Fikri, Ahmad (2013) تطوير كتاب تعليم مهارة الكلام العربي لطلبة قسم التمريض في ضوء تعليم اللغة العربية لأغراض خاصة (بحث تطويري تجريبي في معهد "بينا إنساني ساكتي" العالي للتمريض في كرينجي - إندونيسيا ). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07740001.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (32MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pengembangan buku ajar kemahiran berbicara bahasa Arab berbasis konsep pembelajaran bahasa Arab tujuan khusus untuk mahasiswa Akademi Keperawatan Bina Insani Sakti Kerinci Indonesia ini didasarkan pada kenyataan bahwa belum tersedianya buku ajar yang memiliki kriteria sebagai buku ajar yang memadai, khususnya yang memadukan teori pembelajaran kemahiran berbicara dan konsep pembelajaran bahasa Arab tujuan khusus secara utuh, dan sekaligus. Hasil pengembangan ini dimaksudkan dapat memenuhi tersedianya buku ajar yang dapat meningkatkan keefektifan, efesiensi, dan kemenarikan pembelajaran bahasa Arab yang berorientasi pemahiran berbicara lisan praktis di Akademi Keperawatan.
Buku ajar ini dikembangkan berdasarkan kajian teknologi pembelajaran dengan mengadopsi model (prosedur) Dick & Carey (2001). Prosedur pengembangan buku ajar ini terdiri atas sembilan langkah, yakni: (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (2) melakukan analisis pembelajaran, (3) mengidentifikasi kemampuan awal dan karakteristik mahasiswa, (4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus, (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan, (6) mengembangakn strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih materi pelajaran, (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif.
Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Research & Development (R & D) dengan prosedur pengembangan melalui empat tahap, yaitu (1) tahap studi pendahuluan dengan melakukan penilaian kebutuhan, analisis kurikulum, (2) tahap pengembangan dan penyusunan buku ajar kemahiran bahasa Arab berbasis konsep pembelajaran bahasa Arab tujuan khusus, (3) tahap uji coba pengembangan dan validasi produk, yakni produk buku ajar diuji coba dan divalidasi kepada 1 orang ahli isi Bahasa Arab, 1 orang ahli desain dan Media Pembelajaran, 1 orang pengguna produk yakni dosen bahasa Arab di Akademi Keperawatan, dan pengguna kelompok sasaran yakni mahasiswa Akademi Keperawatan Bina Insani Sakti Kerinci semester IV Tahun Akademik 2011 sebanyak 39 orang, dan (4) tahap analisis data hasil uji coba dan validasi dengan rumus persentase dan uji t-tes.
Data dalam penelitian ini dianalisis dengan dua macam teknik. Pertama, data dianalisis secara kualitatif khususnya untuk data (1) survey awal dan pemahaman konteks penelitian, (2) data konsulasi dan uji ahli, dan (3) data uji pengguna. Kedua, data dianalisis secara kuantitatif, khususnya untuk data hasil uji lapangan. Teknik analisis yang digunakan untuk uji lapangan adalah statistic deskriptif dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar hasil pengembangan ini (1) memiliki tingkat keefktifan, efesiensi, dan kemenarikan yang sangat tinggi atau sudah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pengguna, (2) dapat meningkat perolehan hasil belajar yang lebih baik dalam peningkatan aspek pengetahuan, sikap, maupun praktik atau unjuk kerja dalam pembelajaran bahasa Arab berbasis pendekatan bahasa Arab tujuan khusus.
Berdasarkan hasil penilaian ahli isi, ahli desain, para pengguna, dan setelah dilakukan revisi secara langsung terhadap produk pengembangan, maka produk buku ajar kemahiran berbicara bahasa Arab untuk mahasiswa Akademi Keperawatan ini dapat diseminasikan atau digunakan.
ABSTRACT
The development of learning materials of Arabic education based on concept of Arabic for specific purpose for student in Nursing Academy Bina Insani Sakti Kerinci- Indonesia allowing for the fact that the teaching material with some criteria as adequate teaching book are not available yet, especially the material with learning specification based on speaking theories and concept Arabic learning for specific purpose. The result of this development is intended to fulfill the availability of teaching book to improve effectiveness, efficiency and being interesting on learning Arabic in Nurse Academy.
This textbook was developed by adapting the Dick & Carey model (2001). The procedures this model consists of nine steps: (1) assessing need to identify goals, (2) conducting instructional analysis, (3) analyzing learners and contexts, (4) writing performance objectives, (5) developing assessment instruments, (6) developing instructional strategies, (7) developing and selecting instructional materials, (8) designing and conducting the formative evaluation.
The development method uses is Research & Development design with the development procedure through four phases (1) initial study on the need analysis dan curriculum analysis, (2) the phase of teaching material development and compilation of Arabic for specific purpose, (3) the phase to through the develoving and validating produk, that is to try out the teaching material and validate the teaching material to the Arabic education expert, media and learning design expert, and the user including Arabic Education teacer consist of 1 teacher and target group consists of 39 student of Nurse Academi, (4) the phase of data analysis using statistical analysis of t-test.
The data in this study were analyzed by two different teqhnique. First, the data were analyzed qualitated, especially for data (1) the initial survey and understanding of the contect research data, (2) data of expert consultation and expert testing, and (3) user test data. Second, the data were analyzed quantitatively, in particular data field test result. Moreover, descriptive statistics and t-test were used to analytical technique for field test.
The research finding show that this teaching material development has some points as follows (1) it is effective, efficient, and highly interesting or in with the need ond condition of the user, (2) it can improve learning achievement in some aspects such as cognitive, attitude, and practical aspect or performance in the learning activity of Arabic education based on Arabic for specific purpose.
Based on the assessment by the content expert, the desain expert, and the user, that the product of teaching material of Arabic education for student of Nurse Academi, after being revised, can be disseminated to the public or used by the user.
Item Type: | Thesis (Doctoral) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ainin, Mohammad and Lubis, Torkis | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengembangan; Buku Ajar; Kemahiran Berbicara Bahasa Arab; Pembelajaran Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus; Development; Textbooks; Arabic Speaking Skill; Learning Arabic for Special Purpose | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2017 19:45 | |||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2017 19:45 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5767 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |