طرق تدرس اللغة العربية بمعهد كونتور الحديث (دراسة تحليلية تقويمية)

Damanhuri, Damanhuri (2008) طرق تدرس اللغة العربية بمعهد كونتور الحديث (دراسة تحليلية تقويمية). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
06930007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pondok Modern Gontor dikenal luas sebagai lembaga pendidikan perintis dalam pembaruan metode pengajaran bahasa Arab di Indonesia. Menggunaan beragam pendekatan baru yang pernah diujicobakan oleh Mahmud Yunus, Pondok Modern Gontor melakukan upaya pembaruan dengan menggunakan Direct Method, memperbarui silabus pendidikan, mempraktikkan teori-teori pengajaran baru, dan menyediakan alat bantu (peraga) pengajaran.

Penelitian ini mengkaji praktik pengajaran bahasa Arab di Pondok Modern Gontor dan bertujuan untuk memperlihatkan sampai di mana tingkat kesesuaian metode yang digunakannya dengan prinsip-prinsip dalam metode pengajaran bahasa Arab untuk orang asing.

Penelitian ini merupkan penelitian deskriptif. Data utama yang digunakan dalam penelitian adalah beragam dokumen yang berkaitan dengan metode pengajaran bahasa Arab yang digunakan di Pondok Modern Gontor dan data-data lain tentang pengajaran bahasa Arab untuk orang asing. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung dengan cara mengamati praktik pengajaran bahasa Arab di Pondok Modern Gontor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam praktik pengajaran bahasa Arab, selain menggunakan teori-teori baru pendidikan, Pondok Modern Gontor pun menggunakan Direct Method. Dalam mempraktikkan Direct Method tersebut Pondok Modern Gontor tidak mengaplikasikannya secara rigid. Beberapa prinsip Direct Method diabaikan dalam praktik pengajaran bahasa Arab. Hanya saja, karena telah dikontekstualisasikan dengan pelbagai kebutuhan pembelajaran, pengabaian atas beberapa prinsip Direct Method itu sama sekali tidak mengakibatkan kegagalan Pondok Modern Gontor dalam pengajaran bahasa Arab.

ABSTRACT

It is commonly known that Pondok Modern Gontor is the first educational institution that radically revives the method of Arabic teaching in Indonesia. Based on the new Arabic teaching approaches previously exercised by Mahmud Yunus, Pondok Modern Gontor runs its renewal movement by applying the new method (Direct Method) instead of the old ones (Grammar- Translation Method). In addition, Pondok Modern Gontor also revives its syllabi, educational theory, and teaching equipments as well.

This research focuses on the efforts performed by Pondok Modern Gontor in Arabic teaching and aims at discovering the extent of its method correspondence to the methods of Arabic teaching for foreign speakers.

This research is a descriptive research. The main data of this research are documents which range from books and any other sources on methods of Arabic teaching at Pondok Modern Gontor as well as methods of Arabic teaching for foreign speakers in general. While the instrument the researcher applies for collecting data is observation on teaching practice at Pondok Modern Gontor.

The result of research is that the practice of Arabic teaching at Pondok Modern Gontor runs new approaches and applies appropriate educational theories as well. During its teaching practices Pondok Modern Gontor does not follow the principle of Direct Method in its strict and rigid sense. It sometimes, in some extents, neglects some principles of Direct Method. However, it does not have any serious negative implications or causes the failure in its Arabic teaching practices.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Masqon, Dihyatun and Hwait Allah Ahmed, Saeed
Keywords: Direct Method; Pesantren Modern; Pesantren Tradisional; Direct Method; Pesantren Modern; Pesantren Tradisional
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:50
Last Modified: 22 Mar 2017 11:50
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5881

Actions (login required)

View Item View Item