Responsive Banner

Pengaruh biaya bauran promosi terhadap omzet penjualan pada Kopma Universitas Brawijaya

Triono, Djoko (2003) Pengaruh biaya bauran promosi terhadap omzet penjualan pada Kopma Universitas Brawijaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
99160722.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan promosi merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Untuk dapat memasarkan produknya agar dapat sampai ketangan konsumen, berbagai jenis promosi meliputi (periklanan, promosi penjualan, personal selhng, pztblisilas dan hubungan masyarakat) dilakukan perusahaan sehingga keberadaan produk/jasa dari perusahaan akan dapat diketahui konsumen/masyarakat. Sehingga dengan pelaksanaan bauran promosi yang tepat, maka hasil/Omzet penjualan serta laba yang diperoleh perusahaan juga maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut maka KOPMA Universitas Brawijaya Malang perlu usaha untuk memperkenalkan barang/jasa yang ditawarkan agar dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli (promosi)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan bauran promosi, biaya bauran promosi, Omzet penjualan, pengaruh biaya bauran promosi secara bersama-sama dan terpisah terhadap Omzet penjualan, biaya bauran promosi yang paling dominan terhadap dalam meningkatkan Omzet penjualan pada tahun 2001 sampai 2002.

Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan bauran pemasaran yang dilaksanakan KOPMA Universitas Brawijaya Malang meliputi (1) Periklanan dalam kegiatannya menggunakan tabloid kampus, kalender, papan nama (2) Promosi penjualan dalam kegiatannya menggunakan diskon, kupon hadiah, pameran (3) Publisitas dan hubungan masyarakat dalam kegiatannya menggunakan pembinaan kepada anggota dan non anggota.

Hasil penelitian dari analisa diperoleh biaya bauran promosi yang dikeluarkan (a). Rp.6851752,(b) Rp.8200874, (c) Rp. 7169455, (d) Rp. 7945764, (e)Rp. 7525987, (f). Rp. 9050525, (g) Rp. 10702873, (h) Rp. 8576545.Hasil Omzet penjualan KOPMA Universitas Brawijaya Malang (a) Rp. 65677368 (b) Rp. 84205980 (c) Rp. 68725793 (d) Rp. 77747789 (e) Rp.70545008 (f) Rp.93517853 (g) Rp. 114370376 (h) Rp.87444588

Ada pengaruh yang kuat dan signifikan antara biaya promosi dengan Omzet penjualan dibuktikan dengan analisis regresi dan diperoleh hasil taraf signifikan sebesar 0,995dan koefisien determinasi r 2 adalah 0,990 sedangkan bauran promosi yang paling dominan terhadap Omzet penjualan adalah pada periklanan (Xi) dengan al adalah 13.191

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Jamalullail, Jamalullail
Keywords: Biaya Bauran Promosi; Omzet
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Indar Erdiana
Date Deposited: 11 Dec 2023 14:25
Last Modified: 11 Dec 2023 14:25
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/58625

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item