Responsive Banner

طرق تعليم اللغة العربية في معهد دار القرآن والحديث العالي بنهضة الوطن أنجاني لومبوك الشرقية (دراسة تحليلية تقويمية)

Lanuddin, Muhammad (2008) طرق تعليم اللغة العربية في معهد دار القرآن والحديث العالي بنهضة الوطن أنجاني لومبوك الشرقية (دراسة تحليلية تقويمية). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
06910010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahwi metode pembelajaran bahasa Arab di Perguruan Tinggi Ma'had Daari al-Qur'an wa al-Hadits Nahdlatul Wathon Angani Lombok Timur, bagaimana pelaksanaannya, media apa ysng dipakai, apa keunggulan dan kelemahannya serta cara mengatasinya.

Penelititian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, metode pemaparan fenomena sebagaimana kenyataan dan menarik kesimpulan dengan fenomena-fenomena yang nyata. Sedangkan sumber data yaitu: ungkapan dan tindakan informan, dokumentasi.

Instumen penelitian : peneliti, pedoman interview, observasi, ungkapan-ungkapan di dalam dan di luar kampus, dokumenter, dan komentar dosen. Untuk penyajian data mengunakan : penyajian data, tabulasi data, dan analisis data yang menggunakan analisis kritis. Untuk validitas dan kridebilitas data adalah ; keikutsertaan peneliti dalam beberapa kegiatan, triangulasi, diskusi dengan sejawat, analisis kondisi negatif dan menggunakan pengecekan data.

Pemaparan dari pembahasan ini mengedepankan: Metode yang dipakai dlam pembelajaran bahasa Arab yakni: A. Metode Qawa'id wa al- Terjamah , metode ini meliputi: (1). Menghafal qawa'id di luar kepala, (3). Mengedepankan terjemah dengan bahasa lokal. (4). Materi yang mencakup beberapa kitab Nahu, kamus dan teks (5). Nas-nas standart bacaan adalah berupa kitab klasik atau kitab tradisional tentang agama Islam. Kekurangan dari metode ini adalah: (1). Lebih banyak mementingkan gramatika Arab, tanpa mempraktekkan percakapannya. (2). Hanya mementingkan maharoh Qiro'ah. (4). Kosa kata, gremar kadang tidak dipakai dalam kotemporer bahasa Arab. (5). Mahasiswa terlalu banyak diporsir dengan gramatika Arab. B. Metode Qiro'ah yang meliputi : (1). Hanya mementingkan bahasa tertulis dan kemampuan memahami teks saja. (2). Memutipasi mahasiswa untuk lebih banyak membaca, karena mahasiswa akan mendapatkan praktek gremar ketika membaca. Adapun kekurangan metode ini: (1). Hanya menerapkan aspek membaca saja. (2). Tidak mementingkan aspek percakapan. (3). Tidak memuat semua maharoh. Oleh karena itu dapat diambil langkah agar Ma'had Daaril Qur'an wal Hadits al-Aali Nahdlatul Wathon Anjani mampu mengatasi kekurangan dari kedua metode ini adalah dengan menggabungkannya , karena kedua metode ini akan lebih banyak bermanfaat jika diterapkan secara bersamaan.

ABSTRACT

Arabic learning in high education in Daari Al-Qur'an wa al-Hadits Nahdlatul Wathan Anjani Islamic Boarding School Esta Lombok, how the program is done, what media are used, what is the advantage and disadvantage and also how to solve it.

This research use descriptive qualitative approach, the explanation method is the real phenomena and taking the conclusion by the real phenomena, the source of the data namely getting information from their statement or the action and documentation

Research instrument: research, interview guiding, observation statement inside and outside the campus, documentation, and the lecturer comment. For the data presentation use: data presentation, data tabulation and data analysis used critical analysis. For the data validity and the credibility are involving the researcher in some of the activity, triangulation, discussion, negative condition analysis use data analysis. The explanation of the discussion emphasis on: Method used in the Arabic learning namely A. Qowa'id wa al terjamah method, the method consist of: (1) memorizing Qawa'id outside of the head, (2) Emphasizing on translation by the local language (4) the material covers some Nahwu book, dictionary and text (5) Standard text are classical book or traditional book about Islamic religion. And the weakness of from this method are (1) this method emphasizing on the grammatical without practice in conversation. (2) this is emphasizing on Qiro'ah competence (3) vocabulary, grammar sometimes not used in Arabic contemporary. (4) The student's energy is forced with the Arabic grammar. B. Qiro'ah method consist of (1) it is jus emphasizing on writing language (2) giving motivation to the students to read a lot, because the students will get grammatical practice when they read. And the weakness of this method are: (1) it just implements in reading aspect (2) it is not emphasizing on the conversation (3) it does not cover to the whole competence. So that can be taken some step in order to make the students of Qur'an wa al- Hadits Nahdlatul Wathan Anjani can overcome the weakness from both of methods by combining hem, because both of those method will give a lot of advantages if it is implemented.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Lubis, Torkis and Ibrahim, Muhammad Sa’ad
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDLubis, TorkisUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDIbrahim, Muhammad Sa’adUNSPECIFIED
Keywords: Pembelajaran; bahasa Arab; metode qawa'id wa al-terjemah; metode qiro'ah; Learning; Arabic; Qawa'id WA AL-terjamah method; and qiro'ah method
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 18:45
Last Modified: 03 Jan 2018 10:48
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5865

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item