Rabhi, Sounia (2008) تعليم اللغة العربية من خلال نصوص عربية تستو عن البيعة الإندونسية (دراسة تجربية). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06910015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Di dalam penelitian ini, peneliti memakai metode eksprimen dan metode kuantitatif. Dimana, peneliti memilih dua topik Arab, yaitu yang pertama berjudul “di Warung Kopi dan Rumah Makan”, dari buku “ Silsilah Ta’allamuu al-Lughah al- Arabiyah. Dan yang kedua berjudul “Libur” dari buku “al-Arabiyah Baina Yadaika”. Di samping itu, peneliti juga menyusun dua topik yang sama, tapi berinspirasi lingkungan Indonesia (kota Malang). Setelah menyiapkan ke-empat topik tersebut di atas, peneliti pun mulai melakukan eksprimen, yaitu dengan mengajarkan satu persatu topik tersebut kepada mahasiswa semester satu Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang.
Peneliti mengajarkan setiap topik sebanyak dua kali pertemuan, yang diiringi dengan evaluasi (ujian lisan). Hasil ujian semua mahasiswa peserta dicatat oleh peneliti, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif. Di samping itu, peneliti juga mengadakan wawancara dengan empat orang pakar pembelajaran bahasa Arab untuk mengetahui pendapat mereka tentang judul yang diteliti.
Peneliti menyampaikan hasil penelitian sebagai berikut:
Mengajarkan ketrampilan berbicara di dalam bahasa Arab kepada mahasiswa Indonesia dengan menggunakan teks Arab berisi topik keindonesiaan lebih efektif, dibanding dengan mengajarkannya dengan topik kearaban. Demikian hasil yang dapat dibuktikan penelitian eksprimen ini, yang didukung berbagai indikator sebagai berikut: Penguasaan mahasiswa terhadap materi ketrampilan berbahasa Arab lebih baik, dapat mengungkapkannya dengan baik, serta perolehan nilai mereka juga lebih baik. Sedangkan pembelajaran dengan topik Arab tidak didapati demikian. Mahasiswa dapat menyusun kalimat dengan benar, artinya apa yang dimaksudkan mahasiswa (selaku mutakallim) dipahami oleh pendengar dengan mudah, seperti menyampaikan pandangan atau pendapat. Ketrampilan komunikasi mahasiswa dengan memakai bahasa Arab mengalami perbaikan. Adapun hal yang berkaitan dengan peningkatan mahasiswa di dalam menuturkan bunyi-bunyi Arab tidak didapati. Hasil ini kontradeksi dengan asumsi peneliti sebelumnya, yaitu mahasiswa yang belajar bahasa Arab dengan menggunakan topik ke-Indonesiaan akan dapat menuturkan bunyi-bunyi bahasa Arab dengan benar.
ABSTRACT
Study’s chapter: This study contains five principal chapters. The first is the proposal, the second chapter comprise the goals, the methods, the importance of teaching speaking skill furthermore the different examinations, and at last the researcher present a brief extract of Malang Islamic University, and the curriculum of Islamic Studies Field. The truth chapter includes the nature of the scientific method used in this research which is the experimental one and the method instruments also which enclose references, interview, direct observation and the sample of the study. The fourth chapter is related to the presentation, explanation and analysis of statements. And at last, the fifth chapter was reserved to the principal results of the study and suggestions. The principal results:
this study prove that teaching Arabic language and specially speaking skill by using Indonesian skill is more efficient than using Arabic topics, because: The student cache and comprehend more and more, so that they get a better results. The student can make his orally speech in order in his explanation of some ideas or to convince. Amelioration of the student’s communication. The non-realization of the articulation hypothesis make it transformed to study’s result. Suggestions: The most important suggestions are as follows: To give more importance and value to speaking skill in Arabic language and to make it an essential material in the all different education levels. To assign intensive courses of pronunciation and articulation in the beginning level, and specially the sounds which are not in the mother language (Indonesian language).
To employ teachers which have experiences and knowledge in teaching Arabic to non native speakers, and to check their competences and performances before to be accepted To give intensive courses in Arabic for special purposes in different sectors of life that the students deal with.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Huda, Miftahul and Hiwayatullah, Ahmad Saeed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pembelajaran; Bahasa; Arab; Teaching Arabic; Indonesian topics; Research method; Experimental method. | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2017 18:44 | |||||||||
Last Modified: | 28 Dec 2017 14:13 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5873 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |