Hasanah, Ummul (2003) Pengaruh hubungan Interpersonal Guru dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa di SMU Negeri Yosowilangun - Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
98150545.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Motivasi belajar merupakan aspek psikologis dari faktor internal siswa yang mempengaruhi aktivitas belajar. Siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi akan mempunyai banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar. Berkaitan dengan ini, maka para guru menginginkan semua siswanya memiliki motivasi belajar yang tinggi sehingga proses belajar mengajar akan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Pada dasarnya setiap siswa memiliki motivasi belajar selama situasinya atau kondisi lingkungan tidak menghambat. Guru yang membina hubungan interpersonal yang baik dengan siswanya merupakan suatu usaha penciptaan kondisi psikologis siswa yang kondusif untuk belajar. Dengan terjadinya hubungan interpersonal yang baik antara guru dengan siswanya, maka siswa akan tenang dalam belajarnya, dan bahkan akan menciptakan suasana yang akrab di antara keduanya serta dapat mendorong belajar siswanya atau memotivasi siswa untuk belajar lebih giat lagi.
Penelitian ini ber.ujuan untuk melihat pengaruh hubungan interpersonal guru dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas II dan kelas III SMU Negeri Yosowilangun, Lumajang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan instrumen pengumpulan data berupa skala psikologis. Pengujian validitas instrumen menggunakan Product Moment dan pengujian reliabilitasnya menggunakan analisis varians Hoyt. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Uji coba terhadap responden sebanyak 70 orang (n 70) diperolah hasil sebagai berikut: skala hubungan interpersonal memiliki koefisien korelasi (r) sebesar 0,240 - 0,725 dengan rtt = 0,905, sedangkan skala motivasi belajar memiliki r, sebesar 0,250 - 0,754 dengan rtt ٥ 0,927.
Dari analisis penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: tingkat hubungan interpersonal guru dengan siswa berada pada tingkat sedang, dan siswa memiliki motivasi belajar yang sedang. Analisis regresi menghasilkan nilai Fhil = 6,241> Ftabci 5% = 402 و. Hal ini mengandung arti bahwa hubungan interpersonal antara guru dengan siswa berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Jadi semakin baik hubungan interpersonal antara guru dengan siswa maka motivasi belajar siswa semakin tinggi.
ABSTRACT
Motivate to learn to represent psychological aspect from internal factor of student influencing creativity learn. Student owning motivation learn high will have a lot of cnergi to do activity learn. Be related to this, hence all teacher wish all his student own learn motivation very high so that process to learn to teach will be able to walk better and fluent. Basically every student own motivation learn during situation or environmental condition do not pursue. Teacher constructing good relation interpersonal with his student represent effort psychological condition creation of student which kondusif to learn.
With the happening of good relation interpersonal between teacher with his student, hence the student will be calm in learning nya, and even will create chummy atmosphere among both and also can push to learn his student or motivate student to lean more impetous again.
This research aim to see relation interpersonal influence learn with student to learn motivation student. Subyek Research is student class II and class III of National Senior High School Yosowilangun, Lumajang. Methode of data collecting used by enqueue with instrument data collecting in the form of psychological scale, instrument Validity examination use Product Moment and examination rehability use Hoyt analysis varians. Hypothesis Examination use simple analysis regresi. Test- Drive to responder as much 70 people (n=7O) obtained by a the following result : relation interpersonal scale own correlation coefficient (٢xy) equal to 0,240 - 0,725 by ru = 0,905, while scale motivate to learn to own rXy equal to 0,250 - 0,754 by r = 0,927.
From analysis of research obtained result as: mount relation of interpersonal leam with student be at storey level , and the student own motivation learn which . Analyse regresi yield value Fhii : 6,241>Ftabe١ 5٥ /٥= 4,02. This matter meaningful that relation of interpersonal usher teacher with student have an effect on to motivation leam student. Become progressively goodness of relation of interpersonal usher teacher with student hence motivate to leam excelsior student.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat |
Keywords: | Hubungan interpersonal; Guru; Siswa; dan Motivasi belajar; Relation Interpersonal; Teacher; Student; and Motivate to learn |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 10:41 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 10:41 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/57284 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |