Kartini, Kartini (2014) تطوير موادة تعليم اللغة العربية على أساس الثقافة الإسلامية والمداخل الاتصال (بالتطبيق على الطلبة الجامعة إسلامية الحكمية بالوبو سلاويسي الجنوبية إندونسيا). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text
10740018.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan materi pembelajaran bahasa Arab berbasis Budaya Islam dengan pendekatan komunikatif dalam bentuk buku ajara untuk mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam. Dalam pengembangan buku ajar tersebut, peneliti berupaya untuk memperhatikan dasar-dasar atau teori pengembangan bahan ajar berdasarkan budaya Islam dengan pendekatan komunikatif, dengan tiga rumusan masalah: (1) bagaimana spesipikasi materi pembelajaran yamg di kembangkan? (2) bagaimana mengukur tingakat validitas materi pembelajaran yang dikembangkan? (3) Bagaimana efektifitas materi pembelajaran yang dikembangan?
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dan Eksperiment (R&D), dengan mengikuti model Plomp. Dan melaui dua tahap yaitu: tahap sebelum pengembangan dan tahap pengembangan. Pada tahap pra pengembangan lebih banyak menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan datanya menggunakan Dokumen , wawancara , dan Observasi. Dan pada tahap pengembangan meliputi, efaluasi, revisi, dan penilaian. Data statitik digunakan pada saat menguji hasil produk melalui dua tahap yaitu: Uji coba terbatas dan uji coba diperluas.
Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Spesipikasi materi pembelajaran yang dikembangkan adalah memadukan antara budaya islam dengan pendekatan komunikatif dalam bentuk buku ajar. (2) Materi pembelajaran yang dihasilakan dalam penelitian ini dinyatakan valid sesuai dengan hasil penilaian validator dan bisa digunakan sebagai buku ajar mahasiswa Sekolah tinggi Agama Islam Negeri Palopo Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam. (3)Berdasarkan angket analisis penilaian terhadap pengguannan materi pembelajaran bahasa Arab yang dikembangkan berdasarkan budaya Islam dengan pendekatan komunikatif dikatakan efektif berdasarkan respon guru dan siswa.
ABSTRACT
This research deals with Arabic material Development on Islamic cultural base learning applied communicative approach in the form of lesson book at the Islamic Education study program Tarbiyah department of STAIN Palopo. In developing the lesson book, the researcher paid much attention to develop lesson book based on Islamic culture with communicative approach through the following three research problems: (1) what specification of the material developed (2) How to measure validity of the developed learning material (3) How is the effectiveness of the developed learning material?
The researcher used research development (R&D) and experiment with qualitative and quantitative analysis. In initial stage of the research, the researcher mostly use descriptive qualitative which she collected document such as curriculum and teaching material, interview, and observation. Statistical data applied to test the product for two stages namely limited test and developed test.
The result of the research are: (1) The available book for Arabic language subject at the Islamic Education Study Program Tarbiyah Department of STAIN Palopo which is the material developed based on the Islamic culture using communicative approach. (2) The product of learning material in this research was valid base on validators’ evaluation and can be used as students’ lesson book at the Islamic Education Study Program Tarbiyah Department State College of Islamic Studies Palopo. (3) Based on the questionnaire analysis toward the use of Arabic learning material which was developed based on Islamic culture by using communicative approach was effective according to the teacher and student’s response
Item Type: | Thesis (Doctoral) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Nur, Syuhadak Sholeh | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengembangan Pembelajaran; Materi Pembelajaran; Budaya Islam; Pendekatan Komunikatif; Teaching Development; Teaching Material; Islamic Culture; Communicative Approach | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2017 19:36 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jan 2018 09:56 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5724 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |