استخدام طريقة الإستجابة الجسدية الكاملة لتنمية مهارة التعبير التحريري (دراسة إجرائية في المدرسة ماس الثناوية – دونجورو تامان سيدوحارجو)

Mustaufiy, Ahmad Syagif Hannany (2008) استخدام طريقة الإستجابة الجسدية الكاملة لتنمية مهارة التعبير التحريري (دراسة إجرائية في المدرسة ماس الثناوية – دونجورو تامان سيدوحارجو). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
06910001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (707kB)

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan menulis memiliki peranan yang sangat penting baik dalam kehidupan manusia sehari-hari, maupun dalam lingkungan belajar seperti di sekolah. Walaupun demikian, di lembaga-lembaga pengajaran bahasa asing pembelajaran menulis belum sepenuhnya mendapat perhatian yang cukup. Berdasarkan hasil pengamatan pendahuluan di Madrasah Aliyah MAS Dungduro Taman Sidoarjo, peneliti memperoleh temuan bahwa kemampuan menulis siswanya, khususnya pada kelas 1, masih relatif rendah dan perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Hal ini dikarenakan mereka tidak mengikuti kegiatn pembelajaran dengan efektif. Hal ini juga dilatar belakangi oleh kurangnya kreatifitas guru dalam memilih metode pembelajaran menuils yang menarik dan variatif.

Berdasarkan hal tersebut, peneliti berinisiatif mengadakan penelitian tentang pembelajaran menulis menggunakan metode Total Physical Response (TPR) di Madrasah Aliyah MAS Dungduro Taman Sidoarjo Kelas 1 sebagai upaya solusi permasalahan di atas. Melalui penelitian ini, peneliti ingin menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yaitu : Sejauh mana efektifitas metode Total Physical Response (TPR) dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas I Madrasah Aliyah MAS Dungduro Taman Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas pembelajara menulis serta meningkatkan kemampuan menulis siswa di sekolah tersebut.

Dalam pelaksanaannya, peneliti menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses ini berlangsung selama dua siklus atau lima tatap muka. Penelitian ini berjalan mengikuti alur sebagaimana yang diungkapkan oleh Lewin yaitu : (1) Studi Pendahuluan, (2) Perencanaan Tindakan, (3) Pelaksanaan Tindakan disertai pengamatan dan evaluasi, serta (4) Refleksi.

Adapun hasil penelitian ini adalah: Metode Total Physical Response (TPR) mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas I Madrasah Aliyah MAS Dungduro Taman Sidoarjo. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata perolehan belajar siswa tiap siklus, yaitu 52,58 pada pra-siklus, 74,85 pada siklus pertama, dan 83,76 pada siklus kedua.

ABSTRACT

As matter of fact, writing skill has an important rules in human life and at education environment. In spite of that, writing skill doesn't get proper attention yet in foreign language teaching programs. Based on the beginning observation at Islamic Senior High School MAS Dungduro Taman Sidoarjo, the researcher found that the writing skill of first year students at that school is on low level, and need to be improved and developed because the students didn't participate the lesson effectively. There are several factors which are cause it, but the principle one is the creativeless of the teacher in choosing the suitable teaching methods or using the teaching method without variations.

Therefore, the researcher initiates to solve these problems by doing a research about improving writing skill through Total Physical Response Method (TPR) at The First Year Student of Islamic Senior High School MAS Dungduro Taman Sidoarjo. Through this research, the researcher want to answer the question : How far the effectiveness of Total Physical Response (TPR) Method to improve writing skills at The First Year Student of Islamic Senior High School MAS Dungduro Taman Sidoarjo ? This research aims to improve and develope the effectiveness of writing skill's teaching and to improve the student's writing skills at that school.

The design of this research is Classroom Action Research (CAR). The researcher has completed it in 2 cycles or 5 meetings. According to Lewin's version, this research works on these cycles/steps : (1) Reconnaissance, (2) planning, (3) actions (observed and evaluated), and (4) reflections.

The result of this research is : Total Physical Response Method (TPR) can improve the writing skill at at first year students of Islamic Senior High School MAS Dungduro Taman Sidoarjo. It described on the rising of final test score gradually from pre-class actions and in each cycle after class actions. The student's average score has risen from 52,58 in pre-test to 74,85 in first cycle and become 83,76 in second cycle.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Lubis, Torkis and Ibrahim, Faisol Mahmoud Adam
Keywords: Total Physical Response; TPR; Metode Pengajaran; Keterampilan Menulis; Total Physical Response; TPR; Teaching Methodology; Writing Skill.
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:45
Last Modified: 29 Dec 2017 02:59
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5860

Actions (login required)

View Item View Item