تنمية مهارة الكلام باستخدام البطاقات في المعهد العصري غونتور الثالث "دار المعرفة" كديري

Muhammad Ridha, Assegaf (2007) تنمية مهارة الكلام باستخدام البطاقات في المعهد العصري غونتور الثالث "دار المعرفة" كديري. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04920014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (437kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif eksperimen, dikatakan diskriptif karena penelitian ini mendiskripsikan strategi pembelajaran kalam dengan metode kartu, data-data dan informasi diamati dan ambilkan secara langsung di tengah-tengah berlangsungnya proses belajar mengajar . Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen, yakni suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variable tertentu terhadap variable yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Pada rancangan ini, ada kelompok eksperimen dan ada kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen dalam belajar materi kalam menggunakan metode kartu, adapun pada kelompok kontrol menggunakan metode tradisional.

Peneliti mengambil satu kelas sebagai populasi penelitian, dibagi 2 kelompok, 12 siswa pada kelompok eksperimen dan 12 siswa sebagai kelompok kontrol, sampelnya diambilkan dari kelas V dengan jumlah 24 siswa.

Hasil dari penelitian bahwa dalam pembelajaran kalam dengan menggunakan metode kartu merupakan metode yang menarik, hal ini siswa bersemangat dan sangat memperhatikan materi pelajaran, mereka tidak malas, dan mereka mendapatkan hasil yang maksimal. membantu peningkatan ketrampilan lain, seperti kemampuan menghafal, imla’ dan insya’. Metode ini juga sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara, dengan melihat dari hasil t-test : t hitung = 2.885 sedangkan t tabel = 2.074 . Karena t hitung lebih besar dari t tabel, maka Ho ditolak, artinya memang ada perbedaan yang signifikan antara kompetensi berbicara siswa yang belajar dengan menggunakan metode kartu dengan siswa yang belajar dengan mengunakan teknik tradisional.

Sebagian kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran kalam dengan menggunakan metode kartu adalah guru terkadang kesulitan dalam memilih materi kalam, juga membutuhkan biaya dalam mempersiapkan kartunya sebelum pembelajaran dimulai.

Temuan dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode kartu dalam pembelajaran kalam adalah metode menarik yang cocok untuk meningkatkan kemampuan bahasa secara menyeluruh, dan metode ini juga sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan dalam penguasaan kalam/berbicara.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Murtadho, Nurul
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:43
Last Modified: 22 Mar 2017 11:43
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5827

Actions (login required)

View Item View Item