تنمية دافعية الطلاب في تعليم اللغة العربية بواسطة الوسائل البصرية زات ثلاثة أبعاد

Sholihah, Mar’atus (2007) تنمية دافعية الطلاب في تعليم اللغة العربية بواسطة الوسائل البصرية زات ثلاثة أبعاد. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
05910009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (988kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pada penelitian ini peneliti memfokuskan penelitiannya pada bagaimana menigkatkan motivasi siswa kelas XC dalam mempelajari Bahasa Arab, dengan memilih media visual tiga dimensi, sebagai mediatornya, dengan harapan media tersebut efektif untuk menigkatkan motivasi mereka yang lemah atau mengatasi permasalahan yang terdapat pada kelas tersebut, dan tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti pada penelitian kali ini adalah:
1. Mengetahui bagaimanakah penggunaan media visual tiga dimensi di MAN 3 Malang
2. Mengatahui sejauh mana efektifitas penggunaan media tiga dimensi dalam meningkatkan motivasi siswa kelas XC dalam mempelajari Bahasa Arab

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang mana instrumen utamanya adalah peneliti sendiri dengan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dikarenakan pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran atau mengatasi permasalahan yang ada di suatu kelas dalam hal ini kelas XC Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang, penelitian ini dilakukan selama dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat kali tatap muka, dan untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan cara observasi, interview, angket serta dokumentasi

Hasil yang telah dicapai dari penelitian ini adalah: 1- Penggunaan Media visual tiga dimensi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang belum efektif dikarenakan sedikitnya guru bahasa Arab yang menggunakan media tiga dimensi dalam proses belajar mengajar, dan kurangnya pemahaman mereka tentang penggunaan media tersebut serta tidak adanya lokakarya yang membahas tentang pemanfaatan media tersebut. 2. Dengan melihat jumlah siswa kelas XC yang memperoleh nilai A untuk nilai afektif dan prestasi belajar Bahasa Arab mereka setelah diadakan ulangan harian pada setiap siklusnya, maka media visual tiga dimensi ini sangat efektif untuk meningkatkan motivasi mereka dalam mempelajari Bahasa Arab. 3. Media visual tiga dimensi akan sangat efektif ketika dalam penggunaanya guru mengetahui cara yang pas untuk menggunakannya serta media tersebut sesuai dengan materi dan kurikulum serta situasi siswa.

ABSTRACT

Thus, in this study, the researcher focuses on how to increase students’ motivation on that class in learning Arabic by choosing three dimensions visual media as the mediator by hoping that the media is effective to increase their low motivation and overcome the problems that occur on the class. The purposes that the researcher wants to be achieved in this study are:
1. To know the use of three dimensions visual media at
MAN 3 Malang
2. To know the effectiveness of three dimensions visual media to increase XC students’ motivation in learning Arabic

In this study, the researcher used qualitative approach which main instrument was the researcher herself while type of study was classroom action research. This method was used because the implementation of the study was to improve learning and teaching process and overcome the problems that occur on XC class at MAN 3 Malang. This study was done for two terms and each term has four times meeting. To collect the data, the researcher used interview, questionnaire, and documentation.

The results of this study are: 1. the use of three dimensions visual media at MAN 3 Malang is not effective yet because of the lack of Arabic teacher that use the media and lack of knowledge about the media also there is no workshop about the benefit of the media, 2. Based on the amount of the XC class students that get A score for their affective score and learning Arabic language achievement, after I give the students test in certain period so three dimensions visual media is very effective to increase their motivation in learning Arabic. 3. Three dimensions visual media is very effective when the teacher know how to use it properly and those media are suitable with the materi, curriculum and students condition.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sholih, Syuhadak
Keywords: Meningkatkan; Motivasi Siswa; Media Visual Tiga DimensiIncreasing; Students; Motivation through; Three Dimensions Visual Media
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:42
Last Modified: 22 Mar 2017 11:42
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5843

Actions (login required)

View Item View Item