تطوير المواد التعليمية لمهارة الكتابة الإبتداعية في ضوء العربي (بالتطبيق على طلبة قسم اللغة العربية وأدابها بجامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية لحكومية بمالانج إندونيسيا )

Halimi, Halimi (2012) تطوير المواد التعليمية لمهارة الكتابة الإبتداعية في ضوء العربي (بالتطبيق على طلبة قسم اللغة العربية وأدابها بجامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية لحكومية بمالانج إندونيسيا ). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
09740006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Meskipun selalu ada upaya pengembangan kurikulum dan bahan ajar bahasa dan sastra Arab dalam keterampilan menulis, tetapi dalam fenomenanya mahasiswa masih lemah dalam mengekpresikan karya tulis kreatif, dan mereka tidak banyak memiliki keterampilan berekspresi dan berkreasi dalam tulis menulis kreatif. Mereka masih terkungkung dan terhantui proses belajar mengajar yang teoritis dan menjenuhkan, apalagi bagi dosen yang telah mempelajari keterampilan menulis merupakan beban berat tersendiri, di mana kerja keras pribadi mahasiswa dan cara-cara tradisional dalam pengembangan kemampuan menulis selalu mengalami kegagalan.

Hal tersebut Peniliti peroleh dari pengamatan mendalam pada jurusan bahasa dan sastra Arab, bahwa mahasiswa mengalami kesulitan akut dalam keterampilan menulis kreatif (creative writing). Dan hal di atas, menjadi alasan peneliti untuk mengembangkan bahan ajar dalam keterampilan menulis kreatif yang didasarkan pada puisi Arab, dan kemudian mengukur dampaknya pada pengembangan kemampuan ekspresi mahasiswa dalam kreatifitas menulis.

Peneliti melihat, bahwa tulisan kreatif adalah ibarat pepohonan yang memiliki banyak cabang dan ranting. Pohon rindang itu dipenuhi dengan bebunga yang indah dengan bebuahan yang lezat penuh dengan manfaat. Bunganya yang indah berupa puisi, cerpen, novel, lakon sandiwara, yang menghiasi peradaban manusia. Buahnya yang lezat dapat berupa ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat dan lainnya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar keterampilan menulis kreatif dengan perspektif Puisi Arab dalam bentuk buku ajar dan kemudian diterapkan pada mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Tujuan tersebut adalah: (1) Memberikan gambaran tentang bagaimana mendesain bahan ajar keterampilan menulis kreatif dengan puisi Arab. (2) Memberikan gambaran tentang karakteristik pengembangan bahan ajar dengan perspektif puisi Arab dari aspek desain pembelajaran, bahan ajar, dan bahasa Arab. Serta respon mahasiswa terhadapnya. (3) Mengetahui tentang validitas bahan ajar keterampilan menulis kreatif dengan perspektif puisi Arab dalam desain materi ajar, pembelajaran, dan Bahasa Arab. (4) Mengetahui efektifitas penggunaan bahan ajar menulis kreatif dengan perspektif puisi Arab bagi mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan menulis kreatif.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and development)dengan mengkombinasikan beberapa model pengembangan dari Borg dan Gall, Dick dan Carry, Suyono, Mardhika Munir, kemudian diadaptasi dan dimodifikasi dengan melakukan sembilan langkah: observasi awal, lapangan dan kajian kepustakaan, analisis kebutuhan dan keinginan mahasiswa dan dosen, pengembangan bahan ajar, tashih ahli: desain, materi, dan bahasa, uji coba terbatas dengan 35 sampel, dan uji coba lapangan terhadap 21 mahasiswa. Dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, kuesioner, wawancara, dan tes. Sedangkan analisis data menggunakan dua teknis analisis yang diperoleh dari hasil review para ahli dan uji coba produk. Hasil review para ahli dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Sedangkan hasil uji coba dianalisis dengan menggunakan uji "t".

Adapun hasil penelitian adalah: (1). Karakteristik pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan keterampilan menulis kreatif dengan perspektif puisi Arab, yaitu: a) struktur puisi, b)Kompetensi, dan c) re-kreasi, d) langkah penulisan, e) integrasi bahasa dan sastra, f) pelatihan dalam tiga kegiatan: Kegiatan akuisisi, kegiatan aplikasi, dan kegiatan produksi, g) penilaian berbasis kritik sastra. Kualitas dari karakteristik bahan ajar dari aspek mahasiswa dan dosen: a) kualitasnya "sangat baik" dengan hasil 84%. b) Kualitas desain materi "baik" dengan hasil 78,57%, c) kualitas
kebahasaan"sangat baik" (80%). d) tanggapan mahasiswa "sangat baik" (81%), f) tanggapan dosen "sangat baik" (88%). g) Respon siswa dari percobaan lapangan di "sangat baik" tingkat 81,10%. (2)

validitas bahan ajar keterampilan menulis kreatif dengan berbasis puisi Arab, ada empat aspek: a) Materi ajar hingga 84% (sangat baik). b) desain bahan ajar : 78,57% (baik). c) aspek bahasa Arab: 80% (sangat baik). d) validitas mahasiswa setelah uji coba terbatas 73,04% (baik). (3) Efektifitas bahan ajar dalam pengembangan keterampilan menulis kreatif melalui puisi Arab, bahwa hasil pre-test mahasiswa 48% (lemah). Hasil post test 71% (sangat baik), hasil ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan antara perbedaan 3.520 hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat efektif dan postif bagi mahasiswa. Sedangkan hasil angket mahasiswa setelah uji lapangan mendapat skor 81,10% (sangat baik). Dan hasil angket dosen 88% (sangat baik).

ABSTRACT

Although there are many efforts to develop the curriculum and teaching materials in Arabic language and literature writing skills, but in case the student still has lack expression in creative writing. They do not have many skills in creative writing and expression. They still trapped and haunted by theoretical saturation learning and teaching process, moreover for lecturer who learned about creative writing is kind of heavy burden thing in his line, in which the students’ effort and traditional ways in developing the writing skills is always failed.

The researcher obtained this case from deep observation in Arabic Language and Literature Department, in which students experience acute difficulties in creative writing skills. By that problem, it becomes the reason for researcher to develop Teaching material in creative writing skill based on Arabian poetry. Then, it measures the impact to the skills development in students’ expression on creative writing.

The researcher observes that creative writing is like a tree with many branches and twigs. That’s shady tree has many beautiful blossoms and delicious fruits which are fully with its benefits. That beautiful blossom is like a poetry, short story, novel, and theatre play that adorn the human civilization. The delicious fruit can be seen as science, technology, philosophy and more.

The purposes of this research are to develop Teaching materials on creative writing skills using Arabian Poetry Perspective in form of textbook then applies to the student of Arabic Language and Literature Department in State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang. Those goals are: 1) Reflect an overview how to design teaching materials on creative writing skills using Arabian poetry. 2) Depict about characteristic in teaching materials development using Arabian poetry perspective viewed by design aspect, learning, teaching materials, and Arabic language. Then, how is the student response about it. 3) Understand about teaching material validity on creative writing skills using Arabian poetry perspective in teaching materials design, learning and Arabic language. 4) Find out the effectiveness application teaching materials on creative writing skills using Arabian poetry perspective for students to improve their creative writing skills.

This study uses qualitative – quantitative research (research and development) by combining several development models of Borg and Gall, Dick and Carry, Suyono, and Mardhika Munir, then adapt and modify with the result that becomes three main phases: field study, development and research. By doing nine steps: initial observation, field and literature studies, analysis of needs and desires’ students and lecturers, Teaching material development, validation experts: design, materials, and language; limited trial experiment using 35 samples, and field experiment to the 21 students. Some techniques which are used in this study are: observations, questionnaires, interviews and tests. While in data analysis, the researcher uses two analysis techniques that are acquired by the result of experts’ review and product experiment. The result of experts’ review is analyzed using descriptive qualitative and statistic descriptive. While the result of experiment is elaborated using ‘t’ test.

The results of study are: 1) Characteristic of teaching material development to improve the creative writing skill using Arabian poetry perspective, those are: a) the structure of poem, b) competence, c) re-creation, d) writing steps, e) language and literature integration, f) three activities training: acquisition, application, and production activity; and g) assessment based on literary criticism. Quality of teaching material characteristic viewed by students and lecturers aspect covers: 1) the ‘excellent’ quality results 84%, b) ‘very good’ quality of teaching materials result 78.57%, c) ‘excellent’ quality of language result 80%, d) ‘excellent’ students respond result 81%, e) ‘excellent’ lecturers respond result 88%, f) ‘excellent’ field experimental students’ respond result 81,10 %. 2) Teaching material effectiveness in creative writing skill based on Arabian poetry pervade: a) teaching material up to 84% (excellent), b) teaching material design: 78,57% (very good), c) Arabic language aspect 80% (very good), d) students validity after limited experiment 73,04 % (very good). 3) Teaching material effectiveness to improve creative writing skill based on Arabian poetry shows the student pre-test 48% (weak). Posttest result 71% (excellent), these results show that there are significant improvement between the contrary 3.520. This result shows that this teaching material is effective and positive for students’ using. While the students questionnaire obtained 81,10 % (excellent) and for lecturers obtained 88% (excellent).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Supervisor: Ainin, Muhammad and Lubis, Torkis
Keywords: Pengembangan Bahan Ajar; Keterampilan Menulis Kreatif; Puisi Arab; Teaching Materials Development; Creative Writing Skills; Arabian Poetry
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:53
Last Modified: 22 Mar 2017 11:53
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5783

Actions (login required)

View Item View Item