Hilmi, Danial (2013) تطوير أساليب تعليم مهارة الكلام من خلال مدخل تنشيط العقل (بالتطبيق على طلبة جامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية لحكومية بمالانق - إندونيسيا). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09740005.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pengajar dalam rangka mentransformasi pembelajaran kepada pembelajar agar mempraktekkan dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kenyataannya pembelajaran ini gagal dilakukan karena peserta didik kurang percaya diri yang disebabkan adanya ketakutan dari kesalahan menggunakan struktur. Salah satu problem utama yang menjadi faktor penting dalam pembelajaran berbicara yaitu tidak difungsikannya otak peserta didik dengan baik. Otak merupakan pusat dan sarana yang paling urgen dalam berbagai kegiatan terutama aktifitas belajar, jika otak tidak difungsikan dengan baik, maka pembelajaran tidak akan efektif. Pembelajaran berbicara di Indonesia lebih dominan penggunaan otak kiri, hal ini terlihat dengan materi, tugas dan strategi pembelajaran yang menekankan pada kebenaran ungkapan menurut kaidah. Oleh karena itu, pembelajaran maharah al-kalam jarang menggunakan otak kanan yang mana di dalamnya penuh dengan kreatifitas dan dorongan motivasi yang kuat pada peserta didik. Dengan demikian wajar jika pembelajar maharah al-kalam tidak dapat mempertahankan memorinya dan kreatifitasnya dalam membiasakan dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini merupakan pengembangan strategi pembelajaran keterampilan berbicara berbasis otak yang diujicobakan pada mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk model pembelajaran berbicara berbasis otak dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran, sementara tujuan inti penelitian adalah sebagai berikut: 1) Mendekripsikan karakteristik model pembelajaran keterampilan berbicara berbasis aktivasi otak 2) Mengukur efektifitas pengembangan strategi pembelajaran keterampilan berbicara berbasis aktivasi otak 3) Mengukur pengaruh strategi pembelajaran berbasis aktivasi aktivasi otak terhadap peningkatan maharah al-Kalam dan 4) Mengukur pengaruh strategi pembelajaran terhadap motivasi belajar kalam.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan yang mengikuti model pengembangan Borg and Gall. Metode tersebut dianggap cocok untuk digunakan dalam melakukan penelitian ini karena diharapkan akan menghasilkan konsep, produk dan mengetahui efektifitasnya dalam uji lapangan. Validator penelitian ini adalah satu orang ahli bidang pembelajaran berbasis otak dan satu orang ahli bidang disain model pembelajaran bahasa Arab. Subyek uji coba terbatas penelitian adalah 5 mahasiswa dan subyek uji coba lapangan adalah 58 mahasiswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu: 29 mahasiswa sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan model tersebut dan 29 mahasiswa sebagai kelompok lain sebagai kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran berbicara pada umumnya yaitu drilling dan lain-lain. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan tes.
Sebagaimana telah dilakukan verifikasi, analisis dan diskusi, maka peneliti menyampaikan hasil penelitan sebagai berikut:
Pertama bahwa karakteristik model pembelajaran berbicara berbasis otak terletak pada penyeimbangan 3 gelombang otak (Beta, Alpa dan Theta) dengan memfungsikan 2 belahan otak kiri dan kanan serta melibatkan musik dan ketercukupan oksigen untuk kefektifan pembelajaran.
Kedua bahwa hasil uji ahli (pembelajaran berbasis otak dan disain model) sangat baik dan layak untuk diujicobakan di lapangan, sementara hasil uji lapangan menunjukkan hasil yang optimal dalam meningkatkan kepercayaan diri, partisipasi dan motivasi mahasiswa dalam kemampuan berbicara, sehingga secara keseluruhan penelitian ini membawa hasil yang signifikan.
Ketiga bahwa pengaruh strategi pembelajaran berbasis aktivasi otak terhadap peningkatan maharah al-Kalam sangat bagus serta terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Keempat bahwa pengaruh strategi pembelajaran berbasis aktivasi otak terhadap motivasi belajar maharah al-Kalam menunjukkan hasil yang sangat memuaskan dengan
ikut terlibatnya seluruh anggota kelas dalam menjalankan perannya mengaktualisasikan kemampuan berbicara.
ABSTRACT
Learning Arabic speaking skill is an activity done by teacher in transforming lesson to the learners in order they can practice and accustom in their everyday life. In fact this lesson is failed because the students do not have any confidences because of their fear in using the structure. One of the main problems in learning to speak is the brain which is not well functioned. Brain is the most urgent centre and device of various activities especially learning activities. Left brain is more dominant device used to learn speaking in Indonesia. It can be seen by the materials, assignments and learning strategies emphasizing the validity of expression based on the rule. Therefore, learning Arabic speaking skill is rarely using the right brain which is full of creativity inside and strong motivation of the learners. Hence, it is natural if the learning Arabic speaking skill can not defend the memory and creativity to accustom in their everyday life.
This research is the developing of Arabic speaking skill learning strategy based on the brain which is experimented to the students of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang. The aim of this research is to produce the product of speaking learning model based on brain in order to reform the quality of learning, while the main purposes of this research are: 1.) Describing the characteristic of speaking skill learning model based on brain activation. 2.) Measuring the influence of developing of speaking skill learning strategy based on brain activation. 3.) Measuring the influence of learning strategy based on brain activations to upgrade Arabic speaking skill 4.) Measuring the influence of learning strategy to the motivation of speaking lessons.
The method of this research is the research method and development following the development model of Borg and Gall. This method is appropriate to use because it is expected to produce concepts, products and know the effectiveness in the field. The research validation is an expert of brain-based learning and an expert of Arabic learning model design. Sample of limited subject in this research is 5 students and sample of field subject in this research is 58 students who were divided into 2 groups: 29 students as the experimental group using that model and group of 29 students and the other as a control group using a model of learning to speak in general that is drilling and others. The data collection techniques used are questionnaires, observation, interviews and tests.
As it is already done the verication, analisis and discussion, so this research conveys these results:
First; The characteristics of the brain-based speaking learning strategy lies in balancing three brainwaves (Beta, Alpa and Theta) by enabling two left and right
hemispheres of the brain involving music and the adequacy of oxygen to the learning effectiveness.
Second, the result of the expert test (Learning based on brain and design model)is very good and suitable to be tested in the field, while the field results show the
optimal results in developing self confidence, participation, and student motivation in speaking ability, so overall this research brings the significant result.
Third, the influence of learning strategy based on brain activation to develop Arabic speaking skill is great and there is significant difference between experimental class with control class.
Fourth, the influence of learning strategy based on brain activation to the motivation of studying Arabic speaking skill shows very exciting result while all students participate in actualizing the speaking ability.
Item Type: | Thesis (Doctoral) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Imam and Mustofa, Gareeb Allah Baa Bikr | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengembangan Strategi; Maharah al-Kalam; Pembelajaran Berbasis; Aktivasi Otak; Developing Strategies; Speaking Skill; Brain Based Learning | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2017 18:51 | |||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2017 13:54 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5780 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |