Rahmawati, Indah Nur (2005) Hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap pelayanan perpustakaan dengan minat mahasiswa mendatangi perpustakaan: Pada Mahasiswa Psikologi angkatan 2002/2003-2003/2004 Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
01410007.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Perpustakaan sebagai pusat informasi sangatlah besar peranannya dalam rangka menunjang kegiatan belajar para mahasiswa maupun para dosen sendiri. Walaupun sangat bermanfaat namun kunjungan ke perpustakaan tidak akan lepas dari minat mahasiswa itu sendiri, dengan demikian perlu kiranya minat mendatangi perpustakaan di kalangan mahasiswa tersebut dikaji dan dicari faktor penunjangnya sehingga apa yang menjadi tujuan perpustakaan sebagai pusat informasi akan terwujud secara maksimal.
Di perpustakaan UIN Malang setiap harinya banyak dikunjung mahasiswa baik itu untuk meminjam buku atau hanya untuk membaca saja. Ada fenomena menarik yang terjadi pada Mahasiswa Psikologi angkatan 2002/2003-2003/2004 yaitu jumlah mahasiswa yang datang ke perpustakaan setiap harinya jumlahnya sangat sedikit, hanya pada saat tertentu saja yaitu pada saat menjelang ujian atau sedang ada tugas dari dosen. Hal ini dikarenakan fasilitas dari perpustakaan yaitu buku-buku tentang psikologi sangat sedikit jumlahnya dan koleksi buku yang ada merupakan buku-buku yang sudah lama. Sehingga para mahasiswa jarang pergi ke perpustakaan.
Terhadap fenomena tersebut, membawa peneliti pada pertanyaan:!) bagaimana tingkat persepsi mahasiswa terhadap pelayanan perpustakaan, 2) bagaimana tingkat minat mahasiswa mendatangi perpustakaan dan 3) apakah ada hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap pelayanan perpustakaan dengan minat mahasiswa mendatangi perpustakaan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memakai teknik insidental sampling. Dalam hal ini peneliti mengambil sample 50 mahasiswa dari 196 mahasiswa Psikologi angkatan 2002/2003-2003/2004 UIN Malang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan angket. Adapun uji statistik yang digunakan untuk menetapkan validitas butir sahih item adalah rumus prduct moment. Sedangkan reliabilitas di uji dengan rumus alpha cronbachi dengan bantuan program komputer SPS Sutrisno Hadi dan Seno Pamardiyanto, 1996, UGM, Yogyakarta. Untuk teknik analisa data digunakan norma standart deviasi dan mean dan teknik korelasi product moment dengan bantuan komputer SPS program analisa data product moment edisi Sutrisno Hadi dan Seno Pamardiyano, 1996, UGM, Yogyakarta.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai korelasi 0.376 yang berarti bahwa ada hubungan yang positif antara persepsi terhadap pelayanan petugas perpustakaan dengan minat mendatangi perpustakaan. Selain itu tingkat persepsi mahasiswa terhadap pelayanan petugas perpustakaan masuk dalam kategori sedang begitu juga keadaan minat mahasiswa mengunjungi perpustakaan juga masuk dalam kategori sedang.
Dari hasil analisis data penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap pelayanan perpustakaan dengan minat mahasiswa mendatangi perpustakaan. Dengan demikian variabel persepsi terhadap pelayanan perpustakaan dapat dijadikan prediktor (variable bebas) untuk memprediksi minat mahasiswa mendatangi perpustakaan. Semakin positif persepsi mahasiswa terhadap pelayanan perpustakaan maka akan semakin tinggi minat mahasiswa mendatangi perpustakaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Kasiram, Kasiram |
Keywords: | Persepsi pelayanan; Minat mendatangi |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 14:28 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 14:28 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57360 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |