Hasanah, Mamluatul (2005) إطلاع خطوات تعليم ملدة القراة في الكتاب التعليمي "العربية بين يديك" لعبد الرحمن فوزان مالآخرين منى وجهة نظر تربية اللاأمية لمستوى التعليم الثقافة (Literacy Education). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03910007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Buku Teks merupakan sumber dari materi pembelajaran yang berisi tentang ilmu dan pengalaman yang menunjang tercapainya kompetensi pembelajaran yang diinginkan. Selain itu, buku Teks juga merupakan unsur inti disamping unsur pembelajaran yang lain. Dalam program khusus PKPBA yang diadakan oleh UIN Malang buku Arabiyah Baina Yadaika ditetapkan sebaga buku ajar. Berkaitan dengan ditetapkanya Kurikulum Nasional yang berbasis kompetensi maka buku yang digunakan dalam pembelajaran apapun termasuk bahasa Arab harus sejalan dengan KBK. Berdasar hal inilah telaah Arabiyah Baina Yadaika dengan persepektif pendekatn Pendidikan Literasi ( Literacy Education) sangatlah penting, karena pendekatan inilah tang direkomendaskan oleh KBK dalam mewujudkan kompetensi bahasa. Dalam sejarah pembelajaran bahasa seringkali teks menjadi fokus pembelajaran karena itulah materi Qiroah menjadi penting untuk dicermati disetiap buku teks.
Dalam menelaah materi pembelajaran bahasa Arab yang berbentuk teks, sebaiknya yang dilihat adalah bagimana tipe teks yang ada, sebelum kemudian dilihat proses pembelajaranya.Berdasarkan hal diatas fokus penelitian ini adalah menelaah materi membaca (Qiroah) dalam buku Arabiyah Baina Yadaika dengan melihat tipe yang ada dan melihat prosespembelajaranya dengan persepektif "Literacy Education". setelah itu baru materi tersebut diolah dengan pendekatan Pendidikan Literasi, sehingga siapapun akan dapat mengolah sebuah teksdalam proses pembelajaram bahasa Arab Penelitian ini berupa study Teks dengan pendekatan Content Analysis, Diskriptif,Analisis dan Kritik,sehingga data dari penelitian ini adalah berupa teks yang diambil dari buku jilid dua. Buku jilid dua dipilih dengan alasan bahwa teks-teks yang ada didalamnya memuat jenis teks yang hampir seimbang antara teks untuk siklus lisan dan siklus tulis jika dibanding dengan kitab jilid satu dan tiga.
Dalam proses analisis dan kritis, penelitian ini hanya mengambil satu teks berbentuk percakapan dan satu teks karangan bebas, dengan asumsi sudah cukup mewakili yang lain. Setelah ditelaah secara cermat dengan pendekatan tersebut ditemukan bahwa ada 2 tipe Teks utama dalam buku Arabhyah Baina Yadaika yaitu Teks berbentuk percakapan (hiwar) dan teks yang berbentuk karangan bebas . Teks berbentuk Hiwar untuk pembelajaran siklus lisan dan Teks karangan bebas untuk pembelajaran siklus tulis. Penbelajaran materi membaca dalam buku Arabiyah Baina Yadaika hampir sempurna menerapkan pendekatan Pendidikan Literasi dalam pembelajaran bahasa. Hal ini terlihat dari hasil penelitian bahwa 2 siklus pembelajaran yaitu Lisan dan Tulis tampak pada buku ini, dan masing-masing siklus memuat 4 tahapan pembelajaran ( Building Knowledge of field, Modeling of Text, Joint Construction of Text, and Independent Construction of Text) yang direkomendashkan pendekatan Pendidikan Literasi, kecuali satu tahapan yaitu "Independent Construction of Texs" yang merupakan inti pembelajaran Bahasa.
Demikian juga 7 prinsip pembelajaran dalam pendekatan pendidikan literasi ( Interpretation, collaboration, convention, cultural knowledge, problem solving, reflection and language use) juga ditemukan, ,hanya saja prinsip Refleksi ,Pengetahuan Budaya dan Penggunanaan Bahasa belum dimaksimalkan. Padahal inilah yang menunjang terbentuknya Kompetens wacana yang merupakan inti dari kompetensi komunikasi. Penelitian ini merekomendasikan agar para pengguna Arabiyah Baina Yadaika untuk disiplin sesuai dengan petunjuk pembelajaran yang ada.
Bila sudah disiplin sesuai dengan 12 petunjuk penggunaan buku ini, untuk mencapai kompetensi wacana hendaklah di tambah dengan latihan yang bersifat " Independent Construction of Text" dengan memperhatikan prinsip refleksi, penggunaan bahasa adan pengetahuan kebudayaan. Bila ada pengguna buku ini yang hanya mengambil teksnya saja hendaknya mengolah teks tersebut dengan prinsip literasi yang sudah dijelaskan. Dan hasil penelitian ini bias digunakan juga untuk melihat buku teks yang lain dan bisa diterapkan pula dalam teks-teks apapun yang digunakan sebagai media pembelajaran bahasa.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Usman, Baa Bikr al-Ghoujouli and Syuhadak, Syuhadak | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Teks; Pendidikan literasi; materi membaca; Arabiyah baina Yadaika | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2017 18:42 | |||||||||
Last Modified: | 05 Jan 2018 14:53 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5805 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |