Lathifah, Kuni (2003) Pengaruh persepsi Iklan Komersial shampo clear terhadap minat beli mahasiswa Diploma 3 Jurusan Kesekretariatan angkatan 2001/2002 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
99320830.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Secara umum, kenyataan di tengah masyarakat menunjukkan bahwa mahasiswa merupakan salah satu konsumen signifikan bagi suatu produk shampo. Oleh karena itu PT. Unilever berupaya menciptakan suatu media spesial dalam rangka mempublikasikan salah satu produknya, shampo clear, yang sesuai dengan alam mahasiswa. Misalnya, dengan menggelar acara di berbagai kampus, baik negeri maupun swasta lewat media musik
Universitas Brawijaya adalah salah satu Perguruan Tinggi di Malang yang dijadikan media publikasi shampo clear. Di perguruan tinggi ini, ada satu fenomena menarik yang terjadi pada mahasiswa Diploma 3 Jurusan Kesekretariatan Angkatan 2001/2002 Fakultas Ilmu Admjnistrasi, yaitu banyaknya mahasiswa yang menggunakan shampo clear sebagai pilihan terbaik mereka dalam menjaga kebersihan dan keindahan rambutnya. Berdasarkan data yang peneliti peroleh di lapangan menyebutkan bahwa uari 152 mahasiswa Diploma 3 Jurusan Kesekretariatan Angakatan 2001/2002 Fakultas Ilmu Administrasi, 94 % atau 142 adalah perempuan, sedangkan laki-laki 6 % atau 10 mahasiswa. Dan dari hasil observasi di lapangan, peneliti memperoleh data bahwa dari 40 orang dari mereka adalah pengguna shampo clear.
Terhadap fenomena tersebut, membawa peneliti pada pertanyaan; 1) bagaimana tingkat persepsi mahasiswa terhadap iklan komersial shampo clear, 2) bagaimana tingkat minat beli mahasiswa terhadap shampo clear, 3) apakah ada pengaruh persepsi iklan komersial shampo clear terhadap minat beli mahasiswa. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan memakai teknik purposive sampling. Dalam hal ini peneliti mengambil sampel 38 mahasiswa dari 152 mahasiswa program Diploma 3 Jurusan Kesekretariatan Angkatan 2001/2002 Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, angket serta dokumentasi. Adapun uji statistik yang digunakan untuk menetapkan validitas butir shahih item adalah rumus Product Moment. Sedangkan reliabilitas diuji dengan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan komputer SPS Sutrisno Hadi dan Seno Pamardiyant0,1996, UGM, Yogyakarta. Untuk teknik analisa data digunakan norma standar deviasi dan mean dan teknik analisa regresi dengan bantuan komputer SPS Program Analisa regresi Umum Edisi Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih, 1996, UGM, Yogyakarta.
Dari analisa data hasil penelitian ini diketahui bahwa tingkat persepsi mahasiswa dari 38 responden, 4 mahasiswa atau 10,53 % memiliki tingkat persepsi tinggi, 29 mahasiswa atau 78,32 % memiliki tingkat persepsi sedang, dan 5 mahasiswa atau 13,15 % memiliki tingkat persepsi rendah. Untuk tingkat minat beli mahasiswa dari 38 responden 5 mahasiswa atau 13,13 % memiliki tingkat minat beli tinggi, 28 mahasiswa atau 73,70 % memiliki tingkat minat beli sedang, dan 5 mahasiswa atau 13, 15 % memilki tingkat minat beli rendah. Dengan demikian hipotesa yang menyatakan adanya pengaruh antara persepsi iklan komersial shampo clear terhadap minat beli mahasiswa adalah benar dan memliki hubungan positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Mustofa, M. Lutfi |
Keywords: | Mahasiswa; Persepsi Iklan; Minat Beli |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 14:25 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 14:25 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57292 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |