Herlika, Herlika (2006) Analisis LKS mata pelajaran ekonomi kelas X berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi di MAN Malang 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02160044.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam kegiatan pembelajaran berbagai media digunakan dan salah satu di antaranya adalah Lembar Kerja Siswa. Dari kajian pustaka diketahui LKS merupakan salah satu media kegiatan belajar mengajar yang berupa lembaran berisi tugas dan langkah-langkah penyelesaiannya untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar. Keadaan demikian menuntutt adanya suatu pengkajian atau analisis terhadap berbagai aspek dalam LKS, sehingga LKS dapat digunakan secara efektif dan efisien dalam kegiatan pembelajaran. Bertolak dari latar belakang tersebut, masalah-masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut (1) Bagaimanakah kesesuaian isi LKS ekonomi yang digunakan kelas X MAN Malang I dengan kompetensi dasar dalam KBK?, (2) Bagaimanakah konsistensi rangkuman LKS ekonomi kelas X MAN Malang I?, (3) Bagaimanakah konsistensi soal atau latihan LKS ekonomi kelas X MAN Malang I?,
Penelitian ini disebut penelitian evaluasi non-hipotesis yang menggunakan dokumen sebagai objek kajian. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan non-hipotesis. Data atau sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah LKS yang digunakan oleh guru dan siswa di MAN Malang I, adapun LKS yang digunakan adalah LKS semester genap 2006 dan LKS semester gasal 2006/2007 dimana pokok bahasan atau sub pokok bahasan dari tiap LKS dijadikan sumber data. Instrumen penelitian, peneliti sendiri sebagai instrumennya yang menggunakan teknik non tes dengan menggunakan metode dokumentasi. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data telaah dokumentasi, dan selanjutnya teknik analisis data adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif (Content Anatisys).
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Isi LKS ekonomi yang digunakan kelas X MAN Malang I semester gasal 2006/2007 sudah sesuai dengan kurikulum 2004 begitu juga untuk LKS semester genap 2006 sudah sesuai dengan kurikulum 2004 (2) konsistensi rangkuman dalam LKS ekonomi yang digunakan oleh kelas X MAN Malang I bahwasanya dalam LKS tidak tersedia rangkuman pada akhir pokok bahasan atau sub pokok bahasan melainkan pada setiap akhir pokok bahasan atau sub pokok bahasan diakhiri dengan Soal atau latihan yang berupa uji kompetensi dan evaluasi baik itu LKS semester gasal 2006/2007 maupun LKS semester genap 2006/2006, (3) konsistensi soal atau latihan dalam LKS ekonomi kelas X yang digunakan oleh MAN Malang I sudah sesuai dengan materi atau uraian pembahasan yang diharapkan dalam kompetensi dasar kurikulum 2004
Peneliti menyarankan agar para penyusun dan evaluator serta instansi pemerintah dalam menerbitkan LKS sekolah menengah atas atau MA yang sederajat khususnya lebih memperhatikan kekurangan pada unsur-unsur isi LKS sehingga dapat sesuai dengan kurikulum dan fungsi-fungsi pada masing-masing LKS. Sedangkan kepada guru dan siswa sebagai pemakai LKS hendaknya dalam memilih LKS benar-benar teliti dan lebih memperhatikan kesesuaian LKS dengan kurikulum yang berlaku terutama pada ketersediaan rangkuman, soal atau latihan serta ilustrasi sampulnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat |
Keywords: | Analisis; LKS; Ekonomi |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 10:09 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 10:09 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/58536 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |