Said, Abdun (2008) منهج اللغة العربية بمدرسة "رحمنية" المتوسطة الإسلامية بمينور مرانجين دماك جاوا الوسطى (دراسة وصفية تحليلية تقويمية). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06930002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesesuaian kurikulum Bahasa Arab di sekolah ini dengan kebutuhan siswa. Hipotesis penelitian ini adalah kurikulum bahasa Arab di sekolah ini belum memenuhi kebutuhan-kebutuhan siswanya: kebutuhan keagamaan, kebutuhan komunikasi dan kebutuhan akademik.
Metode deskriptif-analitik-evaluatif digunakan dalam penelitian ini. Sumber data penelitian ini adalah dokumen-dokumen, seratus empat puluh siswa, tiga guru bahasa Arab sekolah ini, kepala MTs ini, wakil kepala dan satu guru bahasa Arab Madrasah Aliyah. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, angket, panduan pengamatan, dan panduan wawancara. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan dokumen tertulis kurikulum tingkat sekolah, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, jadwal pelajaran dan guru dan test-test. Angket siswa ditujukan untuk memperoleh data tentang kebutuhan siswa dan pendapatnya tentang tema-tema yang ditawarkan. Angket yang ditujukan kepada guru dimaksudkan untuk mengetahui pendapat mereka tentang kesesuaian kurikulum bahasa Arab dengan kebutuhan siswa. Peneliti melakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran bahasa Arab yang berjalan di kelas dan kosakata serta ungkapan dalam bahasa Jawa dan Indonesia yang memang digunakan siswa dalam komunikasi sehari-hari dalam lingkungan sekolah. Wawancara dengan kepala dan wakil kepala untuk mengetahui tentang tujuan, sarana dan kendala pembelajaran bahasa Arab. Wawancara dengan guru MTs dilakukan untuk mengetahui tujuan, metode, sarana dan permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab. Wawancara dengan guru Madrasah Aliyah untuk mengetahui kemampuan bahasa Arab yang diperlukan untuk mengikuti pelaaran di sekolah tersebut.
Peneliti melakukan analisi terhadap kurikulum tertulis dan kurikulum fungsional. Kurikulum fungsional meliputi materi yang diajarkan di kelas, sumber belajar, metode, media dan test yang benar-benar digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Peneliti menilai kurikulum dengan kriteri-kriteria tertentu yang terdiri dari dua puluh satu kriteria.
Temuan penelitian ini adalah (1) kurikulum Bahasa Arab di sekolah ini belum sesuai dengan sebagian kebutuhan siswa; terutama dalam metode pengajaran dan test yang digunakan.
(2) kurikulum Bahasa Arab di sekolah ini belum sesuai dengan sebagian kebutuhan komunikasi terutama dalam isi, metode pengajaran, media pengajaran dan ujian yang digunakan. (3) Kurikulum bahasa Arab di sekolah ini belum sesuai dengan sebagian kebutuhan akademik terutma dalam isi, metode pengajaran, media pembelajaran dan ujian.
Kesimpulan penelitian ini adalah guru bahasa Arab di MTs Rohmaniyyah mempunyai peran penting dalam melaksanakan kurikulum. Dokumen kurikulum yang baik, silabus yang
jelas, media pembelajaran yang tersedia bukan jaminan kesesuaian kurikulum bahasa Arab di sekolah ini dengan kebutuhan siswanya.
Berdasarkan temuan penelitian tersebut, peneliti mengajukan beberapa saran kepada penyusun kurikulum, guru bahasa Arab dan kepala sekolah. Saran tersebut antara lain (1) perlunya perhatian terhadap kebutuhan siswa, (2) penciptaan kegiatan kebahasaan yang memenuhi kebutuhan siswa (3) perlunya teladan dalam menggunaan bahasa Arab, (4) latihan untuk menggunakan media pembelajaran yang tersedia, (5) penggunaan test yang mengukur ketrampilan berbahasa dan (6) penyediaan media dan sumber belajar yang diperlukan dalam pembelajaran bahasa Arab.
ABSTRACT
This study was purposed to evaluate accordance of Arabic curriculum in MTs Rohmaniyyah with students' needs. Hypothesis of this study was Arabic curriculum in this school has not suited with any students' needs: religious needs, communication needs and academic needs.
Descriptive analysis evaluative method was used in this study. The data sources of this study were documents, one hundred and fourty eight students, three Arabic teachers, the head master of this school, vice head master and one Arabic teacher of Islamic Senior High School.
This research applied some instruments to collect data such as documentary, questionnaires, observation guide, and interviews guide. The researcher collected school
curriculum documents, syllabus, lesson plan, schedule of subject matters and teachers, learning sources and tests. Questionnaire was prepared to collect information from students about their needs and their attitude toward lesson themes. It was also used to know teacher assessment toward curriculum accordance with students' need. Researcher observed teaching Arabic process in the classrooms and vacabularies in Javaness and Indonesian used by students in their real communication in the school. He interviewed head master to know purpose, facilities, and problems of Arabic teaching in this school. He interviewed Arabic teachers of this school to know the purpose, methods, facilities, and problems of Arabic teaching. Arabic teacher of MA (Islamic Senior High School) were interviewed to know the language skills needed to study in that school.
Researcher analyzed innert curriculum or written documents, as well as, analyzed functional curriculum: subjects matter taught in classes, sources, methods, aids and tests
actually used. He evaluated curriculum using twenty-one points of criterion.
This study found that (1) Arabic curriculum in this school has not matched with any students' religious needs, especially in methods and tests for evaluation. (2) Arabic curriculum in this school has not matched any students' communicative needs, especially in contents, methods, teaching aids, and tests. (3) Arabic curriculum in this school has not matched any students' academic needs, especially in contents, methods, teaching aids and tests.
This study concluded that teachers of this school have important role in aplication Arabic curiculum. A good designed curriculum, a brief sylabus, and available aid in this school do not make curriculum automatically match with students' need.
Based on the findings, researcher recommended curriculum developers, Arabic teachers and head master. The recommendations are (1) attention on students' needs; (2) providing language activities that meet students' needs; (3) a good example in using Arabic; (4) drilling and training to use available teaching aids; (5) usage of tests that measure four language skills; and (6) providing teaching aids and sources that are needed in Arabic teaching.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ahmed, Saeed Hwaiat Allah and Masyhudi, Muhammad Mujab | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Analisis; evaluaisi; kurikulum; Bahasa Arab; kebutuhan; Analysis; evaluation; curriculum; Arabic Language; needs | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2017 18:50 | |||||||||
Last Modified: | 02 Jan 2018 14:11 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5876 |
Downloads
Downloads per month over past year

Actions (login required)
![]() |
View Item |