan bahasa untuk mengembangkan ketrampilan menulis siswa adalah mungkin untuk dilakukan karena pembelajaran bahasa arab yang ada selama ini masih menggunakan metode pembelajaran tradisional yaitu Qawaid dan terjemah begitu pula dengan media pembelajaran yang kurang variatif. (b) sedangkan tingkat keefektifan pengembangan ketrampilan menulis melalui permainan bahasa adalah bahwa permainan bahasa itu efektif digunakan untuk mengembangkan ketrampilan menulis, hal ini berdasarkan pada perkembangan dan peningkatan nilai yang diperoleh siswa setelah penerapan permainan bahasa dimana siswa memperoleh nilai baik sekali terutama dalam membuat kalimat verbal dan kalimat nomina yang menjadi tujuan dalam penelitian ini.Dan jenis permainan yang digunakan dalam penelitian ini adalah: ” Man Ana ?”, ”al-Tahmin”, al- Dzakirah”, ”Jigsaw”, ”Gambar”, dan ” Cerita”. Adapun indikator-indikator yang mendukung keberhasilan ini adalah : (1) siswa merasa mudah dan nyaman dalam membuat kalimat verbal maupun nomina, (2) Permainan bahasa menjadikan siswa lebih antusias dan memperhatikan pelajaran bahasa arab karena sebelumnya mereka menganggap bahwa bahasa arab adalah bahasa asing yang sulit, (3) Permainan bahasa mampu memotifasi siswa dan menumbuhkan rasa pentingnya belajar bahasa Arab sehingga muncul keinginan belajar dari diri siswa sendiri (self regulated learning), (4) siswa merasa bebas dalam mengungkapkan ide, pikiran dan perasaan baik secara lisan maupun tulisan, dan dalam hal ini terlebih dalam hal menulis karena mereka tidak merasa takut salah, dan yang paling penting adalah bahwa dengan permainan bahasa ini mereka terbiasa untuk berpikir kritis, semangat dalam mengerjakan sesuatu, serta merespon dengan cepat terhadap apa yang dipaparkan kepada mereka, (5) siswa merasa lebih semangat karena persaingan yang ada adalah persaingan yang sehat sehingga dapat membantu mereka yang masih kurang menjadi lebih maju.

Beberapa indikator diatas tentu saja dapat melahirkan pengaruh positif dalam proses pembelajaran bahasa terutama bagi pembelajar pemula yang dalam hal ini adalah kemampuan siswa dalam membuat kalimat nomina ataupun verbal yang tentu lebih bagus dari sebelumnya. Perkembangan ini tentunya sesuai dengan harapan peneliti khususnya dan berguna bagi siswa sendiri dalam meneruskan masa depan studinya kelak.

ABSTRACT

The purposes of this research are 1st. To obtain Arabic knowledge at Islamic state junior high school "Hasyim Asy’ari Batu" in the process of learning activity. 2nd. To develop writing skill in answering the demand of the new paradigm of Arabic study and hopefully, either the students or the graduated students can put into practice their own language skills actively and passively. 3rd. the game language is conducted is to improve each student's writing skill and various kinds of games which are appropriate with the student condition.

The Approuches used in this research are : (1) Qualitative Approuch, to know the reality in the processing of learning activity, (2) Quantitative Approuch, to know the efectivite of games language to improving writing in Eight Grades of Islamic State Junior High Schooll. Data Source of this researches involve: the first, The head master of Islamic state junior high school "Hasyim Asyari Batu". The second,The teacher Islamic state junior high school "Hasyim Asyari Batu",The third, The students of Islamic state junior high school "Hasyim Asyari Batu", Fourth. Datum. And the Collect instrument of datum in this research are observation, interview, test and kuisioners.

The results of this research are: The First, the Arabic learning through the game language is possible that applied at Islamic state junior high school "Hasyim Asy’ari Batu” because that process of Arabic learning activity used the Traditional learning Methods are Qawaid and translated methods, so with learning aidds are not variative. The Second, Game language can be so efective to be used and to improve the student writing skill althought the students condition are as the beginers of arabic. The games language are used in this research are al-Tahmin, al-Dzakirah, al-qisas, al-Shuwar, al-Kalimat and Jigsaw, the game language that success value is al-Kalimat The Second, The indicators which support the succesfull of game language performing are (a) the student feel easier and enjoyable to arrange or make sentences, put the text, paragraph and short story in correct order. (b) game language can motivate the students and care of learning arabic. Therefore, after this game language performing, they will be more spirit and their willingness to learn arabic will appear from their awareness and not by forcing (self regulated learnig), (c) the students will fell free to express their idea and felling in either speaking or writing without any worried and scared and the most importent thing is that they will fell comfortable to think critically, fell spirit, patient in responding to what is being delivered. (d) the students will fell motivated because the competition is true and health so be student more improving and succesfull.

Based ot these indicators, can create positive actions which involve the development and improveness of students to write verbal and nominal sentences and of course this improveness is appropriate with what the researcher hopes specifically and for the students themseves are for their future in the next beautiful day.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Soleh, Suhadak and Ahmed Omer, Mohammed
Keywords: Ketrampilan Menulis; Permainan Bahasa; Writing Skill; Game Language
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:47
Last Modified: 22 Mar 2017 11:47
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5884

Actions (login required)

View Item View Item