Chusniah, Lailatul (2004) Penetapan strategi dalam meningkatkan keunggulan bersaing bagi Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00160040.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan sebagai agen supply and demand knowledge yang dalam perkembangannya tidak akan terlepas oleh perubahan, pembaharuan, kontinuitas، Lingkungan yang selalu berubah menuntut lembaga untuk bersikap turbulen yaitu lembaga harus responsive terhadap perubahan yang ada dan kepandaian untuk mengelolah manajemen sangat menentukan posisi lembaga dalam persaingan. Sehingga lembaga tetap survive dan tetap menjadi peserta dalam persaingan.
Penelitian ini bersifat diskriptif kualitatif dengan memanfaatkan data primer yang berasal dari internal dan eksternal serta data sekunder yang berasal dari laporan-laporan, arsip-arsip lembaga dan studi kepustakaan. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, dokumentasi, observasi. Dengan teknik analisanya menggunakan analisa SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, and Treath)
Berdasarkan analisa SWOT dapat diketahui bahwa UIN Malang memiliki kekuatan juga kelemahan. Dari segi kekuatan diantaranya statusnya UIN Malang sebagai PTN, pengadaan Ma’had dan intensive bahasa arab, biaya pendidikannya yang rendah. Sedangkan kelemahannya adalah UIN Malang yang baru menjadi universitas, rendahnya kualifikasi, kuantitas dan keprofesionalan paradosen, sarana prasarana yang kurang representative dan kurang lengkap, luas areal kampus yang sempit, belum adanya penerapan teknologi canggih, lemahnya iklim learning society. Dari segi kondisi eksternal, terkait dengan peluang yang ada yaitu meningkatnya kebutuhan akan tenaga ahli, dibentunya BAN dan Kopertis, bertambahnya jumlah murid SMU dan SMK, naiknya pengeluaran perkapita penduduk, besarnya jumlah penduduk yang beragama islam, meningkatnya jumlah mahasiswa di bawah lingkup Depag. Sedangkan ancaman yang akan dihadapi adalah adaya deregulasi pemerintah, menjamurnya perguruan tinggi-perguruan tinggi swasta, naiknya IHK dan inflasi sub kelompok pendidikan, menjadi perguruan tinggi ynag second line.
Berdasarkan analisis yang dilakukan lembaga telah menetapkan strategi focus (focus strategy) yaitu special product for special segment or for special market dan strategi yang dapat diajukan oleh peneliti adalah strategi pertumbuhan internal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Slamet, Slamet |
Keywords: | Strategi; Keunggulan |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Indar Erdiana |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 13:44 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 13:44 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/58766 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |