تطوير المواد التعلمية في التعبير التحريري في ضوء نظرية تحليل الأخطاء اللغوية وأثره في تحصيل الطلبة ( بالتطبيق على طلبة كلية العلمين الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور بخاوا - إندونيسيا )

Hafidz bin Zaid, Abdul (2012) تطوير المواد التعلمية في التعبير التحريري في ضوء نظرية تحليل الأخطاء اللغوية وأثره في تحصيل الطلبة ( بالتطبيق على طلبة كلية العلمين الإسلامية بمعهد دار السلام كونتور بخاوا - إندونيسيا ). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
08740002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

ABSTRAK

Pondok Modern Darussalam Gontor, sejak berdirinya pada tahun 1926 sampai saat ini, tetap memperlihatkan perhatian yang sangat besar terhadap pengajaran bahasa Arab di lingkungan sekolahnya, Kulliyat al-Mu’allimin al-Islamiyyah. Namun demikian, KMI masih menghadapi kesulitan yang cukup besar dalam hal pengajaran bahasa Arab ini. Kesulitan itu tampak dari tingginya frekuensi kesalahan siswa dalam membuat struktur kalimat bahasa Arab dan juga dalam penggunaan beberapa kosakatanya. Untuk itulah, peneliti mencoba untuk mengembangkan bahan ajar materi at-Ta’bir at-Tahriri di KMI yang didasarkan pada teori analisis kesalahan bahasa dalam komposisi santri mereka dan juga dalam penggunaan kosa kata Arab.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah karakteristik bahan ajar materi at-Ta’bir at-Tahriri yang didasarkan pada teori analisis kesalahan berbahasa siswa Kulliyyat al-Mu’allimin al-Islamiyyah Pondok Modern Darussalam Gontor di Jawa?”, dan “Apakah pengaruh materi ajar yang dikembangkan ini terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa Kulliyyat al-Mu’allimin al-Islamiyyah Pondok Modern Darussalam Gontor di Jawa?”.

Berdasarkan rumusan masalah di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan karakteristik bahan ajar materi Ta’bir berdasarkan teori analisis kesalahan bahasa siswa Kulliyyat al-Mu’allimin al-Islamiyyah Pondok Modern Darussalam Gontor, di samping untuk melihat pengaruh bahan ajar tersebut terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa Kulliyyat al-Mu’allimin al-Islamiyyah Pondok Modern Darussalam Gontor setelah diujicobakan.

Hipotesa dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan bahan ajar yang disusun atas dasar analisis kesalahan siswa akan dapat membantu mereka dalam memecahkan permasalahan mereka, khususnya dalam masalah konstruksi kalimat Arab dan penggunaan kosakata Arab.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang didahului dengan analisis kesalahan berbahasa siswa kelas 5 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode Dokumenter, Observasi, Tes, dan Angket, sehingga dengan demikian instrumen penelitian ini adalah dokumen hasil ta’bir santri, pedoman observasi, soal tes, dan angket. Untuk menganalisis data yang dikumpulkan, penulis menggunakan metode t-test.

Hasil terpenting dari penelitian ini bahwa bahan ajar yang dikembangkan dengan berdasarkan pada analisis kesalahan siswa ini dapat meningkatkan kemampuan santri kelas 5 dalam komposisi (ta’bir) Arab, hal ini dibuktikan dengan kenaikan nilai yang cukup signifikan dari hasil posttest yang dilakukan setelah materi ajar ini diterapkan. Di samping itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa materi ajar ini sangat disukai oleh siswa karena dapat mempermudah mereka dalam memahami tarkib bahasa Arab dan memahami perbedaan dalam pemakaian beberapa kosa kata Arab.

ABSTRACT

Darussalam Gontor Islamic Boarding School is one of the schools that is concerned about the teaching of Arabic language since its inception in 1926 until today. However, the Institute continues to face considerable difficulties in teaching Arabic language. Those difficulties appear in the high frequency of errors in structure and use of some Arabic words. In order to address this problem, the researcher prepared the instructional materials based on linguistic error analysis of students in their composition and use of vocabulary.

This research tries to answer two questions, namely: “What are the specifications of instructional materials in composition which based on linguistic error analysis of fifth grade students of KMI?”, and “What is the influence of these instructional materials developed on students of KMI achievement?”

This research aims to develop instructional materials of composition based on linguistic error analysis of the students of Kulliyyat al-Mu’allimin al- Islamiyyah, in addition to stand on their influence on students’ achievement.

This reseach assumes that these instructional materials developed will be able to solve problems in learning the Arabic language, and especially those problems related to the composition of Arabic sentences and the use of some Arabic words.

The type of this research is Research and Development (R&D). In collecting data, the researcher used the documentary, observation, testing, and questionnaire. Meanwhile, in analyzing data, the researcher used t-test.

The most important results of this research is that using the linguistic errors analysis to develop the instructional materials is very useful and able to reduce the linguistic errors in the composition of fifth grade students of KMI. It was shown by the high posttest result when compared with pretest result. In addition, the results of the questionnaire prove that these developed educational materials are attractive and very useful in understanding the Arabic structures and knowing the difference between the meanings of some Arabic words.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Supervisor: Muhaimin, Muhaimin and Lubis, Torkis
Keywords: Materi at-Ta’bir at-Tahriri; Pengembangan Bahan Ajar; Analisis KesalahanComposition; The Development of Instructional Materials; Error Analysis.
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 21 Mar 2017 12:45
Last Modified: 21 Mar 2017 12:45
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5776

Actions (login required)

View Item View Item