Muradi, Ahmad (2013) تطوير مادة مهارة الكتاب للمستوى الجامعي في ضوء المدخل الإتصالي (بالتطبيق على طلبة جامعة أنتساري الإسلامية الحكومية بنجرماسين إندونسيا). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09740018.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran keterampilan menulis berbahasa Arab di perguruan tinggi menghadapi berbagai problem. Di antara problem tersebut adalah dari aspek bahan ajar yang digunakan masih berupa lembaran-lembaran fotocopy sesuai dengan kehendak dosen sehingga menyulitkan mahasiswa dalam mempelajarinya di luar kelas. Aspek lain adalah menyangkut pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis berbahasa Arab adalah pendekatan grammer dan struktur yang sebenarnya kurang tepat. Padahal tujuan pembelajaran keterampilan menulis berbahasa Arab adalah agar mahasiswa mampu mengungkapkan ide, pemikiran dan perasaan secara tertulis dengan bahasa yang tepat, sempurna maknanya, dan jelas lagi efektif. Sementara pendekatan komunikatif menawarkan kegiatan berbahasa termasuk keterampilan menulis dengan karakteristiknya yaitu mengutamakan penggunaan fungsi bahasa yang terkait dengan kontek komunikasi. Inilah alasan yang memotivasi peneliti mengembangkan bahan ajar keterampilan menulis berbahasa Arab dalam pendekatan komunikatif.
Tujuan penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar keterampilan menulis untuk perguruan tinggi dalam perspektif komunikatif dalam bentuk buku ajar yang diuji cobakan pada IAIN Antasari Banjarmasin. Adapun tujuan penelitian secara detailnya adalah 1) Memberikan gambaran langkah-langkah pengembangan bahan ajar keterampilan menulis untuk perguruan tinggi dalam perspektif komunikatif, 2) Memberikan gambaran karakteristik bahan ajar keterampilan menulis untuk perguruan tinggi dalam perspektif komunikatif. 3) Mengetahui efektivitas bahan ajar tersebut dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam keterampilan menulis berbahasa Arab. dan 4) Mengetahui efektivitas pengembangan bahan ajar tersebut dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dan eksperimen dengan perpaduan model modifikasi pengembangan Dick and Carry dan Borg and Gall. Karena kedua model ini tepat dan sesuai dengan tujuan pengembangan ini. Validator penelitian ini adalah satu orang ahli materi menulis berbahasa Arab, satu orang ahli desain pembelajaran bahasa Arab dan satu orang ahli bahasa Arab. Sobjek uji coba terbatas penelitian adalah 5 mahasiswa dan sobjek uji coba lapangan adalah 57 mahasiswa yang dibagi menjadi 2 kelompok; 26 mahasiswa sebagai kelompok eksperimen dan 31 mahasiswa sebagai kelompok kontrol. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, wawancara dan tes. Dalam analisis data digunakan dua teknik analisis yang diperoleh dari hasil review ahli dan uji coba produk. Hasil review ahli dianalisis dengan menggunakan teknik content analisis, deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Adapun hasil uji coba dianalisis dengan menggunakan uji t dua sampel independen dengan bantuan software SPSS 17.
Hasil penelitian ini adalah: 1) pengembangan bahan ajar keterampilan menulis untuk perguruan tinggi dalam perspektif komunikatif melalui enam langkah, yaitu: menganalisis
minat dan kebutuhan mahasiswa, mendesain bahan, mengembangkan bahan, memvalidasi, merevisi, dan mengujicoba; 2) karakteristik bahan ajar keterampilan menulis yang dikembangkan adalah: (a) sesuai dengan minat dan kebutuhan mahasiswa, (b) bahan yang disajikan berkaitan langsung dengan kehidupan pembelajar dalam aktivitas yang beragam sesuai dengan konteks. Maka tema materi tersebut adalah tentang kegiatan, minat, informasi, dan biografi, (c) berbasis tugas sehingga mahasiswa memperoleh kesempatan untuk berpartisipasi dalam penggunaan bahasa sasaran secara komunikatif dalam berbagai macam aktvitas; dengan tugas yang diberikan, para pembelajar memperoleh pengalaman langsung dalam menggunakan kosa kata dan ungkapan dalam berbagai aktivitas dan konteks secara tertulis, (d) memberikan latihan-latihan dan umpan balik seperti cara-cara yang bisa dilakukan agar maksud dan tujuan dalam penyampaian pesan secara tertulis bisa dipahami, dan (e) memberikan beragam latihan yang bisa dipilih oleh pembelajar sesuai dengan kebutuhan dan minatnya. 3) hasil uji t dengan berbantukan SPSS 17 untuk kedua kelompok (eksperimen dan control) menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen tidak lebih baik daripada hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol. Ringkasnya bahwa bahan ajar keterampilan menulis untuk perguruan tinggi dalam perspektif komunikatif tidak efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. 4) dari hasil observasi kelas dan wawancara menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran dengan bahan yang dikembangkan sangat tinggi.
ABSTRACT
Learning Arabic writing skills in college face various problems. Among these problems is teaching material aspect. The teaching materials those are still used in the form of photocopy sheets in accordance with the will of the lecture, consequently students difficult to learn it outside the classroom. Another aspect is related to the approach used in teaching writing skills is innapropriate grammar and structure. Whereas the purpose of learning the Arabic language writing skills is that students should be able to express ideas, thinking and feelings in writing with appropriate language, the meaning perfectly, and more effective. In the other hand speaking communicative approach offers activities including writing skill characteristic which it is preferred language functions in use on the positions of the connection. This is the reason which made the researcher to study of develop teaching materials in Arabic writing skills in a communicative approach.
The purpose of this research is the development of teaching materials writing skills in communicative perspective for college in the form of learning book which is tested on IAIN Antasari Banjarmasin. The purposes of the study in details are 1) gives the steps to developing writing skills instructional materials for college in a communicative perspective, 2) gives an overview of the characteristics of writing skills instructional materials developing for college in the perspective of the communicative aspects of the design of instructional materials, instructional design, and aspects of the Arabic as well as the response of students to instructional materials. 3) determine the success of the use to teaching materials developing in improving the learning outcomes of students in Arabic writing skills. And 4) determine the effectiveness of the use to development of teaching materials to improve students’ motivation.
Method of the research are the development and experiment method with combining of the modified model development of Dick & Carry and Borg & Gall. Both of models are appropriate to the purpose of this development. The validation of this study are from expert of Arabic writing skill, the expert of Arabic instructional designer and the Linguistic experts. Limited pilot study subjects were 5 students and 57 trial objects who were divided into 2 groups: 26 students of the experimental group and 31 students as a group dick. The technique used in this study was a questionnaire, observation, interview and test. In the data analysis used two analysis techniques derived from the expert review and test products. The result of experts’ review analyzed by using content analysis, descriptive qualitative and descriptive statistics. The trial results were analyzed using two independent samples t-test with the help of software SPSS 17.
The results of this study are: 1) development of teaching materials writing skills in communicative perspective for college through six steps: analyzing the interests and needs of students, designing materials, floating materials, validate, revise and test, 2) characteristics of teaching materials developed writing skills are: (a) in accordance with the interests and needs of students, (b) the material presented directly related to the lives of learners in a variety of activities appropriate to the context. So the theme of the material is about activities, interests, information, and biographies, (c) task-based so that students have the opportunity to participate in the communicative use of the target language in a variety of activities; with assigned tasks, learners gain direct experience in using the vocabulary words and phrases in a variety of activities and contexts in writing, (d) providing exercises and feedback as ways that can be done so that the aims and objectives in the delivery of a written message can be understood, and (e) provide a variety of exercises that can be selected by learners according to their needs and interests. 3) The results of the t test to establish by SPSS 17 for both groups (experimental and control) showed the study of students in the experimental class is not better than the study of students in the control classes. In sum the writing skills of teaching materials for higher education in the perspective of communicative not effective in improving student learning outcomes. 4) The results of classroom observations and interviews indicate that the motivation of students to follow the learning materials developed very high.
Item Type: | Thesis (Doctoral) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Lubis, Torkis | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar; Keterampilan Menulis; Pendekatan Komunikatif: Developing Material; Writing Skill; Communicative Approach | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2017 18:52 | |||||||||
Last Modified: | 22 Mar 2017 18:52 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5784 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |