استخدام كتاب تجديد النحو لشوقي ضيف لترقية تعليم النحو بالتطبيق على جامعة ماترام اللإسلامية الحكومية

Nasarudin, Nasarudin (2008) استخدام كتاب تجديد النحو لشوقي ضيف لترقية تعليم النحو بالتطبيق على جامعة ماترام اللإسلامية الحكومية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
06910013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran tata bahasa di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram menggunakan buku-buku klasik yang isinya sangat sulit dan padat, seperti: Alkawakibud Durriah, Jami'ud Durus al Arabiyah dan lainnya. Hal ini yang menyebabkan kemampuan mahasiswa dalam bidang tata bahasa menjadi rendah; dan mahasiswa menjadi bingung dan tidak termotivasi dalam belajar sehingga suasana kelas menjadi tidak efektif. Dan menurut peneliti, buku yang mengandung materi yang mudah adalah buku Tajdidun Nahwi oleh Syauqi Dhaif.

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui proses pengajaran tata bahasa (kalimat nominal dan kalimat verbal) di Program Studi Pengajaran Bahasa Arab semester II IAIN Mataram, dan ingin mengetahui sejauh mana keefektivan pengajaran tata bahasa (kalimat nominal dan kalimat verbal) di Program Studi Pengajaran Bahasa Arab semester II IAIN Mataram setelah menggunakan buku Tajdidun Nahwi karangan Syauqi Dhaif.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: studi pendahuluan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Dan penilitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus.

Dan adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Proses pengajaran tata bahasa (kalimat nominal dan kalimat verbal) di Program Studi Pengajaran Bahasa Arab semester II IAIN Mataram adalah tidak efektif. (2) Penggunaan buku Tajdidun Nahwi karangan Syauqi Dhaif dapat meningkatkan keefektivan pengajaran tata bahasa (kalimat nominal dan kalimat verbal) di Program Studi Pengajaran Bahasa Arab semester II IAIN Mataram, dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai rata- rata peroses pengajaran Nahwu meningkat dari 57.1% menjadi 81.7% maka nilai peningkatannya adalah 24.6%. Nilai rata-rata kemampuan nahwu mahasiswa meningkat dari 50.5% menjadi 69.5% maka nilai peningkatannya adalah 19%. Dan nilai rata-rata respon mahasiswa terhadap penggunaan buku Tajdidun Nahwi meningkat dari 66.1% menjadi 70.2% maka nilai peningkatannya adalah 4.1%.

ABSTRACT

Instruction of structure in State Islamic University of Mataram uses classic books which is its contents very difficult and dense material, such as: Alkawakibud Durriah, Jami'ud Durus al Arabiyah and others. This case is the reason why student's ability in structure matery is weak. The structure instruction is unmeaningful, which drive them into confusion and immativated condition in their learning wich finally create in effective learning circumstance. According to the researcher, a book which has contens easy is Tajdidun Nahwi books composition by Syauqi Dhaif.

The aim which will be gained in this research is to know structure instruction proses (nominal and verbal sentence) in arabic teaching study program semester II in State Islamic University of Mataram, and to know its effectiveness ofter using Tajdidun Nahwi books by Syauqi Dhaif.

Type of research which will be executed is class action research composed some stages: preliminary study, planning of action, execution of action, evaluation and observation, and reflektion. The reserch was executed in 2 cycles.

The result of research can be conclusion that: (1) Process of structure instruction (nominal and verbal sentence) in arabic teaching study program semester II in State Islamic University of Mataram was not effective. (2) The use of Tajdidun Nahwi books composition by Syauqi Dhaif can improve effektiveness structure instruction (nominal and verbal sentence) in arabic teaching study program semester II in State Islamic University of Mataram, with inprovement point during cycle I to cycle II. The average score of Nahwu instruction increased from 57.1% to 81.7% and its improvement score is 24.6%. The average score of Nahwu ability increased from 50.5% to 69.5% and its improvement score is 19 %, and the score of students in response with Tajdidun Nahwi books in their learning from 66.1% to 70.2% and its improvement score is 4.1%.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Lubis, Torkis and Ibrahim, Faisol Mahmoud Adam
Keywords: Efektivitas; Pengajaran Tata Bahasa; Buku Tajdidun Nahwi; Structure Learning; Tajdidun Nahwi Books.
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:44
Last Modified: 29 Dec 2017 02:58
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5872

Actions (login required)

View Item View Item