Komariyah, Siti (2004) Pengaruh layanan usaha koperasi terhadap partisipasi anggota pada KPRI Tegak Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00160023.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asaz kekeluargaan. Karena sesuai dengan jiwa dan falsafah bangsa Indonesia. Koperasi merupakan suatu badan usaha yang berwatak social, bukan merupakan kumpulan modal tetapi merupakan kumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama yaitu meningkatkan kesejahteraan ekonomi bersama. Koperasi mempunyai suatu usaha bersama bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bagi para anggotanya dengan melayani anggota seadil- adilnya. Bagaimana koperasi mensejahterakan dan memberikan kepuasan kepada anggota salah satu jalan usahanya yaitu dengan membuka layanan usaha, baik itu dari unit simpan pinjam maupun dan unit pertokoan. Berkaitan dengan layanan usaha maka koperasi mempunyai persaingan dengan badan usaha yang lain. Oleh sebab itu koperasi harus mempunyai mutu atau kualitas layanan yang berkaitan dengan usaha baik secara bukti fisik maupun kehandalan pada unit usaha koperasi yaitu simpan pinjam dan pertokoan. Sehingga akan berpengaruh besar terhadap partisipasi anggota.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah ada pengaruh layanan usaha koperasi di unit simpan pinjam dan pertokoan secara parsial terhadap partisipasi anggota pada KPRI Tegak Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek. 2) Apakah ada pengaruh layanan usaha koperasi di unit simpan pinjam dan pertokoan secara simultan terhadap partisipasi anggota pada KPRI Tegak Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek.Tujuan penelitian ingin mengetahui dari rumusan masalah. Sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Teknik pengumpulan data berupa metode angket, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus korelasi berganda dan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara layanan usaha koperasi dimensi bukti fisik dan kehandalan pada unit simpan pinjam dan pertokoan terhadap partisipasi angggota KPRI Tegak kecamatan karangan Kabupaten Trenggalek sebesar 0,785. Ada pengaruh yang signifikan secara Parsial layanan usaha bukti dimensi bukti fisik pada unit simpan pinjam dan pertokoan, dimana t hitung (4.948) > t Tabel (1.984). Sedangkan variabel kehandalan pada unit simpan pinjam dan pertokoan berpengaruh terhadap partisipasi anggota, dimana t hitung (8.863) > t Tabei (1.984). Ada pengaruh secara simultan dan variabel layanan usaha dimensi bukti fisik dan kehandalan pada unit simpan pinjam dan pertokoan terhadap partisipasi angggota sebesar F hitung (77,624) > F Tabei (3,09). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh antara layanan usaha koperasi pada unit simpan pinjam dan pertokoan terhadap partisipasi angggota baik secara simultan maupun parsial, dan terdapat hubungan yang signifikan antara layanan usaha koperasi di bidang simpan pinjam dan pertokoan terhadap partisipasi angggota KPRI Tegak kecamatan karangan Kabupaten Trenggalek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Rahayu, Wening Patmi |
Keywords: | Layanan Usaha Koperasi; Partisipasi Anggota |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Indar Erdiana |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 13:44 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 13:44 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/58727 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |