Responsive Banner

تقويم المحتوى الثقافي في سلسلة العربية العربية بين يديك

Nurcholis, Ahmad (2007) تقويم المحتوى الثقافي في سلسلة العربية العربية بين يديك. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
03910002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penulisan thesis ini adalah untuk mendeskripsikan muatan budaya pada buku paket Al­Arabiyah Baina Yadaika dan sejauh mana pemahaman siswa terhadap muatan budaya tersebut. Obyek penelitian dari thesis ini adalah para siswa kelas X A MA Al­Hidayah Wajak Malang sejumlah 46 siswa.

Alasan pemilihan sekolah ini adalah MA Al­Hidayah Wajak sebagai Madrasah unggulan di Malang akan tetapi pengajaran bahasa Arab seringkali tidak selesai pada waktu yang telah ditentukan, dikarenakan pemahaman siswa terhadap budaya Arab yang kurang baik. Untuk itu peneliti mengajukan hipotesa "Pemahaman siswa terhadap muatan budaya pada buku paket Al­Arabiyah Baina Yadaika meningkat". Metode pengumpulan data menggunakan "tes" sebagai instrumennya, uji coba terhadap 46 siswa menunjukkan bahwa tes yang dibuat peneliti dengan validitas isi yang baik yakni 32, 5 % mewakili pokok bahasan muatan budaya I, dan 32,5% mewakili pokok bahasan muatan budaya II serta 35% mewakili pokok bahasan muatan budaya III. Dan realibilitas yang diuji dengan " Koefisien Alpha " dengan alasan bentuk soalnya bervariasi (tidak satu jenis saja) Dengan hasil 0,91687220 (sangat tinggi). Tingkat kesulitan dengan angka tingkat kesulitan antara 0,34 dan maksimal 0,778. Sedangkan daya beda Dengan rentangan antara 0, 082 – 0, 917.

Adapun untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap muatan budaya arab pada buku paket Al­Arabiyah Baina Yadaika, penulis membandingkan antara hasil belajar pada pre tes dan post tes. Yakni dengan hasil jumlah rata­rata post tes 90,63. Sedangkan jumlah rata­rata hasil belajar pada pre tes hanya 65, 06. Perbedaan angka tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman siswa terhadap muatan buadaya Arab pada buku paket Al­Arabiyah Baina Yadaika dengan selisih angka 25,57.

Adapun analisis terhadap prosentase pada jumlah skor siswa bertujuan untuk mengetahui pokok bahasan muaatan budaya apa yang memiliki prosentase tinggi. Hasil menunjukkan bahwa pada pokok bahasan muatan buadaya "As­ sholat" prosentase jumlah skornya tertinggi.

ABSTRACT

This thesis is to find the influence of using culture content though student learning achievement in teaching Arabic language at tent A class student of MA Al­Hidayah and also to know in which culture content has great percentage score. The research object of this thesis is tenth A class of MA Al­Hidayah Wajak with 46 students as an experiment class.

The reason of conducting research in MA Al­Hidayah Wajak is because it is considered as a superior school in Malang, but teaching Arabic language is often finished outside of the definite time.

Based on that, the researcher presents a hypothesis "The student understanding of culture content in Al­Arabiyah Baina Yadaika is high". Test as an instrument is used as method of data collection. A trial through 46 students indicates that the test which is made by the researcher has a good validity ; 32,5% represents lesson focus I, 32,5 % represents lesson focus II and 35 % represents lesson focus III. And the reliability is examined though " Koefisien Alpha " because the form of questions are various (it is not morely one form). And the result is 0,91687220 (very high). The level of difficulty is examined. And the result is expanded between 0,34 through 0,778 maximaly. The result is extended between 0, 082 – 0, 917.

And in other to know the student undestanding of culture content in Al­ Arabiyah Baina Yadaika is by using different arrange between post test 90,63. And the arrange result from pre test just 65, 06. The different 25,57 indicates that the student understanding of culture content in Al­Arabiyah Baina Yadaika is high.

The analysis through percentage of student's score is done in order to know in wich culture content has a great percentage score. And the result shows that in "As­Sholat" a culture content shows the greateat percentage score.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Jauhar, Nasaruddin Idris
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDJauhar, Nasaruddin IdrisUNSPECIFIED
Keywords: Evaluasi; Muatan Budaya; Al­Arabiyah Baina Yadaika; MA Al­Hidayah Wajak Malang; Assesment; Culture Content; Al­Arabiyah Baina Yadaika; MA Al­Hidayah Wajak Malang
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 18:41
Last Modified: 28 Dec 2017 14:38
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5817

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item