Lismiani, Kiki (2004) faktor-faktor motivasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas 3 SLTP Bhakti Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00160014.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan jaman terutama dibidang ekonomi menjadikan maraknya dunia bisnis, perbankan, jasa/pelanyanan. Hal ini menuntut adanya peningkatan kualitas pendidikan terutama pada mata pelajaran ekonomi. Untuk menjadikan murid mempunyai kemauan dalam belajar ekonomi bukanlah suatu hal yang gampang. Oleh sebab itu peneliti dalam penelitian ini mengambil judul Faktor-Faktor Motivasi belajar Mata Pelajaran Ekonomi (Studi pada siswa sisun kelas 3 SLTP Bhakti Turen).
Bagi Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) mata pelajaran ekonomi merupakan mata pelajaran baru. Belajar mata pelajaran ekonomi tidak hanya sekedar untuk mempersiapkan ujian dan ulangan namun lebih dari itu, belajar mata pelajaran ekonomi nantinya berkesinambungan dengan mata pelajaran ekonomi tingkat selanjutnya. Untuk itu diperlukan ketepatan pemberian motivasi belajar mata pelajaran ekonomi oleh pihak yang terkait seperti guru dan siswa sendiri.
Pada dasarnya tujuan penelitian adalah untuk memecahkan masalah, sehingga langkah-langkah yang ditempuh harus sesuai dengan prosedur. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yaitu menjelaskan masalah-masalah penelitian. Dengan populasi siswa siswi SLTP Bhakti Turen yang berjumlah 668 siswa dan mengambil sampel siswa siswi kelas 3 SLTP Bhakti Turen dengan jumlah 205 siswa. Analisa yang dipakai adalah analisa faktor, yang berangkat dari asumsi awal bibawah seperangkat variabel terdapat variabel terstruktur tertentu terdapat satu sumber yang mendasarinya. Analisa faktor dapat dilakukan dengan cara mengkorelasikan skor faktor dengan skor total, setelah terlebih dahulu mengetahui kekhususan tiap skor. Dengan menggunakan rumus yang dipaparkan oleh Maholtra (1996):
XI = AiiFi.+Ai2Fz.+ Ai3F3 + Ai4F٠ + + AiiFiViUi
Hasil penelitian ini adalah semua variabel valid dan signifkan untuk pengujian selanjutnya. Dan 3 faktor dari 21 variabel setelah dianalisaa vaktor berubah menjadi 6 faktor dengan 20 variabel. Berdasarkan analisa faktor yang peneliti lakukan, faktor-faktor motivasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa siswi kelas 3 SLTP Bhakti Turen menghasilkan 6 faktor motivasi belajar mata pelajaran ekonomi. Faktor
Sifat Pribadi pada variabel pertama adalah pemalas dengan nilai eigen value 0.639 (63.9%). Dan selanjutnya meliputi variabel menghubungkan pelajaran dengan kebutuhan murid memiliki nilai eigen value 0.667 (66.7%). Guru merumuskan tujuan memiliki nilai eigen value 0.729 (72.9%). Kontinuitas memiliki nilai eigen value 0.546 (54.6%). Relevansi memiliki nilai eigen value 0.353 (35.3%).
Yang kedua yaitu Faktor Cara Guru mengajar meliputi variabel, Memahami dan menghormati murid dengan nilai eigen value 0.712 (71.2%). Proses pembelajaran menyeluruh dengan nilai eigen value 0.565 (56.5%). Aktualisasi diri dengan nilai eigen value 0.388 (38.8%). Memberi pengertian dengan nilai eigen value 0.805 (80.5%). Mengaktifkan murid dengan nilai eigen value 0.392(39.2%). Ketiga yaitu Faktor Motivasi Sosial meliputi dua variabel yaitu, Motivasi dengan nilai eigen value 0.652 (65.2%). Keempat yaitu Faktor Kematangan meliputi tiga variabel yaitu, bekerja keras dengan nilai eigen value 0.690 (69%). Motivasi diri dengan nilai eigen imlue 0.748 (74.8%). efektivitas dengan nilai eigen value 0.518 (51.8%). Fleksibel dengan nilai eigen value 0.778 (77.8%). Kelima yaitu Faktor Bahan Pelajaran meliputi dua variabel yaitu, Menguasai bahan pelajaran dengan nilai eigen value 0.726 (72.6%). Menyesuaikan bahan dan metode dengan nilai eigen value 0.636 (63.6%). Keenam yaitu Faktor Kecerdasan meliputi tiga variabel yaitu, Tidak teex book dengan nilai eigen value 0.758 (75.8%). Mengajar dan mendidik dengan nilai eigen value 0.539 (53.9%). Tidak tanggung jawab dengan nilai eigen value 0.406 (40.6%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Slamet, Slamet |
Keywords: | Motivasi; Siswa |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Indar Erdiana |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 13:58 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 13:58 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/58653 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |