تدريس مهارة الكلام على أساس المفردات لطلبة المدرسة العالية الإسلامية الحكومية الأولى بمالانج

Syarifuddin, Syarifuddin (2007) تدريس مهارة الكلام على أساس المفردات لطلبة المدرسة العالية الإسلامية الحكومية الأولى بمالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04910011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah Aliyah 2006 untuk mata pelajaran Bahasa Arab menargetkan siswa menguasai 750 kosa kata, dengan rincian 250 kosa kata untuk setiap tahun. Berdasarkan pengamatan, siswa kurang menguasai kosa kata sehingga kemampuan mereka dalam berbicara Bahasa Arab rendah. Oleh karena itu, diperlukan teknik pengajaran yang efektif. Itulah sebabnya penelitian ini dilakukan, dengan judul "Pengajaran Kemahiran Berbicara Berbasis Kosa Kata untuk Siswa Madrasah Aliyah Negeri Malang I". Pengajaran ini menggunakan empat macam kartu warna-warni untuk kosa kata, gambar, angka dan simbol angka.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang pengajaran dan kemampuan siswa dalam kemahiran berbicara sebelum dan sesudah pengajaran kemahiran berbicara berbasis kosa kata, dan juga tentang efektifitasnya.

Penelitian eksperimen ini menggunakan pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan pengajaran kemahiran berbicara berbasis kosa kata, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pengajaran kemahiran berbicara yang tidak berbasis kosa kata.

Populasi Penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Negeri Malang I tahun ajaran 2006-2007 yang berjumlah 694 siswa. Berdasarkan beberapa tujuan dan pertimbangan maka sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas X B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 siswa dan kelas X C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa.

Hasil pre test, post test, dan t-test setelah pengajaran kemahiran berbicara berbasis kosa kata menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar. Dengan kata lain pengajaran kemahiran berbicara berbasis kosa kata efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Pengajaran kemahiran berbicara berbasis kosa kata ini menjadikan penguasaan kosa kata siswa meningkat, mempermudah dan mempercepat siswa mampu berbicara. Keefektifan ini ini disebabkan karena motivasi, gairah dan kepercayaan diri siswa dalam berbicara meningkat.

ABSTRACT

The 2006 Curriculum (KTSP) for Arabic Language in Islamic Senior High School states that a student should master 750 vocabularies during three years in that level, with 250 vocabularies each year. As observed by the researcher, most students lack of mastery in vocabularies. Consequently, they are poor in speaking. This condition needs to be solved. Therefore, this study was conducted to offer an effective technique in teaching speaking. The title of this study is "Lexicon Based Teaching Speaking for Students of The State Islamic Senior High School of Malang I". Colourful flash cards were used for vocabularies, pictures, numbers and symbols of numbers.

This study aims at describing both of teaching and students' skill in speaking before lexicon based teaching speaking was applied and the effectiveness of using this technique.

This experiment research used pre test and post test. An experiment class applied lexicon based teaching speaking, while control class applied traditional technique.

This population of this study was students of The State Islamic Senior High School of Malang 2006-2007 which consists of 694 students. Purposive random sampling was used, 37 students of ten B as control, and another ٤٠ students of ten C as experiment.

After lexicon based teaching for speaking, through pre test, post test and t- test, the researcher concluded that there is significance correlation between lexicon based teaching speaking and students' skill in speaking. In other word, lexicon based teaching speaking is effective to improve speaking skill.

Lexicon based teaching speaking made the students rise up their vocabularies, easy to speak and accelarate them to this skill. The researcher concluded that those happened because of the rise of their motivation, enthusiasm, and self confidence in speaking.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Murtadho, Nurul
Keywords: Pengajaran Kemahiran berbicara; Berbasis Kosa Kata; Teaching speaking skill; lexicon based
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:43
Last Modified: 22 Mar 2017 11:43
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5824

Actions (login required)

View Item View Item