Responsive Banner

تطوير مهارة الكلام بالمدخل التقني في مدرسة الثنوية المعارف سنجاساري مالانج

Muhammad Abdullah, Charis (2007) تطوير مهارة الكلام بالمدخل التقني في مدرسة الثنوية المعارف سنجاساري مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
05910007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang mengikuti kurikulum Madrasah Aliyah yang ditetapkan oleh Departemen Agama Republik Indonesia. Sejak tahun pelajaran 2004­2005, Madrasah ini menggunakan kurikulum yang bertumpu pada kemampuan siswa yang sekarang disebut KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Mayoritas siswa di Madrasah tersebut mengerti ungkapan bahasa Arab melalui mendengar, membaca, dan menulis, akan tetapi berdasarkan pengamatan peneliti mereka tidak dapat berbicara bahasa Arab secara komunikatif, padahal mayoritas mereka tinggal di beberapa pesantren di kota itu dan juga mempelajari bahasa Arab di dalamnya.

Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti di dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).

Tujuan­tujuan penelitian ini adalah mengembangkan keterampilan berbicara siswa dengan pendekatan berbasis media, untuk mengetahui cara implementasi pendekatan berbasis media di dalam pengajaran keterampilan berbicara, dan juga untuk mengetahui sejauh mana efektifitas pendekatan berbasis media di dalam pengajaran keterampilan berbicara.

Hasil penelitian ini adalah: bahwasannya proses belajar mengajar dengan pendekatan berbasis media mempunyai efektifitas di dalam peningkatan semua keterampilan berbahasa khususnya di dalam peningkatan keterampilan berbicara, dan keberhasilan para siswa di dalam peningkatan kemampuan keterampilan berbicara dengan pendekatan berbasis media berada pada tingkat yang baik sekali sekira banyak dari mereka memperoleh nilai yang baik sekali dan merekapun senang dengan penggunaan pendekatan berbasis media.

Adapun saran­saran penelitian bagi Madrasah Aliyah Almaarif Singosari dan guru­guru bahasa Arabnya adalah: (1) merencanakan ulang tujuan­tujuan umum pengajaran bahasa Arab yang sesuai bagi para siswa, tingkat kebutuhan mereka, dan lingkungan pengajaran, (2) menyiapkan materi­materi pelajaran yang sesuai dengan tujuan­tujuan dan lingkungan pengajaran, (3) lebih memberdayakan para siswa di dalam pengajaran dengan mengembangkan kemampuan para guru di dalam berbagai metode pengajaran dan menyiapkan media­media pengajaran.

ABSTRACT

Islamic senior high school of Almaarif Singosari Malang uses curriculums of Islamic senior high school decided by Department of Religious Affairs. Since academic year 2004­2005, the school has been using curriculum which is based on student's ability, now called KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Based on researcher's observation, most students in the school understand Arabic expressions though listening, reading and writing, but they cannot speak Arabic fluently, although most of them are living in Islamic boarding house and are learning Arabic there.

This research used qualitative approach, and the type was classroom action research. Research's objectives are (1) to improve student's speaking skill though media­based approach, (2) to know how to implement media­based approach in
speaking skill teaching, and (3) to know the effectiveness of media­based approach in speaking skill teaching.

This research came to conclusion that teaching and learning process though media­based approach is effective in improving language skill especially speaking, because many of student's gained high scores and they enjoyed learning.

There are suggestions for the school and it's Arabic teachers : (1) rearrange the objectives of Arabic lesson, based on need analysis, (2) prepare teaching materials, and (3) improve teaching–learning process through improving teachers quality on methods and media.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Jauhar, Nasaruddin Idris
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDJauhar, Nasaruddin IdrisUNSPECIFIED
Keywords: Pengembangan; Keterampilan Berbicara; Pendekatan Berbasis Media; Improving; Speaking Skill; Media ­Based Approach
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 18:45
Last Modified: 28 Dec 2017 14:47
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5857

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item