Rabhi, Sounia (2013) تطوير تعليم مادة علم الأصوات في ضوء التقابل اللغوي (بالتطبيق على طلبة جامعة اللغة العربية وآدابها بجامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية لحكومية بمالانج إندونيسيا). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10740021.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Di dalam studi ini, peneliti menggunakan Metode Pengembangan dan Eksprimen dengan membagi sampel penelitian kepada dua kelompok. Studi ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Peneliti menggunakan instrument Observasi, Tes, Angket dan Interviu.
Peneliti mengembangkan pembelajaran Mata kuliah Ilmu al-Ashwat berdasarkan Analisis Kontrastif antara dua system bunyi Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia dalam bentuk buku ajar untuk dosen serta mahasiswa yang dilengkapi rekaman suara berupa CD. Di dalam pengembangan buku ajar tersebut, peneliti berupaya memperhatikan dasar-dasar penulisan buku ajar yang baik, seperti dasar-dasar sikologis, social, budaya dan bahasa. Kandungan buku ajar ini antara lain : Pendahuluan, Delapan belas Unit Pelajaran, Setiap Unit terdiri dari satu, atau dua, atau tiga pelajaran diakhiri dengan daftar perbendaharaan kata, frase dan kalimat baru. Setiap pelajaran menyajikan kerangka teori bunyi Bahasa Arab tertentu dan latihan- latihan pelafalan bunyi tersebut.
Penerapan prinsip-prinsip Analisis Kontrastif dalam buku ini tampak jelas pada materi pelajaran yang hanya fokus pada bunyi-bunyi Bahasa Arab yang tidak didapati di dalam system bunyi Bahasa Indonesia, dan pada bunyi-bunyi kedua bahasa yang hampir sama, tapi mempunyai perbedaan cara pelafalannya. Demikian juga latihan-latihan pelafalan secara intensif fokusnya pada bunyi-bunyi tersebut.
Di samping itu, buku ajar untuk dosen dilengkapi dengan pedoman yang menyajikan tujuan umum, tujuan pembinaan karakter atau tujuan khusus dan silabus.
Hasil penelitian ini antara lain, sebagai berikut: 1. Tersedianya buku ajar mata kuliah Ilmu al- Ashwat yang dikembangkan berdasarkan Analisis Kontrastif antara system bunyi kedua bahasa, yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia untuk guru, dosen, siswa, mahasiswa Indonesia. 2. Sesungguhnya belajar/mengajar mata kuliah Ilmu al-Ashwat dengan menggunakan buku ajar yang dikembangkan berdasarkan Analisis Kontrastif mengalami pengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa, dimana kompetensi mayoritas mahasiswa didik, pada kelas eksprimen, terhadap pelafalan bunyi-bunyi Bahasa Arab mengalami perbaikan dan peningkatan signifikan. 3. Motivasi belajar mahasiswa juga tinggi, dengan indikator mahasiswa mengikuti perkuliahan secara aktif, semangat, ceria, dan sprit yang tinggi. Hasil observasi ini didukung hasil angket. Demikian halnya dengan mahasiswa kelas eksprimen. Adapun hasil belajar mahasiswa kelas kontrol tidak mengalami perbaikan signifikan dan motivasi belajar mereka juga tidak tinggi.
ABSTRACT
Tracking researcher in this study developmental and experimental approach by dividing the sample into two groups. This research quantitative and qualitative research, the researcher used observation tools, testing and questionnaire and then the interview. Researcher develops
materials phonology in the light of the theory of linguistic analysis contrastive sounds Arabic and Indonesian in the form of tutorial book for teacher and the student and sound recording as well. Take into account the foundation of good preparation such psychological, social and cultural and
linguistic background. Contains an introduction and eighteen study units, and each units ranging from lesson contains a theoretical framework and different audio exercises and linguistic balance. Highlights the principles of theory of linguistic analysis
Contrastive focus on Arab phonemes zero in Indonesian language, and phonemes of their common that differ in pronunciation with intensifying exercises sound around. Book contains teacher also instructions consist of general objectives and behavioral objectives, then card of study.
One of the most important result :
1. Provide text book material phonetic developer in light of the theory of linguistic analysis contrastive between the sounds of Arabic for Indonesian students.
2. The teaching phonology using text book developer in light of theory of contrastive linguistic analysis has a positive impact on student achievement where the level of majority of students experience improved through the Arabic ronunciation of sounds “problem”.
3. The orientation also knew a marked improvement, the study because they were assisting to all activity and joy with high spirits as demonstrated by the results of the questionnaire. This! Unlike academic achievement and tendencies and a desire known to students of control group.
Item Type: | Thesis (Doctoral) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Imam and Ibrahim, Faisol Mahmoud Adam | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengembangan Pembelajaran; Mata kuliah Ilmu al-Ashwat; Analisis Kontrastif; Develop teaching; Phonology material; Contrastive linguistic analysis theory | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2017 18:53 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 09:47 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5791 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |