Kosbandhono, Erryk (2007) فعالية الطريقة السمعية الشفعية لترقية مهارة الكلام العربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05910005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu ketrampilan dalam berbahasa yang harus dimiliki siswa madrasah islamiyah adalah ketrampilan berbicara bahasa arab. Kita mengetahui bahwa ketrampilan berbicara itu merupakan hal yang sangat urgen dalam mempelajari bahasa. Dan juga ketrampilan berbicara itu merupakan bagian yang terpenting dalam kegiatan pembelajaran. Karena berbicara adalah aspek pertama yang dilihat ketika seseorang belajar tentang bahasa.
Metode Audio-Lingual adalah suatu metode yang mana banyak melakukan praktek-praktek dan latihan-latihan dalam berbahasa baik dalam bentuk dialog, percakapan, khitobah dan lain sebagainya yang mana diharapkan para siswa bisa berbicara seperti pemilik bahasa itu sendiri.
Madrasah Tsanawiyah Alma'arif Singosari Malang sebagai salah satu tempat untuk pembelajaran bahasa arab yang mana di madrasah ini di galakkan pengembangan kebahasaan dengan mengacu kepada empat ketrampilan: istima', kalam, qiro'ah dan kitabah. Mayoritas siswa di madrasah itu memahami bahasa arab hanya dengan istima', qiro'ah dan kitabah saja. Akan tetapi lemah dalam berbicara bahasa arab. Karena sebagian besar para siswa itu bertempat tinggal di pesantren yang hanya mempelajari bahasa arab dari segi kebahasaannya, bukan dari segi berbicaranya. Melihat fenomena diatas, maka peneliti ingin menerapkan metode audio-lingual untuk membantu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab mereka.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan pengetahuan tentang efektifitas metode audio-lingual dalam ketrampilan berbicara dan menghasilkan pengetahuan tentang tingkat keberhasilan metode audio-lingual dalam mengembangkan kemampuan berbicara bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Al-Maarif Singosari Malang, sementara sampelnya dibatasi pada siswa kelas 2. (2E & 2B)
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif yang mencakup hasil percakapan siswa dalam pembelajaran kalam dengan metode audio-lingual, sementara desain penelitiannya adalah penelitian eksperimen yang melakukan uji coba keberhasilan dalam bidang kalam dengan metode yang dimaksud.
Adapun hasil-hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode audio-lingual dalam pembelajaran kalam mempunyai nilai yang diterapkan metode audio-lingual menghasilkan rata-rata nilai yang baik = 52% dan sangat baik = 48% dan tingkat keberhasilannya menempati angka signifikan. Adapun kelas yang tidak memakai metode audio-lingual atau kelas kontrol hanya menghasilkan nilai rata-rata yang cukup = 37% dan baik = 63%.
ABSTRACT
Speaking is one skill of skills in language. In arabic, speaking is categorized in skill which is easy. But, almous of students islamic in Indonesia can't be speaking arabic well. Actually, we need such of practices and applied the dialogue with others.
The Audio-Lingual Method, or the Army Method or also the New Key, is a style of teaching used in language instruction. It is based on behaviorist ideology, which professes that certain traits of living things, and in this case humans, could be trained through a system of reinforcement-correct use of a trait would receive positive feedback while incorrect use of that trait would receive negative feedback.
Islamic Yunior High School Almaarif Singosari Malang applies Islamic Yunior High School curriculum determined by Department of Religion Indonesia. Most of students in this school recognize how to listen , read, and write Arabic language. Nevertheless, based on the explore done by the researcher they can not speak Arabic language, pupils realize the meaning of what they have talked or they have written, but after speaking Arabic they can not speak using Arabic communicatively, whereas most of them stay in cottage and learn Arabic language in it.
The functions of this kind of research is to produce some knowledge about audio-lingual method activity in the speaking learning and also it can produce some knowledge about successfulness level in the audio-lingual method in the developing of the composition skill in the Islamic Yunior High School of Almaarif, Singosari abd the sample we give special limitation to the students in II class (II B & II E).
The research which is used to analyes is quantitative research which cover the student's worksheet in the speaking learning by audio-lingual method, while the research design is experiment research which is done by trying the quality of the composition with this kind of method.
The result which was got from this kind of research is that application of the audio-lingual method in the speaking skill has effective value and the succesfullness level, and it takes place in the significant rate. The class with is applied by using audio-lingual method is better than another class which is not applied audio-lingual method. It can be proved that the class which used audio- lingual method the score on the average = 52% and top average = 48%, and the class which is without any control just get the score in the standard = 37% and average = 63%.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Syuhadak, Syuhadak | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Audio-Lingual; Pembelajaran; Ketrampilan Berbicara; Audio-Lingual; Method; Learning; Speaking Skill | ||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | ||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2017 18:43 | ||||||
Last Modified: | 22 Mar 2017 18:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5840 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |