Chotimah, Chusnul (2003) Pengaruh pendidikan akhlak terhadap pembentukan kepribadian anak di TPA Yasalam 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
98150690.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan akhlak merupakan bagian dari pendidikan agama memiliki pengaruh yang penting bagi pembinaan kepribadian di mana pendidikan akhlak merupakan bentuk ajaran prilaku dan sikap Nabi Muhammad SAW yang penuh dengan tuntunan untuk mencapai derajat mulia dalam kedudukannya sebagai manusia. Kepribadian dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain faktor intern dan faktor ekstern. Salah satu faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian adalah berupa pendidikan akhlak. Besar kecilnya pendidikan akhlak akan mengarahkan bagus jeleknya kepribadian. Jika seseorang mempunyai tingkat pendidikan akhlak yang bagus, maka bentuk kepribadian orangnyapun akan cenderung bagus.
Tetapi meskipun begitu ada faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi tingkat pembentukan kepribadian selain pendidikan akhlak, untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara pendidikan akhlak terhadap pembentukan kepribadian. Untuk itulah rumusan masalah yang ingin diungkap adalah: 1) Bagaimana bentuk kepribadian anak di TPA Yasalam 3 Malang. 2) Adakah pengaruh pendidikan akhlak dalam pembentukan kepribadian anak di TPA Yasalam 3 Malang. 3) Sejauh mana pengaruh pendidikan akhlak dalam pembentukan kepribadian anak di TPA Yasalam 3 Malang. Adapun tujuan yang ingin dicapai sebagai berikut, untuk mengetahui bentuk kepribadian anak di TPA Yasalam 3 Malang, untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendidikan akhlak dalam pembentukan kerpibadian anak di TPA Yasalam 3 Malang, untuk mengetahui pengaruh pendidikan akhlak dalam pembentukan kepribadian anak di TPA Yasalam 3 Malang.
Dalam penelitian ini yang menjadi sample adalah sebagian anak TPA Yasalam 3 Malang dan orang tuanya. Yang masing-masing diambil dengan jumlah 15 orang anak dari 103 jumlah anak-anak TPA Yasalam 3 Malang. Dari 15 orang anak yang diambil ini, mereka yang sudah memperoleh pendidikan akhlak di TPA Yasalam 3 Malang. Adapun sampling yang diambil adalah metode purposive sampling dan Quota sampling.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilakukan tanggal 28 juli sampai 29 agustus 2003, Terhadap 15 anak di TPA Yasalam 3 Malang khususnya bagi anak yang sudah memperoleh pendidikan akhlak. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, dokumentasi, dan interview. Sedangkan analisa datanya menggunakan analisis regresi. Dari penelitian yang telah dilakukan bahwa anak TPA Yasalam 3 Malang mempunyai kepribadian yang cukup.
Dan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan yaitu (F = 17,981 : P 0,001) atau F hit (17,981) > F tab 5 % (4,67) dengan taraf signifikan 5 % dan sumbangan efektif pendidikan akhlak terhadap pembentukan kepribadian sebesar 58 %. Adapun tingkat kesalahan (p) sebesar 0,001. Hal ini berarti bahwa dari 15 anak yang dijadikan sebagai responden dan sebagian pembentukan kepribadian mereka dipengaruhi oleh pendidikan akhlak.
ABSTRACT
Habitual education is the part of religion education that hove important influence for the forming of habitual action, which is found inour prophet Muhammad SAW. That full odf good education and avery good spirit should followed by moslem people. Habbit can be influenced by many factor. They are intern and ekstem factors. One of them is in the form of habit education. The habitual education caninfluence the habit it self. Someone have good habitual education. It means that the person is also good.
But, there are others factors that can influence the forming of education except habitual education. The writer do this research in onder to know if there is influence between habitual education with the forming of habitual action. The problems are :1. How is the form of habitual action of children in TPA Yasalam 3 Malang. 2. are there any influence of the habitual education in the forming of habitual action in TPA Yasalam 3 Malang. 3. How for is the influence of habitual education in the forming of childrens habitual action in TPA Yasalam 3 Malang. The purposes are : 1. In order to know the form of children habitual action of TPA Yasalam 3 Malang. 2. In order to know it there are any influence or not between the habitual education in the forming of childrens habitual action in TPA Yasalam 3 Malang. 3. In order to know the influence of habitual education in the forming of childrens education in TPA Yasalam 3 Malang.
In this research the samples are some pupils of TPA Yasalam 3 Malang and also their parents. There are 15 pupils from 103 pupils in TPA Yasalam 3 Malang. 15 pupils have habitual education in TPA Yasalam 3 Malang. The technique of sampling is the purposive sampling and quota sampling methode.
The kind of this research is kuatitative research. The research has been done in 28 july until 29 August 2003. the data took from the observation, quesioner, documentation, and interview. The data analysis used the form of regresy analysis. Based on the research, the children of TPA Yasalam 3 Malang have good enough habitual action. Based on the research, there significant influence ( F = 17,981 p = 0,001) or F hit (17,981) > F tab 5 % (4,67) with the significancy 5 % and efective fund habituai education and the forming of habitual action 58 %. The wrong rank (p) is 0,001. it means that from 15 children that become respondent and half of their habitual action is influenced by their habitual education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Arifin, Zainul |
Keywords: | Pendidikan Akhlak; Pen٦bcntukan Kepribadian; Anak Di TPA Yasalam 3 Malang; Habitual education; The forming of habitual action; children in TPA Yasalam 3 Malang |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 10:41 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 10:41 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57290 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |