Alimudin, Risky (2023) Analisis problematika pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menceritakan gambar menggunakan bahasa sendiri pada Kelas III SD Islam Waikabubak V Nusa Tenggara Timur. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
17140112.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran bahasa Indonesia adalah materi yang mengajarkan siswa mengenai penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi bahasa persatuan Bangsa Indonesia. Pembelajaran bahasa Indonesia yang ada di sekolah dasar salah satunya meliputi keterampilan berbicara yang diimplementasikan dalam materi menceritakan gambar menggunakan bahasa sendiri.
Keterampilan dan kemampuan bercerita perlu ditingkatkan sebab sangat berguna untuk melatih kemampuan berbicara didepan umum. Akan tetapi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SD Islam Waikabubak V terdapat problematika yang dihadapi oleh guru terutama dalam pembelajaran bahasa Indonesia menceritakan gambar menggunakan bahasa sendiri.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeksripsikan kesulitan belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Islam Waikabubak V Nusa Tenggara Timur. (2) Untuk mendeksripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar Bahasa Indonesia kelas III SD Islam Waikabubak V Nusa Tenggara Timur. (3) Untuk mengetahui Problematika yang di hadapi guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Islam Waikabubak V Nusa Tenggara Timur.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Waikabubak V Nusa Tenggara Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahap analisis data terdiri dari tiga tahapan yaitu pengolahan data, pengorganisasian data, dan temuan hasil. Hasil penelitian ini adalah (1) upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam menceritakan gambar dengan bahasa sendiri dilakukan terus-menerus dengan memberikan latihan kepada siswa menggunakan gambar visual untuk diamati dan diceritakan. (2) upaya guru dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk menceritakan gambar dengan bahasa sendiri adalah dengan memberikan stimulus dengan menggunakan kata kunci sesuai dengan gambar yang diberikan. (3) Problematika yang dihadapi guru adalah siswa masihkesulitan dalam bercerita karena keterbatasan kosa kata yang dimiliki, faktor bahasa sehari-hari yang hampir sama dengan bahasa Indonesia tapi dikurangi bacaannya, kurang pemahaman dalam menggunakan bahasa baku, kurangnya dukungan dan perhatian dari orang tua, kurangnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sehingga adanya problematika tersebut maka peneliti memberikan alternatif penyelesaian yaitu menggunakan pendekatan dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa serta merancang pembelajaran semenarik mungkin dan bermakna.
ENGLISH:
Indonesian learning is material that teaches students about the use of good and correct Indonesian to be used in everyday life and become the language of unity of the Indonesian nation. One of the Indonesian learning in elementary school includes speaking skills which are implemented in the material of telling pictures using their own language. Storytelling skills and abilities need to be improved because it is very useful for practicing public speaking skills. However, in the Indonesian learning process at SD Islam Waikabubak V, there are problems faced by teachers, especially in learning Indonesian telling pictures using their own language.
This study aims (1) to describe learning difficulties in class III Indonesian lessons of SD Islam Waikabubak V East Nusa Tenggara. (2) To describe the factors that cause learning difficulties Indonesian grade III SD Islam Waikabubak V East Nusa Tenggara. (3) To find out the problems faced by teachers in learning Indonesian grade III SD Islam Waikabubak V East Nusa Tenggara.
This research was conducted at SD Islam Waikabubak V East Nusa Tenggara. The approach used in this study is deskriptif qualitative. Data collection techniques are interviews, observation, and documentation. The data analysis stage consists of three stages, namely data processing, data organization, and finding results.
The results of this study are (1) efforts made to increase students' creativity in telling pictures in their own language are carried out continuously by providing practice to students using visual images to observe and tell. (2) The teacher's effort in improving students' ability to tell pictures in their own language is to provide stimulus by using keywords in accordance with the images given. (3) The problem faced by teachers is that students still have difficulty in telling stories due to limited vocabulary they have, daily language factors that are almost the same as Indonesian but reduced reading, lack of understanding in using standard language, lack of support and attention from parents, lack of interest and motivation of students in learning Indonesian. So that there are these problems, researchers provide alternative solutions, namely using approaches and learning strategies that are in accordance with the conditions and needs of students and designing learning as interesting and meaningful as possible.
ARABIC:
التعلم الإندونيسي هو مادة تعلم الطلاب حول استخدام اللغة الإندونيسية الجيدة والصحيحة لاستخدامها في الحياة اليومية وتصبح لغة وحدة الأمة الإندونيسية. يتضمن أحد التعلم الإندونيسي في المدرسة الابتدائية مهارات التحدث التي يتم تنفيذها في مادة سرد الصور باستخدام لغتهم الخاصة. تحتاج مهارات وقدرات سرد القصص إلى التحسين لأنها مفيدة جدا لممارسة مهارات التحدث أمام الجمهور. ومع ذلك ، في عملية التعلم الإندونيسية في SD Islam Waikabubak V ، هناك مشاكل يواجهها المعلمون ، خاصة في تعلم الصور الإندونيسية باستخدام لغتهم الخاصة.
تهدف هذه الدراسة إلى (1) وصف صعوبات التعلم في الدروس الإندونيسية في الصف الثالث SD Islam Waikabubak V ، (2) وصف العوامل المسببة لصعوبات التعلم الإندونيسية الصف الثالث SD Islam Waikabubak V ، (3) معرفة المشاكل التي يواجهها المعلمون في تعلم اللغة الإندونيسية.
تم إجراء هذا البحث في SD Islam Waikabubak V Nusa Tenggara Timur. النهج المستخدم في هذه الدراسة وصفي. تقنيات جمع البيانات هي المقابلات والملاحظة والتوثيق. تتكون مرحلة تحليل البيانات من ثلاث مراحل ، وهي معالجة البيانات وتنظيم البيانات وإيجاد النتائج.
نتائج هذه الدراسة هي (1) الجهود المبذولة لزيادة إبداع الطلاب في سرد الصور بلغتهم الخاصة يتم تنفيذها بشكل مستمر من خلال توفير الممارسة للطلاب باستخدام الصور المرئية للمراقبة والإخبار. (2) جهد المعلم في تحسين قدرة الطلاب على سرد الصور بلغتهم الخاصة هو توفير التحفيز باستخدام الكلمات الرئيسية وفقا للصور المقدمة. (3) المشكلة التي يواجهها المعلمون هي أن الطلاب لا يزالون يواجهون صعوبة في سرد القصص بسبب محدودية المفردات لديهم ، وعوامل اللغة اليومية التي تكاد تكون مماثلة للإندونيسية ولكنها منخفضة القراءة ، ونقص الفهم في استخدام اللغة القياسية ، ونقص الدعم والاهتمام من أولياء الأمور ، وعدم اهتمام الطلاب وتحفيزهم في تعلم اللغة الإندونيسية. حتى تكون هناك هذه المشاكل ، يقدم الباحثون حلولا بديلة ، وهي استخدام مناهج واستراتيجيات تعلم تتوافق مع ظروف واحتياجات الطلاب وتصميم التعلم بأكبر قدر ممكن من الاهتمام والهادف.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Sholeh, Ahmad |
Keywords: | Problematika bahasa Indonesia; menceritakan gambar; bahasa sendiri; Problems Indonesian; telling pictures; own language; املشالك ا إلندونيس ية ; رسد الصور ; اللغة اخلاصة |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Risky Alimudin |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 14:36 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 14:36 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57869 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |