Rahmawati, Yuyun (2001) Strategi membangun minat nasabah penabung pada Baitut Tamwil Muhammadiyah An-Nur Bandung Tulungagung: Studi kasus pada BTM An-Nur Bandung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Full text)
97260441.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Strategi Membangun Minat Nasabah Penabung pada Baitut Tarnwil Muhammadiyah An-Nur Bandung Tulungagung merupakan cara untuk menarik jumlah nasabah, meningkatkan serta mempertahankan jumlah nasabah. Strategi ini untuk menciptakan rasa senang masyarakat terhadap Lembaga Keuangan Islam. Selain itu cara yang dilakukan ini efisien dibidang biaya serta efektif dibidang pemasaran. Dari strategi ini akan tampak minat nasabah mendatangi BTM atas dasar paksaan atau atas dasar ketertarikan terhadap BTM, selain itu strategi tersebut akan dapat melihat perkembangan dari BTM dari tahun ketahun.
Penelitian ini dengan jenis studi kasus dan bersifat kualitatif eksploratif, yaitu dengan mengembangkan atau melukiskan sejumlah variabel yang berhubungan dengan masalah-masalah penelitian, tanpa mempersoalkan hubungan antar variabel.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara apa yang dilakukan oleh BTM untuk dapat menarik, meningkatkan dan mempertahankan jumlah nasabah, dengan persaingan yang ada di pasar bisnis sekarang yang semakin pesat. Dan sejauh mana keberhasilan dari strategi tersebut di pergunakan oleh pihak BTM.
Untuk menganalisis data yang didapat dari penelitian dilakukan dengan analisis isi yaitu penelitian untuk membuat inferensi-inferensi yang dapat ditiru dan kebenaran data dengan melihat dan memperhatikan konteksnya. Analisis isi ini mencakup prosedur-prosedur khusus untuk memperoleh data ilmiah sebagaimana semua teknik penelitian, cara ini bertujuan memberikan pengetahuan, membuka wawasan baru, menyajikan fakta praktis pelaksanaannya.
Hasil penelitiannya yaitu strategi membangun minat nasabah dapat diterapkan dengan baik, dengan semakin meningkatnya jumlah nasabah dan perkembangannya yang semakin pesat dari waktu kewaktu serta semakin luas jangkauannya sampai keluar wilayah.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahawa BTM merupakan lembaga keuangan dengan sistem syari'ah yang bergerak di bidang pengembangan harta, pengolahan dana dan penggali dana. Dengan pelayanan yang memuaskan nasabah, menjadikan BTM di percaya oleh masyarakat. Selain itu struktur organisasi yang berjalan seperti dalam pedoman semakin menambah kepercayaan dan keberanian nasabah untuk menginvestasikan dananya. Berbagai
macam cara yang dilakukan untuk tetap survive dan dapat bersaing dengan lembaga yang sejenis.
Berdasarkan kesimpulan diatas hendaknya BTM An-Nur tetap mempertahankan usaha untuk meningkatkan, menarik mempertahankan nasabah selain itu juga harus dibuat strategi baru yang lebih inovatif supaya pada saat nasabah mulai jenuh, BTM An-Nur telah siap dan mampu untuk terus bersaing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Yunus, Jamal Lulail |
Keywords: | strategi minat nasabah penabung |
Departement: | Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 08 Dec 2023 13:30 |
Last Modified: | 08 Dec 2023 13:30 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/58553 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |