تحليل فعالية تدربات مهارة الكلام في كتاب العربية للناشئين دراسة في برنامج اللغة العربية والدراسات الإسلامية عبد الرحمن بن عوف بمالانج

Karimah, Etik Mamlu’atul (2006) تحليل فعالية تدربات مهارة الكلام في كتاب العربية للناشئين دراسة في برنامج اللغة العربية والدراسات الإسلامية عبد الرحمن بن عوف بمالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03910013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kemahiran berbicara merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa yang ingin dicapai dalam pengajaran bahasa modern termasuk bahasa Arab. Berbicara merupakan sarana utama untuk membina saling pengertian, komunikasi timbal balik, dengan menggunakan bahasa sebagai medianya. Kemampuan berbicara akan diperoleh dengan melakukan banyak latihan-latihan berbicara. untuk memperoleh hasil yang optimal diperlukan pendukung yang efektif demi peningkatan kemampuan berbicara.

Peserta kelas persiapan pada program bahasa Arab dan Studi Islam Abdurrahman bin ‘Auf Malang berusaha mengasah kemampuan berbicara dengan menggunakan bentuk-bentuk latihan berbicara dalam buku ajar mereka(arabiyah Lin-nasyi’in ) walaupun para pembelajar diprogram pembelajaran bahasa Arab yang lain sudah tidak menggunakan buku tersebut dalam pembelajaran bahasa arab. Hal ini yang menarik peneliti untuk mengetahui bentuk-bentuk latihan dalam buku Arabiyah lin-nasyiin, pemenuhan terhadap unsur-unsur ketrampilan berbicara dan efektivitasnya dalam peningkatan kemampuan berbicara bagi peserta program bahasa Arab dan studi Islam Abdurrahman bin ‘auf Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan cara Analisis terhadap buku ajar arabiyah lin-nasyiin jilid 1&2 yang mana didalamnya terdapat bentuk-bentuk latihan berbicara dan analisis terhadap hasil tes peserta program bahasa Arab Abdurrahman bin ‘Auf Malang pada materi hiwar yang berjumlah 14 orang. Data diperoleh dari dokumentasi dan tes siswa yang kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif.

Dari penelitian ini dihasilkan bahwa dalam buku ajar Arabiyah lin-nasyiin terdapat 6 bentuk latihan-latihan kemampuan berbicara yang tersebar diseluruh judul-judul dalam buku jilid 1&2. Dalam latihan-latihan tersebut tercakup unsur- unsur yang diperlukan dalam ketrampilan berbicara yang meliputi pengucapan, intonasi, kaidah, pemahaman dan kelancaran.

Adapun analisis terhadap efektifitas dari latihan-latihan ketrampilan berbicara pada buku arabiyah Lin-nasyiin terhadap peserta program bahasa arab dan studi Islam dihasilkan bahwa nilai yang diperoleh peserta pada tes unsur- unsur ketrampilan berbicara minimal baik. Sementara rata-rata kelas yang diperoleh oleh peserta pada tes unsur-unsur berbicara adalah 73,1%. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa latihan-latihan ketrampilan berbicara pada buku arabiyah Lin-nasyiin jilid 1&2 memiliki efektivitas yang baik, sehingga dapat dijadikan alternatif pegangan dalam melatih ketrampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Arab untuk non Arab

ABSTRACT

Ability speaks representing one of the type ability of have language to wish achieve in modern instruction of language including Arabic. Speaking representing medium of prime for cultivate mutually understanding, reciprocal communication, by using language as its media. Abilit7y speak will achievement with doing many practices of speak. For get result of optimal tobe needed by effective supporter for increase ability of speaking..

Class participation at Arabic and Islamic Study Abdurrahman Bin Auf Malang of Program try to whet abilit y speak with to use practice forms of speak in their lesson book (Arabiyah lin- nasyi’in) although the teachers in program learned of other arab language have don’t use the book in the learned of Arab language. This matter interesting of researcher to know practice forms in Arabiyah lin-Nasyi’in book, accomplishment to ability elements of speak and effectiveness in increase ability speak for participant of Arabic and Islamic study Abdurrahman Bin Auf Malang of program.

This research represent research to done by analysis method to lesson book of Arabiyah lin-nasyi’in bind 1 and 2 which in it there are practice forms to speak and analysis to result of test participant Arabic program of Abdurrahman bin ‘Auf Malang at hiwar material items amounting to14 people. Data obtained from documentations and student test which is later analyzed with descriptive analysis qualitative.

From this research is yielded that in lesson book of Arabiyah Lin-nasyi’in there are 6 practices form ability to speak which spread over in all titles in book bind 1 and 2. In the practices within elements which is needed in ability to speak covering uttering, intonation, principle, comprehension and fluency.

As for analysis to effectiveness from practice of speak ability at Arabiyah Lin-nasyi’in book to participant of program Arabic and Islamic study yielded that value by obtained participant at test at elements speak ability to minimize goodness. Whereas class mean obtained by participant at test elements of speak is 73,1 %. From this research can know that practices of ability speak at Arabiyah Lin-nasyi’in book bind 1 and 2 owning good effectiveness, so can be made by hold alternative ini training ability speak in learned Arabic to non Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Gizouli, Babakir and Lubis, Torkis
Keywords: Ketrampilan Berbicara; Efektivitas; Latihan; Ability of Speak; Effectiveness; practice
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:42
Last Modified: 22 Mar 2017 11:42
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5810

Actions (login required)

View Item View Item