تصميم نظام تدريس قراءة الجملة العربية غير المشكولة على أساس تحليل مكوناتها في نظر البلاغيين (بالتطبيق في ثلاث جامعات إسلامية بجاوى الشرقية)

Haris, Abdul (2013) تصميم نظام تدريس قراءة الجملة العربية غير المشكولة على أساس تحليل مكوناتها في نظر البلاغيين (بالتطبيق في ثلاث جامعات إسلامية بجاوى الشرقية). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text
08740006.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan paket desain sistem pembelajaran membaca teks bahasa Arab yang tidak berharakat berbasis pada analisis struktural dengan asumsi bahwa hasil desain ini akan efektif untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam membaca teks bahasa Arab yang tidak berharakat.

Peneliti menggunakan pendekatan Penelitian Pengembangan dalam
melakukan desain ini, dan menggunakan model ADDIE sebagai model desain. Data-data kualitatif dan kuantitatif dikumpulkan dari sumbernya yang terdiri dari para pakar di bidang kurikulum dan materi ajar, beberapa pimpinan fakultas, dosen, dan mahasiswa dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, test, dan documenter. Untuk menganalisis data-data kualitatif digunakan teknik analisis interaktif, sedangkan data-data kuantitatif yang terkait dengan penilaian, komentar, dan saran dari para ahli digunakan rumus prosentase. Dan untuk menganalisis data yang diperoleh dari uji lapangan digunakan rumus prosentase dan uji-t. Untuk itu, dipilihlah desain one-group pretest-posttest.

Hasil penelitian menunjukkan akan efektifitas desain ini dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam membaca teks bahasa Arab yang tidak berharakat baik dari sisi konsep maupun aplikasi. Dari sisi konsep, para ahli telah memberikan penilaian Baik Sekali terhadap produk-produk penelitian. Dan dari sisi aplikasi, hasil-hasil uji lapangan telah menunjukkan adanya peningkatan nilai mahasiswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Pada uji terbatas yang dilakukan di Universitas Muhammadiyah Malang, seluruh mahasiswa (100 %) telah meningkat nilainya, dan nilai rata-rata mereka naik dari 64,83 menjadi
89,44 yakni dari level lemah menjadi level baik sekali. Dan pada uji lebih luas
yang dilakukan di Universitas Darussalam Gontor, mayoritas mahasiswa (95 %)
telah meningkat nilainya, dan nilai rata-rata mereka naik dari 79,52 menjadi 84,62 yakni dari level baik menjadi level baik sekali. Dan pada uji lebih luas yang dilakukan di Universitas Muhammadiyah Malang, seluruh mahasiswa (100 %) telah meningkat nilainya, dan nilai rata-rata mereka naik dari 57,10 menjadi 79,01 yakni dari level lemah sekali menjadi level baik.

Melalui eksperimen yang dilakukan, penelitian ini menegaskan bahwa efektifitas pembelajaran membaca teks bahasa Arab yang tidak berharakat dipengaruhi oleh factor-faktor modal dasar bahasa yang dimiliki mahasiswa sebelumnya, desain system pembelajarannya, model pembelajaran intensifnya, dan jumlah yang tepat dari mahasiswa dalam satu kelas.

Kontribusi teoritis penelitian ini adalah bahwa penelitian ini berhasil mengembangkan model analisis Graphic Analysis Method yang membagi kalimat menjadi dua unsur penting yaitu subjek dan predikat beserta pengembangannya untuk menganalisis kalimat bahasa Arab untuk tujuan membaca teks bahasa Arab yang tidak berharakat. Dari pengembangan tersebut penelitian ini berhasil menemukan teknik mudah membaca teks bahasa Arab yang tidak berharakat yang disebut dengan teknik 234 (Jie Sam Soe).

ABSTRACT

This research was proposed to obtain a set of Interactional System Design of Reading Arabic Texts written without harakat (vocal) based on Structural Analysis for Students of Islamic universities. It was assumed that the design will be effective to increase students’ abilities of reading Arabic texts written without harakat (vocal).

The researcher used Research and Development approach to do the design and used ADDIE model as model of design. Both qualitative and quantitative data were collected from data resources who were the experts of curriculum and material, heads of faculties, teachers, and students by using techniques of observation, interview, questionnaire, test, and documentation. The qualitative data were analyzed by using interactive analysis, and data that were related to the evaluation, comment, and recommendation from experts were analyzed by using percentage formula. In the other hand, the quantitative data were analyzed by using percentage formula and t-test. For this, he chose one group pretest-posttest design. The research shows that the design is effective to increase students’ abilities of

reading Arabic texts written without harakat (vocal) conceptually and practically. Conceptually, the experts judged that the research products were very good, and practically, all experiments showed that students’ scores increased after joining the experiments. In limited experiment conducted in University of Muhammadiyah Malang, scores of all students (100 %) increased as well as their mean scores increased from 64.83 (weak) to 89.44 (very good). In wider experiment conducted in University of Darussalam Gontor, scores of majority students (95 %) increased as well as their mean scores increased from 79.52 (good) to 84,62 (very good). And in wider experiment conducted in University of Muhammadiyah Malang, scores of all students (100 %) increased as well as their mean scores increased from 57.10 (very weak) to 79.01 (good).

Among the experiences the research insists that the effectiveness of teaching reading Arabic texts written without harakat (vocal) is influenced by factors of students’ previous modal of language, its interactional system design, its intensive model of teaching, and suitable number of students in the class.

The theoretical contribution of this research is that it can develop analysis model of Graphic Analysis Method that divide sentence into subject and predicate with their developments to analyze Arabic sentences using for reading Arabic texts written without harakat (vocal) for students of Islamic universities. By this development the researcher discovers an easier technique of teaching reading Arabic texts written without harakat (vocal) called by Technique of 234 (Jie Sam Soe).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Supervisor: Muhaimin, Muhaimin and Lubis, Torkis
Keywords: Desain Sistem Pembelajaran; Membaca; Teks Arab; Interactional System Design; Reading; Arabic Text.
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:59
Last Modified: 22 Mar 2017 11:59
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5716

Actions (login required)

View Item View Item