أنجع الوسائل المعاصرة في تعليم المفردات العربية (دراسة المقارنة عن استخدام الفيلم والحاسوب في التعليم المفردات العربية)

Akit Jauhari, Qomi (2007) أنجع الوسائل المعاصرة في تعليم المفردات العربية (دراسة المقارنة عن استخدام الفيلم والحاسوب في التعليم المفردات العربية). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04910008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kosa kata (mufrodat) adalah unsur penting dalam bahasa yang terkandung di dalamnya makna-makna dan penggunaan kata pada bahasa dari orang yang berbicara atau dari penulis. Seseorang akan bertambah kemahiran bahasanya jika kosa kata(mufrodat) nya bertambah, karena kemampuan kemahiran bahasa seseorang terletak pada Kosa kata (mufrodat) yang dia kuasainya.

Sesungguhnya pembelajaran Kosa kata (mufrodat) membutuhkan media pembelajaran untuk membantu penguasaan kosa kata (mufrodat) para siswa. Media pembelajaran bahasa adalah kebutuhan penting yang harus digunakan pengajar dalam mempermudah pembelajaran bahasa asing. Pembelajaran bahasa Arab pada masa lampau menggunakan media pembelajaran yang sederhana untuk membantu pengajar dalam menyajikan materi-materi pelajaran, seperti : papan tulis, papan dan gambar tidak bergerak.

Pembelajaran modern membutuhkan media pembelajaran berteknologi modern dan metode pembelajaran yang variatif di sekolah-sekolah baik di MA (SMA), MTs (SMP) maupun MI (SD). Di antara media pembelajaran modern pada pembelajaran kosa kata (mufrodat) bahasa Arab yaitu pembelajaran kosa kata (mufrodat) bahasa Arab melalui film, yang mempelajari kosa kata (mufrodat) dengan menyaksikan film berbahasa Arab. Dan pembelajaran kosa kata (mufrodat) bahasa Arab melalui komputer, yang mempelajari di dalamnya program-program kebahasaan atau permainan yang telah diprogram.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran kosa kata (mufrodat) bahasa Arab melalui film dan komputer pada dua kelompok yang sama. Kemudian menganalisanya setelah diadakan pra-test dan post-test untuk mengetahui media pembelajaran yang paling baik antara film dan komputer. Hasil dari penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran kosa kata (mufrodat) bahasa Arab di Madrasah Aliyah “Al- Hidayah” Wajak-Malang, begitu juga pada sekolah-sekolah yang lain.

Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian experimen. Instrumen penelitian : observasi, ujian dan angket. Sedangkan metode menganalisa data yaitu dengan menganalisa materi dan hasil experimen. Dan bentuk analisa data pada penelitian ini adalah bentuk statistik berdasarkan kesimpulan (konklusi). Analisa tingkat perbedaan nilai pembelajaran dua kelompok dengan menggunakan t-test.

Hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran kosa kata (mufrodat) bahasa Arab di Madrasah Aliyah Madrasah Aliyah “Al-Hidayah” Wajak-Malang menggunakan film lebih baik dari pada pembelajaran kosa kata (mufrodat) bahasa Arab dengan media pembelajaran yang lama dengan t=14 perinciannya 15% baik sekali, 75% baik dan 10% memuaskan. Dan pembelajaran kosa kata (mufrodat) bahasa Arab di Madrasah Aliyah Madrasah Aliyah “Al- Hidayah” Wajak-Malang menggunakan komputer lebih baik dari pada pembelajaran kosa kata (mufrodat) bahasa Arab dengan media pembelajaran yang lama dengan t = 1,090 perinciannya 10% baik sekali, 80% baik dan 10% memuaskan.

Oleh karena itu pembelajaran kosa kata (mufrodat) bahasa Arab dengan media pembelajaran modern (film dan komputer) lebih baik dari pada pembelajaran kosa kata (mufrodat) bahasa Arab dengan media pembelajaran yang lama. Dan pembelajaran kosa kata (mufrodat) bahasa Arab melalui film lebih baik dari pada pembelajaran kosa kata (mufrodat) bahasa Arab melalui komputer dengan uji beda t=14:1,090.

ABSTRACT

The vocabulary (mufrodat) is the important matter in language, which is to be contained of means and the using of word by the speaker or the writer. Someone will be increased his language acquision if his vocabularies are increased, because the language ability of some one is depend on their comprehending.

In fact, vocabulary learning needs the learning media to help the student’s vocabulary comprehending. Language learning media is the important need that have to be used by educator in making easy the foreing language learning. Arabic language learning in the past was used a simple learning to help the educator serving lessons, as if : blackboard, board and immovable picture.

A modern learning needs sophisticated technology learning media and learning methode variatif in the schools both in senior high school (MA/SMA), junior high school (SMP/MTs) and elementry school (MI/SD). Among modern learning media on arabic vocabulary learning is through films, that study the vocabularies by watching arabic television. And arabic vocabulary learning through computers, that study language programs or already programed games.

The aims of this research is practising the arabic learning media through films and computers on two same groups. Then analyse it after helding pra test and post test to recognise the best learning media between film and computer. The result from this research is to upgrade the arabic vocabulary learning in Madrasah Aliyah “Al-Hidayah“ wajak - malang, eventhough other schools.

The research which is used by the researcher is experiment research. the instument researchs are observation, test, and questionnaire. While the analyzing data methode is by
analyzing subjects and experiment results. The data analysis on this research is statistic form based on conclusion. The derification level of two groups learning analysis is used t-test.

The result of this reseacrh is that Arabic vocabulary learning in Madrasah Aliyah “Al-Hidayah” Wajak - Malang, by using film is better than by using the old learning media with t = 14. Its specification 15 % excellent, 75% good, and 10% satisfy. Arabic vocabulary learning in Madrasah Aliyah “Al-Hidayah” Wajak - Malang, by using computer is better than using the old learning media with t = 1,090. Its specification 10% excellent, 80% good and 10% satisfy.

Therefore, The arabic vocabulary learning with modern learning media (film and computer) is better than the old arabic vocabulary learning media. And arabic vocabulary learning media through film is better than through computer with a variance test t = 14:1,090

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Syuhadak, Syuhadak
Keywords: Media Pembelajaran Modern; Pembelajaran Kosa Kata (Mufrodat); Film; Komputer; The modern learning media; The vocabulary (mufrodat) learning; Film, Computer.
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:45
Last Modified: 22 Mar 2017 11:45
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5851

Actions (login required)

View Item View Item