Kusumastuti, Aulia (2005) Studi korelasi antara citra konsumen terhadap toko dengan loyalitas konsumen: Penelitian pada konsumen sardo swalayan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
00410103.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Seiring dengan berkembangnya zaman, turut berkembang pula kebutuhan- kebutuhan masyarakat. Dari sini kemudian produk-produk dalam berbagai pilihan jenis, merek dan harga dilempar ke pasaran. Namun karena terialu banyaknya variasi produk tersebut, mengakibatkan kualitas atau mutu produk bukanlah satu-satunya faktor utama yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli suatu produk. Tempat mereka berbelanja seperti toko, swalayan dan semacamnya dapat mempengaruhi konsumen dalam membuat keputusan, membeli atau tidak. Pada perkembangan selanjutnya telah banyak berdiri pusat-pusat perbelanjaan modem yang tentu membuat para pengelola berpikir untuk membuat pusat perbelanjaan yang dikelolanya menjadi pilihan utama konsumen untuk berbelanja. Berdasarkan hasil analisa pasar yang mereka lakukan, diketahui bahwa konsumen memiliki citra atau image tersendiri pada tiap-tiap pusat perbelanjaan. Selain itu analisa pasar juga menunjukkan bahwa faktor lain yang mempengaruhi kesuksesan bisnis layanan jasa ini adalah loyalitas konsumen. Konsumen yang tidak mempunyai citra yang baik terhadap satu pusat perbelanjaan akan cenderung berpindah-pindah tempat berbelanja. Maka masalah citra toko menjadi alasan utama bagi sebagian konsumen untuk berbelanja pada suatu toko. Hal ini berarti semakin baik citra toko konsien tersebut, maka konsumen juga akan semakin loyal terhadap satu tempat perbelanjaan. Berdasar pada asumsi tersebut, maka peneliatian ini akan mencari jawaban atas persoalan bagaimana citra konsumen terhadap Sardo Swalayan, bagaimana loyalitas konsumen terhadap Sardo Swalayan dan apakah ada hubungan antara citra konsumen terhadap toko dengan loyalitas konsumen pada Sardo Swalayan.
Jenis peneliatian ini adalah penelitian kuantitatif. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara citra konsumen terhadap toko dengan loyalitas konsumen pada Sardo Swalayan. Teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket. Perhitungan validitas item angket menggunakan rumus Product Moment yang dikorelasikan lagi dengan rumus Part Whole untuk menghindari kelebihan bobot (over estimate). Sedangkan perhitungan reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbrach. Untuk mengetahui tingkat citra konsumen terhadap toko dengan loyalitas konsien pada Sardo Swalayan menggunakan perhitungan mean dan standar deviasi. Selanjutnya analisis data yang digunakan untuk mengetahui hubungan 2 variabel tersebut adalah analisis korelasi Product Moment.
Berdasarkan hasil penelitian yang diambil dari 100 orang responden pada tanggal 10-15 Oktober 2004, diketahui bahwa 43 item valid dari 44 item skala citra konsien terhadap toko, dan untuk angket loyalitas konsien diperoleh 27 item valid dari 28 item. Mengenai citra konsien terhadap toko diketahui bahwa 9% responden memiliki citra toko yang positif; 83% responden memiliki citra toko biasa, dan 8% responden memiliki citra toko yang negatifsedangkan untuk loyalitas konsien didapatkan hasil 9% responden memiliki tingkat loyalitas tinggi, 82% responden memiliki tingkat loyalitas sedang, dan 9% responden memiliki tingkat loyalitas rendah. Hasil korelasi menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara citra toko dengan loyalitas konsien pada konsien Sardo Swalayan dengan nilai r ٠ 0.308 pada taraf signifikansi 5 %.
Sesuai dengan hasil penelitian yang ditemukan, maka dapat disimpulkan bahwa mayoritas konsumen Sardo Swalayan memiliki tingkat citra toko yang sedang, dan loyalitas konsumen yang sedang pula terhadap Sardo Swalayan. Adapun hubungan antara citra konsumen terhadap toko dengan loyalitas konsien pada Sardo Swalayan citra konsien terhadap toko dengan loyalitas konsien pada Sardo Swalayan adalah hubungan positif signifikan. Dengan kata lain semakin positif citra toko konsien terhadap pusat perbelanjaan maka semakin tinggi pula loyalitas konsien terhadap pusat perbelanjaan tersebut. Dari hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi manfaat dan masukan baik bagi subjek yang diteliti, bagi pengelola pusat-perbelanjaan dan bagi peneliti selanjutnya.
ABSTRACT
As a rising time, todays society necessary is also growing up. Thereafter a lot of products has been sold on markets. But, because of too much variances of products makes the product quality is not the only main factor that consider consumer to buying a product. The places of shop like a store or departement store influence consumer on make a decision; buy or not. At the next day, many modem shopping centre has built up, and it makes the executive think to make his modem shopping centre become the first choise for consumer to shop. According to market research found that consumer have every image to every store. Beside that, even market shows that another factor influence the succession of this bisniss is consumer loyalty. A consumer who have not a good image of a store dispose to moving up to shopping. Therefore the problem of store image became the main reason for some consumer to shop at a store. Which means as good as the consumer store image, so consumer loyalty is getting up to the store. Base to that assumption, then this research will be looking for the answer of how the consumer store image to Sardo Swalayan, how the consumer loyalty of Sardo Swalayan, and to know the correlation between consumer store image and consumer loyalty.
The kind of this research is quantitative research. Given hypothesis is there is a correlation between consumer store image and consier loyalty. The methode of data collecting is pass trough observation, interview and quisionaire. The testing of validity use formula of product moment, then the result corelate again with formula of part whole to refuse over estimate. The testing of reliability use formula of alpha cronbrach. To know the level of consier store image and consumer loyalty used mean and standar score accounting. Then to know the correlation between consumer store image and consier loyalty used product moment correlation analysis.
Base on the research result that taken from 100 respondens at October 10th - 15٥ 2005 know 43 valid item from 44 items for consier store image scale, and for consumer loyalty scale given 27 valid item from 28 items. From the result of analyze data knows that 9% respondents have a good store image, 83 % respondents have an average store image, and 8 % respondents have a bad store image. For consier loyalty results 9 % respondents have a high consier loyalty, 82 % respondents have an average consier loyalty, and 9 % respondents have a low consier loyalty. The result of correlation show that there is a significant positive correlation between consumer store image and consier loyalty to Sardo Swalayan by rcount = 0.308 at 5 % significancy level.
As the result, conclude that most of Sardo Swalayan consier have an average store image and an average consier loyalty. The correlation between consier store image and consier loyalty to Sardo Swalayan significant positive correlation. That means as good as consumer store image to the store, so consumer loyalty is getting up to that store. Hopefully, the result of this research could be usefull for subject of research, for the executive of modem shopping centre and for next examinator.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Kasiram, Kasiram |
Keywords: | Citra Toko; Loyalitas Konsumen; Store Image; Consumer Loyalty |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 14:27 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 14:27 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57357 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |