Rapidi, Muhammad (2023) Penerapan media pembelajaran Google Classroom untuk meningkatkan efektivitas pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa Kelas VII di MTs Nurul Hidayah Kota Raja. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
17110045.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan di bidang pendidikan semakin bertambah akibat pandemi virus corona yang telah mengubah segalanya. Sebelum pandemi pembelajaran dilakukan dengan tatap muka di kelas, namun pada masa pandemi pembelajaran dilakukan dengan kelas online. Oleh karena itu, media google classroom diharapkan dapat menjadi cara yang efektif dalam mata pelajaran teologi moral.
Penelitian ini fokus pada 1) bagaimana implementasi google classroom pada mata pelajaran teologi moral kelas VII MTs Nurul Hidayah Kota Raja. 2) Bagaimana keefektifan mata pelajaran teologi moral kelas VII di MTs Nurul Hidayah Kota Raja. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan google class sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teologi moral kelas VII di MTs Nurul Hidayah Kota Raja.
Dalam memperoleh tujuan akan penelitian ini maka pendekatan yang digunakan dengan kualitatif dengan metode deskriptif dan observasi yang dilakukan dengan pengamatan langsung atau tidak langsung terhadap objek yang kaji. Peneliti juga menggunakan wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) implementasi google classroom merupakan media yang digunakan untuk pembelajaran online. 2) keefektifan mata pelajaran teologi moral yaitu materi tentang akhlak yang dapat diterapkan oleh siswa kelas VII MTs Nurul Hidayah dalam kehidupan sehari-hari. 3) Faktor pendukung penerapan google classroom adalah pemberian petunjuk bagaimana proses pembelajaran daring, dan bagaimana siswa dapat memanfaatkannya tanpa menghabiskan banyak data. Lalu, untuk faktor penghambatnya, masih ada sebagian siswa yang tidak mempunyai smartphone.
ENGLISH:
The problematics in the field of education have been increased due to pandemic corona virus that had changed everything. Before pandemic, learning was done by face to face in the class, however in the pandemic time learning is done by online class. Therefore, the media of google classroom is expected to be an effective way in the subject of moral theology.
This study focused on 1) how is the implementation of google classroom in the subject of moral theology for the VII Class at MTs Nurul Hidayah Kota Raja. 2) How is the effectivity the subject of moral theology in VII class at MTs Nurul Hidayah Kota Raja. 3) What are the supporting and inhibiting factors when the implementation of google classroom as medium of learning for the moral theology subject in VII class at MTs Nurul Hidayah Kota Raja.
To achieve the purpose of this study, the researcher uses qualitative approach with descriptive method, and use observation that is observe directly or indirectly about the things that have to be observed. The researcher also uses interviewing and documentation.
The result of this study shows; 1) the implementation of google classroom is medium that used for online learning. 2) the effectivity of moral theology subject is the material about morals which the student of VII Class at MTs Nurul Hidayah can applied in daily life. 3) the supporting factors of implementation of google classroom is about giving instruction about how is the process of online learning, and how the student could take advantage of it without spending a lot of data. Then, for the inhibiting factors, there are some students who do not have smartphone.
ARABIC:
بِسْبَبِ ظُهُورِ فِيْرُوْسِ كُورُوْنَا، تَزْدَادُ الْمُشْكِلَاتُ فِيْ عَالَمِ التَّعْلِيْمِ بِاِسْتِمَرَارٍ، مَمَّا يَجْعَلُ كُلُّ شَيْءٍ يَتَغَيَّرُ. فِيْ السَّابِقِ، كَانَ التَّعَلُّمُ يُجْرَى وَجْهًا لِوَجْهٍ فِيْ الْفَصْلِ الدِّرَاسِيِّ، وَلَكِنَّ فِيْ زَمَنِ الْجَائِحَةِ تُجْرَى عُمُوْلَةُ التَّعَلُّمِ عَنْ بُعْدٍ عَبْرَ الْإِنْتِرْنِتِ. وَبِالتَّالِي، مِنَ الْمَأْمُوْلِ أَنْ يَكُوْنَ تَطْبِيْقُ مَنْصَةِ جُوْجِلْ كَلاَسْرُوْمِ وَاحِدًا مِنْ وَسَائِلِ تَحْقِيْقِ فَعَّالِيَّةِ التَّعْلِيْمِ، وَخَاصَّةً فِيْ مَادَّةِ الْعَقِيْدَةِ وَالأَخْلاَقِ.
يُرَكَّزُ هَذَا الْبَحْثُ عَلَى: 1) كَيْفِيَّةِ تَطْبِيْقِ مَنْصَةِ جُوْجِلْ كَلاَسْرُوْمِ فِيْ مَادَّةِ الْعَقِيْدَةِ وَالأَخْلاَقِ لِطَلَابِ الصَّفِّ السَّابِعِ فِيْ مَدْرَسَةِ مُتَوَسِّطَةِ نُوْرِ الْهِدَايَةِ فِيْ مَدِيْنَةِ رَاجَا. 2) مَدَى فَعَّالِيَّةِ هَذِهِ الْمَنْصَةِ فِيْ مَادَّةِ الْعَقِيْدَةِ وَالأَخْلاَقِ لِطَلَابِ الصَّفِّ السَّابِعِ فِيْ مَدْرَسَةِ مُتَوَسِّطَةِ نُوْرِ الْهِدَايَةِ فِيْ مَدِيْنَةِ رَاجَا. 3) الْعَوَامِلِ الْمُسَاعِدَةِ وَالْعَائِقَةِ لِتَطْبِيْقِ مَنْصَةِ جُوْجِلْ كَلاَسْرُوْمِ فِيْ مَادَّةِ الْعَقِيْدَةِ وَالأَخْلاَقِ لِطَلَابِ الصَّفِّ السَّابِعِ فِيْ مَدْرَسَةِ مُتَوَسِّطَةِ نُوْرِ الْهِدَايَةِ فِيْ مَدِيْنَةِ رَاجَا.
لِتَحْقِيْقِ هَذِهِ الأَهْدَافِ، اِسْتَخَدَمَ الْبَاحِثُ الْمِنْهَاجَ النُّوَعِيَّ بِالطَّرِيْقَةِ الْوَصْفِيَّةِ، مِنْ خِلَالِ الْمُرَاقَبَةِ الْمُبَاشِرَةِ وَغَيْرِ الْمُبَاشِرَةِ، وَالْمُقَابَلَاتِ، وَجَمْعِ الْمُسْتَنَدَاتِ.
أَظْهَرَتْ نَتَائِجُ الْبَحْثِ مَا يَلِيْ: 1) تَطْبِيْقُ مَنْصَةِ جُوْجِلْ كَلاَسْرُوْمِ يُجْرَى عَنْ طَرِيْقِ التَّعْلِمِ عَنْ بُعْدٍ. 2) فَعَّالِيَّةُ مَنْصَةِ جُوْجِلْ كَلاَسْرُوْمِ فِيْ مَادَّةِ الْعَقِيْدَةِ وَالأَخْلاَقِ لِطَلَابِ الصَّفِّ السَّابِعِ فِيْ مَدْرَسَةِ مُتَوَسِّطَةِ نُوْرِ الْهِدَايَةِ فِيْ مَدِيْنَةِ رَاجَا يَتَعَلَّقُ بِمَحْتَوَى الأَخْلاَقِ فِيْ الْحَيَاةِ اليَوْمِيَّةِ. 3) الْعَوَامِلُ الْمُسَاعِدَةُ تَتَمَثَّلُ فِيْ تَوْجِيْهِ الطَّلَابِ حَوْلَ عَمَلِيَّةِ التَّعْلِمِ عَنْ بُعْدٍ وَتَوْفِيرِ حُصُوْصٍ مَجَّانِيَّةٍ وَتَقْلِيْلِ الِاِسْتِخْدَامِ الْمُكَثَّفِ لِحُزْمِ الْبَيَانَاتِ. أَمَّا الْعَوَامِلُ الْعَائِقَةُ، فَتَتَمَثَّلُ فِيْ عَدَمِ اِمْتِلاَكِ بَعْضِ الطَّلَابِ لِهَوَاتِفِ ذَكِيّ
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Padil, Moh |
Keywords: | Penerapan media pembelajaran; google classroom; meningkatkan efektivitas; Akidah AkhlakImplementation Medium of Learning; Google Classroom; the Increased Effectivity; Moral Theology; تَطْبِيْقُ مَنْصَةِ التَّعْلِمِ; جُوْجِلْ كَلاَسْرُوْمِ; تَعْزِيْزِ الْفَعَّالِيَّةِ; الْعَقِيْدَةِ وَالأَخْلاَقِ |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Rapidi |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 09:50 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 09:50 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/58796 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |