Muhtarom, Fajar Sidqil (2018) Strategi guru dalam meningkatkan kualitas hafalan Qur’an: Multi kasus di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Probolinggo dan Hai’ah Tahfidz Qur’an (HTQ) UIN Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14771053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Belajar Al-Qur’an merupakan kewajiban yang utama bagi setiap mukmin, dan mengajarkannya. Belajar Al-Qur’an dibagi beberapa tingkatan. Yaitu: belajar membaca sampai lancar dan baik, menurut kaidah qira’at dan tajwid, kedua yaitu belajar arti dan maksud yang terkandung di dalamnya dan terakhir belajar menghafal di luar kepala, sebagaimana yang dikerjakan oleh para sahabat pada masa Rasulullah hingga masa sekarang.
Adapun Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Metode apa yang diterapkan guru untuk Santri Pondok Pesantren Nurul Qur’an Probolinggo dan Hai’ah Tahfidz Qur’an (HTQ) UIN Malang agar mempunyai hafalan berkualitas? (2) Apa Teknik Guru untuk Santri Pondok Pesantren Nurul Qur’an Probolinggo dan Hai’ah Tahfidz Qur’an (HTQ) UIN Malang agar mempunyai hafalan berkualitas? (3) Bagaimana Taktik Santri Pondok Pesantren Nurul Qur’an Probolinggo dan Hai’ah Tahfidz Qur’an (HTQ) UIN Malang agar mempunyai hafalan berkualitas?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, untuk teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Dan untuk analisisnya sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data yaitu : teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, kecukupan refensial.
Berdasarkan data kualitatif tersebut, maka penulis dapat mengambil kesimpulan: (1) Metode (Pondok Pesantren Nurul Qur’an Probolinggo) adalah: Setoran tambahan (hafalan baru) dan Takriran. Tadarus Qur’an Bil Ghoib setiap hari Jum’at, Sedangkan metode (HTQ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang) tidak jauh beda yaitu : Setoran tambahan (hafalan baru) dan takriran. kajian tajwid. (2) Teknik (Pondok Pesantren Nurul Qur’an Probolinggo) adalah: Menghafal dari Juz Amma di Mulai dari Surah An-nas Sampai Surat an-Naba’. Menghafal dari surat-surat munjiyat. Takriran dengan Membaca Per-ayat. Hukuman (Punishment). Wisuda Hifdzil Qur’an, Sedangkan teknik (HTQ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang) Hukuman (Punishment), Beasiswa Tahfidz, Wisuda Hifdzil Qur’an. (3) Taktik santri (Pondok Pesantren Nurul Qur’an Probolinggo) adalah: setelah solat malam, menghafal jam 1 malam, dan setelah solat fardhu, jam kosong sekolah diniyah/kurikulum mengambil waktu yang tidak terpakai. Sedangkan taktik (HTQ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang) tidak jauh beda yaitu: ketika menunggu dosen dan kalau tidak ada dosen, di baca dalam solat, selesai solat malam. Dan setelah solat magrib dan isya’. Dan memanfaaat waktu longgar.
ENGLISH:
Learning and teaching Al-Qur’an are primary obligation for every Muslim. Leaning Al-Qur’an is divided in many stages. These are; the first is learning to read till be fluent and good, based on qira’at and tajwid ... The second is learning meaning included inside it. The third is learning by heart, as the all companions in Rasulullah era did till now.
This research focus on : (1) What methods are implemented by the teachers for the students of Pondok Pesantren Nurul Qur’an Probolinggo dan Hai’ah Tahfidz Qur’an (HTQ) UIN Malang in order to have a qualified remembrance? (2) What are the techniques for the students of Pondok Pesantren Nurul Qur’an Probolinggo dan Hai’ah Tahfidz Qur’an (HTQ) UIN Malang in order to have a qualified remembrance? (3) How are the strategies of the teachers of Pondok Pesantren Nurul Qur’an Probolinggo dan Hai’ah Tahfidz Qur’an (HTQ) UIN Malang in order to have a qualified remembrance?
In this research, the researcher uses qualitative design. For the data collection techniques used are intensive interview, documentation, and observation. While the analyses are: data reduction, presenting data, and stating a conclusion. To check the data validity is used through: participation techniques, regular observation, triangulation, and adequate references.
Based on the qualitative data, the writer can come to the conclusion: inquiry and cooperative strategy. While the strategies are (1) Method (Pondok Pesantren Nurul Qur’an Probolinggo) is: Additional Qur’an remembrance submit (New remembrance) and repetition. The recitation of Al-Qur’an is conducted every Friday, while the methods (HTQ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang) are: additional submit (new remembrance) and repetition. Tajwid learning. (2) Techniques (Pondok Pesantren Nurul Qur’an Probolinggo) is : memorizing from juz Amma started from An-Nas surah till An-Naba’. Memorizing from munjiyat surah. Repetition by reciting per verse, punishment. Hifdzil Qur’an graduate, while the techniques (HTQ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang), punishment, tahfidz scholarship, Hifdzil Qur’an graduate. (3) The teacher’s stratedy for the students are : directing them after praying tahajjud to repeat or add, and after fardhu prayer, spare time of diniyah / curriculum to take it. While the strategy (HTQ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang) is waiting for the lecturer. If he is absent, it is read while taking prayer, after tahajjud prayer. And after maghrib and isya’ prayer. And utilizing the spare time.
ARABIC:
تعلم القرآن وتعليمه فريضة أساسي لكل مؤمن. ينقسم هذا التعليم إلى ثلاثة أقسام، أولا تعلم القراءة حتي تكون صحيحة من ناحية قواعد القراءة والتجويد. ثانيا تفهيم المعان والمقاصد المكتوبة في كل آيات القرآن. وثالثا حفظ القرآن كما فعل أصحاب الرسول صلى الله عليه وسلم في زمانه.
أما أسئلة هذا البحث هي 1) ما استراتيجية المعلم في ترقية جودة حفظ القرآن بمعهد نور القرآن الإسلامية برابالينجا وهيئة التحفيظ القرآن بجامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج؟. 2) ما تقنية المعلم في ترقية جودة حفظ القرآن للطلبة معهد نور القرآن الإسلامية برابالينجا وهيئة التحفيظ القرآن بجامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج؟. 3) كيف تقنية المعلم في ترقية جودة حفظ القرآن للطلبة معهد نور القرآن الإسلامية برابالينجا وهيئة التحفيظ القرآن بجامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج؟.
واستخدم الباحث بحثا كيفيا. ولجمع البيانات قام الباحث بالمقابلة والوثائق والملاحظة. ومن تحليلها كما يلى : تحفيض البيانات وتقديم البيانات والاستنباط. ولتصحيح صحة البانات قام الباحث بتمديد المشاركة، ومثابرة الملاحظة، والتثليث، وكفاية الأفكار.
استنادًا إلى البيانات النوعية، يمكن للباحث استخلاص النتائج 1) إن معهد نور القرآن الإسلامية برابالينجا قام باستراتيجيات التعاونية وبطريقة تقديم إضافة الحفظ وتكريره، والتدرس بالغائب كل يوم الجمعة. ومن تقيناتها حفظ جزء عم من سورة الناس إلى سورة النبع وفحظ سور المنجزات، ويأمر المعلم الطلبة اعادة الحفظ بعد صلاة الليل وصلاة الفرضي وفي الأخير حفلة الاختتام لحفاظ القرآن 2) أما هيئة التحفيظ القرآن بجامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج لا تختلف كثيرا ، وهي: وبطريقة تقديم إضافة الحفظ وتكريره. ودراسة التجويد.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. and Soleh, A. Khudori |
Keywords: | Strategi Guru; Kualitas Hafalan Qur’an; Teacher’s Strategy; Qur’an Remembrance Quality; استراتيجية المعلم، جودة حفظ القرآن |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 09:30 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 09:30 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/58742 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |