تطبيق التقويم الشامل في تعليم اللغة العربية في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة مالانج

Hamami, Muhammad Nidom (2007) تطبيق التقويم الشامل في تعليم اللغة العربية في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
029110010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan rancangan tindakan yang fokusnya dilaksanakan pada proses penilaian dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menerapkan penilaian otentik melalui model laporan siswa dan presentasi (penampilan siswa) di MTs negeri Malang 3. Adapaun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan penilaian otentik dengan menggunakan model laporan siswa dan presentasi (penampilan siswa) dalam meningkatkan proses dan hasil pembelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri Malang 3, dan (2) mendeskripsikan efektifitas penerapan penilaian otentik dengan menggunakan model laporan siswa dan presentasi (penampilan siswa) dalam meningkatkan proses dan hasil pembelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri Malang 3.

Subyek penelitian adalah siswa kelas VII/F MTs Negeri Malang 3, instrumen penelitian berupa pedoman interview yang dilakukan dengan kepala sekolah, angket guru dan siswa, pedoman observasi, catatan lapangan dan dokumentasi.

Adapaun hasil penelitian menunjukkan (1) efektifitas penerapan penilaian otentik untuk mengetahui dan meningkatkan kemahiran menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, (2) efektifitas penerapan penilaian otentik melalui presentasi untuk mengetahui dan meningkatkan kemahiran berbicara dan membaca siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, (3) penerapan penilaian otentik melalui laporan dan presentasi siswa dapat menumbuhkan kreatifitas siswa dalam mengapresiasikan ide secara lisan maupun tulisan serta dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran bahasa Arab.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru bahasa Arab di MTs Negeri Malang 3 agar menggunakan penilaian otentik pada proses penilaian pembelajaran bahasa Arab melalui model laporan siswa dan presentasi untuk mengetahui kompetensi siswa yang sesungguhnya dalam penguasaan keterampilan berbahasa terutama pada kemahiran berbicara dan menulis, hendaknya guru tidak terpaku pada penilaian formatif dan sumatif saja.

ABSTRACT

This research classroom action research focused on assessment process in the Arabic learning by using authentic assessment via the student report and presentation (student performance) in MTsN Malang 3. the aims at this research are (1) describing the implementation of authentic assessment by using student report model and presentation (student performance) to increase process and learning result of Arabic learning in MTsN Malang 3, and (2) describing the efectivity of the authentic assessment by using student report model and presentation (student performance) to increase process and learning result of Arabic learning in MTsN Malang 3.

The subject is the students of class VII/F MTsN Malang 3 and the instrument is interview guide with the head master, one teacher and students questionnaire, observation guide, field note and documentation.

The result showed (1) the efectivity of authentic assessment implementation to know and increase the skill of student in Arabic learning, (2) the efectivity of authentic assessment by presentation to know and increase speaking and reading skill student in Arabic learning, (3) implementation authentic assessment by report and student presentation improves the student creativity to appreciate the idea spoken as well as written and could raise the student motivation in the Arabic learning process.

Based on the result it is suggested to the Arabic teacher in MTsN Malang 3 to use authentic assessment in Arabic learning assessment process through student report model and presentation to know real ability in speaking and writing, and she not should not depend on the formative assessment and summative only.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Nasaruddin, Nasaruddin
Keywords: Penilaian Otentik; Laporan Siswa; Presentasi Siswa; Authentic Assessment; student report model; presentation
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:42
Last Modified: 22 Mar 2017 11:42
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5845

Actions (login required)

View Item View Item