Muntamah, Lilik (2004) Aplikasi rantai markov untuk menganalisis perilaku konsumen dalam pemilihan produk deterjen di KPRI “Abadi” Kandepag kabupaten madiun. Undergraduate thesis, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Text (Fulltext)
00120023.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam era globalisasi ini persaingan dalam dunia usaha semakin ketat, sehingga setiap manajer dituntut untuk dapat menerapkan strategi pemasaran yang lebih baik agar resiko kerugian dapat dihindari tidak terkecuali KPRl ،،ABADI” Kandepag, Kabupaten Madiun. Metode riset operasi merupakan alat manajerial yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut. Salah satunya adalah rantai markov. Rantai markov adalah suatu teknik matematika yang dapat digunakan untuk pembuatan model (modelling) bermacam-macam sistem dalam proses bisnis. Teknik ini dapat digunakan untuk memperkirakan perubahan- perubahan pada masa yang akan datang dalam variabel-variabel dinamis, atas dasar perubahan-perubahan dari variabel-variabel dinamis tersebut pada masa yang lalu, variabel-variabel yang mempengaruhi pada penelitian ini adalahjumlah pembeli pada setiap periode, pertambahan dan kehilangan jumlah pembeli pada setiap periode serta jumlah pembeli tetap dalam setiap periode.
Tujuan skripsi ini adalah mengetahui langkah-langkah rantai markov dalam menganalisis masalah perpindahan merk dalam pemasaran produk deterjen sehingga dapat diketahui jumlah masing-masing merk dari produk deterjen yang harus disediakan pada periode berikutnya serta nilai masing-masing merk dari produk diterjen dalam keadaan steady State. Keadaan steady State adalah keadaan dimana baris±aris dari p(n) atau matrik probabilitas transisi cenderung identik dan A(n) atau nilai market share cenderung identik dengan baris-baris dari p(n٦.
Analisis yang digunakan dalam metode ini analisis rantai markov dan dalam perhitunganya dibantu dengan komputer program MATLAB 6. Langkah-langkah yang digunakan untuk penganalisisan yakni: penyusunan matriks nxn yang dirubah menjadi matriks probabilitas transisi (p) kemudian menghitung market share dalam keadaan steady State dengan dua cara yakni perkalian matrik probabilitas transisi yang dipangkatkan dengan market share dan perkalian matrik probabilitas transisi dengan market share. Dari hasil penelitian diperoleh data jumlah pembeli produk deterjen salama satu periode (satu bulan) sebanyak 109 konsumen. Satelah dilakukan penganalisisan didapatkan nilai masing-masing dalam keadaan steady State untuk merk R sebesar 0.5165 atau 51.65 %و merk s sebesar 0.1639 atau 16.39 %, merk A sebesar 0.1720 atau 17.20 % serta merk L sebesar 01475 atau 14.75 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Harini, Sri |
Keywords: | Rantai markov; matrik probabilitas transisi; market share |
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Matematika |
Depositing User: | Fadlli Syahmi |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 13:44 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 13:44 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/58124 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |