Safiuddin, Safiuddin (2003) Strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan: Studi Kasus Koperasi Karyawan Persero PT. Brantas Abibraya Usaha Braya "KOSABRA" Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00160212.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam menghadapi kondisi lingkungan dunia usaha khusus dibidang perdagangan retail, maka perusahaan dituntut untuk melakukan berbagai strategi yang sesuai dengan perubahan lingkungan yang terjadi. Perusahaan perlu mempertimbangkan kepentingan ini dengan menciptakan suatu strategi bisnis yang tidak hanya disesuaikan dengan kondisi perusahaan, namun juga harus dipadukan dengan pengalaman serta nilai-nilai strategi yang telah diterapkan oleh pesaing. Dengan demikian strategi lebih mengarah pada penentuan bagaimana perusahaan akan bersaing dalam bisnis tertentu dan mampu menempatkan diri di antara para pesaing yang memungkinkan perusahaan untuk memperoleh keunggulan kompetitif terhadap pesaing. Oleh karena itu penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran stratgi pemasaran yang selama ini dilakukan pada unit swalayan Kosabra dalam meningkatkan pendapatan.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu memerikan gambaran tentang keadaan tertentu yang sebenarnya. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus, yaitu penelitian dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, dalam hal ini adalah pada unit swalayan Kosabra Malang. Bila dihubungkan dengan judul penelitian ini maka tujuannya ialah menggambarkan strategi pemasaran yang selama ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan. Melalui analisis terhadap data-data kualitatif yang selama peneliti mngadakan observasi dan interview.
Hasil penelitian yang diperoleh, berdasarkan analisa SWOT dapat di identifikasi berdasarkan kekuatan dan peluang yang di miliki Unit Swalayan Kosabra, dapat dikembangkan dalam rangka lebih memperluas pemasarannya. Sedangkan berdasarkan Kelemahan dan Ancaman terhadap Unit Swalayan Kosabra, pihak perusahaan dapat meminimalkannya melalui penerapan strategi-strategi pemasaran. Dalam hal ini, strategi-strategi pemasaran tersebut adalah strategi penantang pasar (market challenger), yang meliputi strategi pemotongan harga, strategi produk murah, strategi promosi dan strategi pelayanan. Sedang strategi yang kedua strategi bauran pemasaran, yaitu strategi produk yang dijual, strategi penetapan harga, strategi tempat, dan strategi promosi. Dengan menerapkan strategi penantang pasar dan bauran pemasaran tersebut diharapkan bisa menciptakan keunggulan gun،٦ merebut pasar. Terutama hal ini diterapkan para perusahaan pengecer dikota Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Slamet, Slamet |
Keywords: | Pemasaran; Strategi; Pendapatan |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Indar Erdiana |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:46 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:46 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/58599 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |